✔ Cara Melaksanakan Analisis Butir Soal Pg & Essey
Analisis butir soal sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah soal yang digunakan guru mempunyai validitas dan reliabilitas soal. Untuk mendapat hal tersebut maka guru minimal harus melaksanakan analisis kwalitatif (telaah soal) dan analisis kwantitatif .
Analisis kualitatif dilakukan sebelum soal digunakan sedangkan analisis kwantitatif dilakukan sehabis soal digunakan. Untuk mengetahui hasil analisis kuantitatif dilakukan pengujian daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, serta keefektifan pengecoh ( efektif, tidak berfungsi atau menyesatkan.)
Analisis butir soal ini sudah banyak dilakukan dengan sistem computer. Namun demikian guru juga harus memahami sistem manual . Pengetahuan ini akan menambah pemahaman perihal butir soal dan mempunyai kegunaan juga dalam menyusun instrument dalam sebuah penelitian. Berikut cara analisis kuantitatif untuk mencari tingkat kesukaran dan daya pembeda.
A. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda (Analis Kuantitatif)
Analisis butir soal pada umumnya bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1) Apakah butir-butir soal itu berfungsi ibarat yang diinginkan
2) Apakah butir soal itu mempunyai tingkat kesukaran yang memadai ?
3) Apakah formulasi kalimat pada butir soal itu cukup terang ?
4) Apakah masing-masing (pada soal pilihan ganda ) efektif
Langkah-langkah Analisis Butir Soal
Misalkan 37 siswa dalam kelas yang mengikuti ulangan, jadi ada 37 kertas tanggapan yang telah diberi skor.
1) Urutkan 37 kertas lembar tanggapan dari skor yang tertinggi ke skor yang terendah dan tumpuk dengan skor tertinggi ditempatkan paling atas dan skor terendah ditempatkan paling bawah
2) Pilih 27% kertas tanggapan dengan skor tertinggi (jadi ada 10 kertas lembar tanggapan di tumpukan belahan atas) dan selanjutnya disebut kelompok atas. Lakukan hal yang sama untuk tumpukan belahan bawah ( jadi ada 10 kertas lembar tanggapan ) dan sebutlah ini “ kelompok bawah”. Singkirkan kertas lembar tanggapan sisanya, yaitu kelompok tengah sebanyak 17 lembar.
3) Untuk masing-masing butir soal, hitunglah banyaknya siswa di kelompok atas yang menentukan masing-masing pilihan. Lakukan yang sama untuk kelompok bawah.
4) Catatlah perhitungan pada langkah (3) di atas pada format analisis butir soal
5) Hitunglah tingkat kesukaran (indeks kemudahan) masing-masing butir soal,
TK = BA + BB
n(A)+n(B)
TK = tingkat kesukaran ,
BA = Banyaknya siswa kelompok atas yang menjawab benar
BB = Banyaknya siswa kelompok bawah yang menjawab benar
n(A) = Banyaknya siswa kelompok atas
n(B) = Banyaknya siswa kelompok bawah
Kriteria :
Analisis kualitatif dilakukan sebelum soal digunakan sedangkan analisis kwantitatif dilakukan sehabis soal digunakan. Untuk mengetahui hasil analisis kuantitatif dilakukan pengujian daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, serta keefektifan pengecoh ( efektif, tidak berfungsi atau menyesatkan.)
Analisis butir soal ini sudah banyak dilakukan dengan sistem computer. Namun demikian guru juga harus memahami sistem manual . Pengetahuan ini akan menambah pemahaman perihal butir soal dan mempunyai kegunaan juga dalam menyusun instrument dalam sebuah penelitian. Berikut cara analisis kuantitatif untuk mencari tingkat kesukaran dan daya pembeda.
A. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda (Analis Kuantitatif)
Analisis butir soal pada umumnya bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1) Apakah butir-butir soal itu berfungsi ibarat yang diinginkan
2) Apakah butir soal itu mempunyai tingkat kesukaran yang memadai ?
3) Apakah formulasi kalimat pada butir soal itu cukup terang ?
4) Apakah masing-masing (pada soal pilihan ganda ) efektif
Langkah-langkah Analisis Butir Soal
Misalkan 37 siswa dalam kelas yang mengikuti ulangan, jadi ada 37 kertas tanggapan yang telah diberi skor.
1) Urutkan 37 kertas lembar tanggapan dari skor yang tertinggi ke skor yang terendah dan tumpuk dengan skor tertinggi ditempatkan paling atas dan skor terendah ditempatkan paling bawah
2) Pilih 27% kertas tanggapan dengan skor tertinggi (jadi ada 10 kertas lembar tanggapan di tumpukan belahan atas) dan selanjutnya disebut kelompok atas. Lakukan hal yang sama untuk tumpukan belahan bawah ( jadi ada 10 kertas lembar tanggapan ) dan sebutlah ini “ kelompok bawah”. Singkirkan kertas lembar tanggapan sisanya, yaitu kelompok tengah sebanyak 17 lembar.
3) Untuk masing-masing butir soal, hitunglah banyaknya siswa di kelompok atas yang menentukan masing-masing pilihan. Lakukan yang sama untuk kelompok bawah.
4) Catatlah perhitungan pada langkah (3) di atas pada format analisis butir soal
5) Hitunglah tingkat kesukaran (indeks kemudahan) masing-masing butir soal,
TK = BA + BB
n(A)+n(B)
TK = tingkat kesukaran ,
BA = Banyaknya siswa kelompok atas yang menjawab benar
BB = Banyaknya siswa kelompok bawah yang menjawab benar
n(A) = Banyaknya siswa kelompok atas
n(B) = Banyaknya siswa kelompok bawah
Kriteria :
Tingkat Kesukaran | Keterangan |
TK < 0,30 | Soal sukar |
0,30 < Taman Kanak-kanak < 0,70 | Soal sedang |
TK > 0,70 | Soal gampang |
6) Hitunglah daya pembeda masing-masing butir soal
DP = BA- BB = BA – BB
n(A) n(B)
BA = Banyaknya siswa kelompok atas yang menjawab benar
BB = Banyaknya siswa kelompok bawah yang menjawab benar
Kriteria :
BB = Banyaknya siswa kelompok bawah yang menjawab benar
Kriteria :
Daya pembeda | Keterangan |
DP > 0,40 | Baik |
0,30 < DP < 0,40 | Cukup baik |
0,20 < DP < 0,30 | Kurang baik( perlu direvisi) |
DP < 0,20 | Jelek, soal dirombak |
7) Periksalah keefektifan pilihan masing-masing butir soal
Suatu pengecoh yang baik akan menarik lebih banyak penerima tes dari kelompok bawah dari pada penerima kelompok atas .
a. Ditinjau dari pemilihan distractor /pengecoh pada kelompok atas dan kelompok bawah . Apabila :
NA = Banyaknya penerima tes pada kelompok atas yang menentukan pengecoh,
NB = Banyaknya penerima tes pada kelompok bawah yang menentukan pengecoh
Maka :
1) Pengecoh disebut efektif, apabila NA<NB
2) Pengecoh disebut menyesatkan, apabila NA>NB
3) Pengecoh disebut tidak efektif, apabila NA = NB
b. Ditinjau dari banyaknya pemilih pada sampel penerima tes, maka pengecoh (distractor) dikatakan berfungsi apabila:
1) Untuk butir soal 5 pilihan, pengecoh itu dipilih oleh paling sedikit 3% dari semua penerima tes dari kelompok atas dan bawah
2) Untuk butir soal dengan 4 pilihan, pengecoh itu dipilih oleh paling sedikit 5% dari jumlah penerima tes pada kelompok atas dan kelompok bawah
Suatu pengecoh yang baik akan menarik lebih banyak penerima tes dari kelompok bawah dari pada penerima kelompok atas .
a. Ditinjau dari pemilihan distractor /pengecoh pada kelompok atas dan kelompok bawah . Apabila :
NA = Banyaknya penerima tes pada kelompok atas yang menentukan pengecoh,
NB = Banyaknya penerima tes pada kelompok bawah yang menentukan pengecoh
Maka :
1) Pengecoh disebut efektif, apabila NA<NB
2) Pengecoh disebut menyesatkan, apabila NA>NB
3) Pengecoh disebut tidak efektif, apabila NA = NB
b. Ditinjau dari banyaknya pemilih pada sampel penerima tes, maka pengecoh (distractor) dikatakan berfungsi apabila:
1) Untuk butir soal 5 pilihan, pengecoh itu dipilih oleh paling sedikit 3% dari semua penerima tes dari kelompok atas dan bawah
2) Untuk butir soal dengan 4 pilihan, pengecoh itu dipilih oleh paling sedikit 5% dari jumlah penerima tes pada kelompok atas dan kelompok bawah
No. Soal | Kelompok | Pilihan Jawaban | Jumlah | TK | DP | ||||
A | B* | C | D | O | |||||
5 | A (atas) | 0 | 6 | 3 | 1 | 0 | 10 | 0,35 | 0.60 |
B (Bawah) | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 10 | |||
Jumlah | 3 | 7 | 5 | 4 | 1 | 20 | |||
Keterangan : *= ialah tanggapan yang benar
O = siswa yang tidak menjawab/abstain
Format Analisis Butir Soal.
O = siswa yang tidak menjawab/abstain
Format Analisis Butir Soal.
Kelompok | Pilihan Jawabab | Jml. | TK | DP | Keterangan | |||||
A* | B | C | D | E | O | |||||
Atas | 10 | 2 | 4 | 2 | 2 | 0 | 20 | 0.33 | 0.35 | Option C,E Dapat digunakan dan Revisi B,D |
Bawah | 3 | 1 | 7 | 2 | 7 | 0 | 20 | |||
Jumlah | 13 | 3 | 11 | 4 | 9 | 0 | 40 | |||
% | 33 | 8 | 27 | 10 | 22 | 0 | 100 |
Analisis option :
A. ……………….
B. Menyesatkan
C. Berfungsi efektif
D. Tidak efektif
E. Berfungsi Efektif
B. Analisis Butir Soal Uraian
1. Tingkat Kesukaran
Untuk menghitung tingkat kesukaran soal uraian, langkah-langkah yang perlu dilakukan ialah ….
a. Menghitung Mean atau skor rata-rata penerima asuh pada satu nomor butir soal tertentu dengan memakai rumus :
A. ……………….
B. Menyesatkan
C. Berfungsi efektif
D. Tidak efektif
E. Berfungsi Efektif
B. Analisis Butir Soal Uraian
1. Tingkat Kesukaran
Untuk menghitung tingkat kesukaran soal uraian, langkah-langkah yang perlu dilakukan ialah ….
a. Menghitung Mean atau skor rata-rata penerima asuh pada satu nomor butir soal tertentu dengan memakai rumus :
Mean = Jumlah skor – skor siswa pada suatu nomor soal
Jumlah penerima asuh yang mengikuti Tes
b. Menghitung tingkat kesukaran suatu nomor soal dengan rumus :
b. Menghitung tingkat kesukaran suatu nomor soal dengan rumus :
Tingkat kesukaran = Mean
2. Daya pembeda
langkah-langkah:
a. Menghitung/menjumlahkan dan mengurutkan skor total penerima asuh dari yang tinggi hingga yang rendah, sehingga sanggup diklasifikasikan menjadi kelompok atas dan bawah
b. Jika penerima tes banyak maka sanggup diambil 27% kelompok atas dan 27% kelompok bawah
c. Hitung Mean kelompok atas dan kelompok bawah
d. Hitung Daya Pembeda dengan rumus:
langkah-langkah:
a. Menghitung/menjumlahkan dan mengurutkan skor total penerima asuh dari yang tinggi hingga yang rendah, sehingga sanggup diklasifikasikan menjadi kelompok atas dan bawah
b. Jika penerima tes banyak maka sanggup diambil 27% kelompok atas dan 27% kelompok bawah
c. Hitung Mean kelompok atas dan kelompok bawah
d. Hitung Daya Pembeda dengan rumus:
DP = Mean KA – Mean KB
Skor maksimum Soal
Kriteria:
>0,40 | baik |
0.30 – 0.39 | Sedang |
0.20 – 0.29 | Perlu revisi |
< 0,19 | Soal di buang |
Peserta Didik | Soal | Skor Total Peserta Didik | Keterangan | ||
1 | 2 | 3 | |||
David | 8 | 7 | 8 | 23 | Atas |
Tina | 7 | 6 | 9 | 22 | Atas |
Budi | 6 | 1 | 8 | 15 | Bawah |
Anis | 3 | 2 | 7 | 12 | Bawah |
Skor Maksimum | 10 | 8 | 12 | ||
Skor Rata-rata | 6 | 4 | |||
Tingkat kesukaran | 0,60 | 0,50 |
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Melaksanakan Analisis Butir Soal Pg & Essey"
Posting Komentar