✔ Cara Melaksanakan Evaluasi Proyek
Untuk menilai kompetensi keterampilan penerima didik , selain evaluasi praktik, produk dan portofolio guru sanggup melaksanakan dengan cara evaluasi proyek, baik untuk evaluasi harian, semester, kenaikan kelas maupun ujian sekolah . Berikut ini penjelasannya :
A. Pengertian
Penilaian proyek yaitu kegiatan penilaian yang dilakukan guru terhadap suatu kiprah yang telah ditentukan dalam periode tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, dan penyajian data.
Penilaian proyek dipakai untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, inovasi dan kreativitas, kemampuan penyelidikan dan kemampuan penerima didik menginformasikan matapelajaran tertentu secara jelas.
Penilaian proyek sanggup dilakukan secara individual atau berkelompok dengan jumlah yang diatur oleh guru. Cakupan kiprah yang diberikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan yang sanggup dikerjakan pada ketika pembelajaran di sekolah dan diluar jam pembelajaran.
Penilaian proyek sanggup dilakukan dalam satu atau lebih KD, satu mata pelajaran, beberapa mata pelajaran serumpun atau lintas mata pelajaran yang bukan serumpun.
Penilaian proyek umumnya memakai metode berguru pemecahan problem sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan gres menurut pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata
B. Langkah-langkah merencanakan evaluasi proyek
C. Pertimbangan Guru dalam Penilaian Proyek
Pada evaluasi proyek setidaknya ada empat hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pengelolaan, relevansi, keaslian, inovasi, dan kreativitas.
E. Rubrik Penilaian Proyek
A. Pengertian
Penilaian proyek yaitu kegiatan penilaian yang dilakukan guru terhadap suatu kiprah yang telah ditentukan dalam periode tertentu. Tugas tersebut berupa suatu pemeriksaan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, dan penyajian data.
Penilaian proyek dipakai untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, inovasi dan kreativitas, kemampuan penyelidikan dan kemampuan penerima didik menginformasikan matapelajaran tertentu secara jelas.
Penilaian proyek sanggup dilakukan secara individual atau berkelompok dengan jumlah yang diatur oleh guru. Cakupan kiprah yang diberikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan yang sanggup dikerjakan pada ketika pembelajaran di sekolah dan diluar jam pembelajaran.
Penilaian proyek sanggup dilakukan dalam satu atau lebih KD, satu mata pelajaran, beberapa mata pelajaran serumpun atau lintas mata pelajaran yang bukan serumpun.
Penilaian proyek umumnya memakai metode berguru pemecahan problem sebagai langkah awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan gres menurut pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata
B. Langkah-langkah merencanakan evaluasi proyek
- Guru Menentukan satu KD atau lebih yang berasal dari KI-4 yang sesuai untuk dinilai melalui projek. Pemilihan KD ini ditentukan apabila KD menuntut kegiatan penugasan, atau materi tersebut sanggup diselesaiakan melalui kiprah yang diberikan guru.
- Penilaian proyek yang akan dilakukan guru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan projek
- Guru menyusun indikator proses dan hasil berguru yang akan dicapai penerima didik sesuai kompetensi
- Guru menentukan kriteria yang menunjukkan capaian indikator pada setiap tahapan pengerjakan projek
- Merencanakan apakah kiprah bersifat individu atau kelompok
- Merencanakan teknik-teknik dalam evaluasi individual untuk kiprah yang dikerjakan secara kelompok
- Menyusun kiprah sesuai dengan rubrik penilaian
C. Pertimbangan Guru dalam Penilaian Proyek
Pada evaluasi proyek setidaknya ada empat hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pengelolaan, relevansi, keaslian, inovasi, dan kreativitas.
- Pengelolaan yaitu kemampuan penerima didik dalam menentukan topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
- Relevansi yaitu kesesuaian topik, data, dan akibatnya dengan KD atau mata pelajaran.
- Keaslian yaitu proyek yang dilakukan penerima didik harus merupakan hasil karya sendiri dengan mempertimbangkan kontribusi guru dan pihak lain berupa bimbingan dan dukungan terhadap proyek yang dikerjakan penerima didik.
- Inovasi dan kreativitas yaitu proyek yang dilakukan peserta didikterdapat unsur-unsur gres (kekinian) dan sesuatu yang unik, berbeda dari biasanya.
D. Contoh Lembar Penugasan
Identitas Mata pelajaran | Ditulis identitas |
KD | Ditulis KD |
Indikator | Isikan indikator kiprah |
Rumusan tugas/Judul tugas | Buat perintah tugas |
Syarat, linggup dan waktu pengumpulan | Tulis syarat yang diharapkan contohnya kelompok, batasan tugas, dan waktu pengumpulan |
Rubrik evaluasi proyek harus direncanakan guru dengan kriteria, kualitas cakupan kiprah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan lengkap dengan skor nilai.
No. | Aspek | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Perencanaan 1. Latar belakang 2. Rumusan maslah | ||||
2. | Pelaksanaan 1. Kelengkapan data 2. Pengolahan data 3. Kesimpulan | ||||
3. | Pelaporan Hasil 1. Sistematika 2. Penulisan 3. Penggunaan Bahasa 4. Tampilan laporan | ||||
Jumlah Skor |
Keterangan :
Skor 4 = sangat baik
Skor 3 = baik
Skor 2 = cukup
E. Contoh Penilaian Proyek
Penilaian Proyek di Kelas : IV
Bahasa Indonesia :
KD 4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator proyek:
Siswa sanggup memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam laporan hasil pengamatan
IPA :
KD 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi wacana aneka macam perubahan bentuk energi.
Indikator proyek:
Siswa sanggup merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan secara tertulis hasil pengamatan dan penelusuran informasi wacana aneka macam perubahan bentuk energi
Proyek : Membuat Laporan Hasil Pengamatan dan Penelusuran Informasi wacana 5 perubahan bentuk energi
Judul : Perubahan Bentuk Energi di Lingkungan Sekitar
Contoh Penilaian Proyek (SMA)
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X / 1
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Dasar : 4.4 Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam tanda-tanda sosial dan korelasi sosial di masyarakat.
Indikator Soal : Peserta didik mampu melakukan penelitian mengenai permasalahan sosial yang terjadi pada masyarakat di lingkungan sekitarnya.
Rumusan kiprah proyek:
- Lakukan penelitian mengenai permasalahan sosial yang berkembang pada masyarakat di lingkungan sekitar kawasan tinggalmu, contohnya efek keberadaan pasar modern (mall) bagi masyarakat sekitarnya (kamu bisa menentukan problem lain yang sedang berkembang di lingkunganmu).
- Tugas dikumpulkan sebulan sehabis hari ini. Tuliskan planning penelitianmu, lakukan, dan buatlah laporan. Laporan sekurang-kurangnya memuat latar belakang, perumusan masalah, kebenaran informasi/data, kelengkapan data, dan simpulan. Dalam menciptakan laporan perhatikan sistematika laporan, penggunaan bahasa, dan tampilan laporan.
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Melaksanakan Evaluasi Proyek"
Posting Komentar