✔ Cara Menciptakan Tes Ujian Praktik Dalam Kurikulum 2013

Tes praktik yaitu tes yang dipakai guru untuk  mengukur kemampuan  unjuk kerja/ nkinerja/praktik.  Penilaian praktik merupakan  salah satu cara  dari 4 cara (praktik, proyek, produk, dan fortofolio) untuk menilai aspek keterampilan  yang dilakukan melalui pengamatan pada dikala penerima didik,  mendemonstrasikan atau mempraktikkan suatu kegiatan sesuai dengan sasaran kompetensi yang ditentukan guru.

Pada dikala melaksanakan evaluasi praktik, guru sanggup menilai kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku penerima didik. Penilaian praktik  dipakai untuk menilai ketercapaian  kompetensi  yang menuntut  penerima didik  melakukan/mempraktikkan   tugas  tertentu seperti:

praktikum di  laboratorium,
praktik ibadah,
praktik olahraga (bermain bola, volley dan lain-lain)
presentasi hasil percobaan
Berpidato
Presentasi Penyelesaian maslah
bermain peran,
memainkan alat musik,
bernyanyi, dan
membaca puisi/deklamasi.
Dan lain-lain

Aspek yang dinilai dalam evaluasi praktik ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik evaluasi berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan langkah-langkah yang dilakukan pada dikala mengerjakan suatu aktivitas.

Baca Juga : Penilaian Portofolio Pada Kurikulum 2013

Agar evaluasi praktik sanggup terealisasi dengan baik maka guru perlu melaksanakan tahapan berikut:

A. Persiapan Ujian Praktik 

1. Perencanaan ujian praktik 
  • Menentukan kompetensi yang penting untuk dinilai melalui evaluasi praktik, dalam hal ini yaitu KD dari KI 4. ( boleh satu atau merupakan adonan dari beberapa KD yang cukup berkaitan dengan konteks yang akan dibuatkan kiprah kinerjanya. 
  • Menyusun indikator hasil berguru menurut KD yang telah dipilih 
  • Menguraikan kriteria yang mengatakan capaian indikator hasil belajar
  • Menyusun kriteria ke dalam rubrik penilaian
  • Menyusun kiprah sesuai rubrik penilaian
  • Menyusun kriteria/batas kelulusan/batas standar minimal capaian kompetensi penerima didik.
2. Menyusun  kisi-kisi ujian praktik
  Identitas           : .........
  Sekolah            : …….
  Kelas/semester : ……
  Tahun pelajaran: .......
  Mata pelajaran : ........

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
1.
Isikan KD
Tuliskan materinya
Rumuskan indikator
Praktik

3. Penyusunan Instrumen (penugasan )  ujian praktik
Penugasan  yang disun dalam evaluasi praktik harus memenuhi kriteriakriteria tertentu seperti
  • Mengarahkan penerima didik untuk mengatakan capaian hasil belajar;
  • Dapat dikerjakan oleh penerima didik
  • Mencantumkan waktu/kurun waktu pengerjaan tugas;
  • Sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik;
  • Sesuai dengan konten/cakupan kurikulum; dan
  • Bersifat adil (tidak bias gender dan sosial ekonomi).
4. Menyusun Kriteria Lembar Pengamatan
  • Langkah-langkah praktik yang diharapkan dilakukan penerima didikuntuk mengatakan praktik suatu kompetensi harus jelas.
  • Aspek yang dinilai dalam praktik tersebut lengkap dan tepat.
  • Kemampuan-kemampuan khusus yang diharapkan dalam menyelesaikanpraktik harus nampak.
  • Kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak sehingga semuadapat diamati.
  • Kemampuan yang akan dinilai diurutkan menurut urutan pengamatan.
5. Menusun Kriteria Rubrik Penilaian 
  • Memuat seperangkat indikator untuk menilai kompetensi tertentu;
  • Memiliki indikator yang diurutkan menurut urutan langkah kerjapada instrumen atau sistematika pada hasil kerja penerima didik;
  • Dapat mengukur kemampuan yang diukur (valid);
  • Dapat dipakai untuk menilai kemampuan penerima didik;
  • Dapat memetakan kemampuan penerima didik; dan
  • Disertai dengan penskoran yang jelas.
Contoh evaluasi kinerja/praktik 

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas                         : XII
Tahun Pelajaran        : 2019/220

KD Keterampilan    : 4.7 (Kelas XI)
Menyajikan   laporan   hasil   uji   zat   makanan   yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi masakan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan

Indikator Soal : 
Peserta   didikdapat   melakukan   uji   zat   makanan   yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi makanan

Alat dan Bahan yang digunanan : 
Tuliskan alat maupun materi yang dipakai oleh penerima didik dalam melaksanakan tugas
Alat
Bahan
Tulis alat yang dipakai
Tulis materi praktik yang dibuhkan 
Perintah Tugas  :
Lakukan pengujian terhadap zat masakan yang terkandung dalam jenis masakan yang disediakan

Rubrik penilaian kinerja/praktik Biologi

Kriteria
Skor
Indikator


Persiapan
(Skor maks = 3)
3
Pemilihan alat dan bahan tepat
2
Pemilihan alat atau bahan tepat
1
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat
0
Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan








Pelaksanaan
(Skor maks = 7)
3
Merangkai alat tepat dan rapi
2
Merangkai alat tepat atau rapi
1
Merangkai alat tidak tepat dan tidak rapi
0
Tidak membuat rangkaian alat


2
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
1
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat
0
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat


2
Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
1
Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan
0
Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan





Hasil
(Skor maks = 6)
3
Mencatat dan mengolah data dengan tepat
2
Mencatat atau mengolah data dengan tepat
1
Mencatat dan mengolah data tidak tepat
0
Tidak mencatat dan mengolah data


3
Simpulan tepat
2
Simpulan kurang tepat
1
Simpulan tidak tepat
0
Tidak membuat simpulan



Laporan
(Skor maks = 3)

3
Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isi
laporan benar

2
Sistematika  sesuai  dengan  kaidah  penulisan  atau   isi
laporan benar

1
Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isi
laporan tidak benar
0
Tidak membuat laporan


Contoh pengisian format penilaian kinerja/praktik Biologi.


No

Nama
Skor Penilaian
JML Skor (19)

Nilai
Persiapan
(3)
Pelaksanaan
(7)
Hasil
(6)
Laporan
(3)
1
Badu
2
6
5
3
15
78
...
...
...
...
...
...
...
...

 BACA JUGA CARA MELAKUKAN PENILAIAN PROYEK

B. Pelaksanaan Tes Praktik

Dalam melaksanakan ujian praktik guru perlu melaksanakan hal berikut: 

1. Menyampaikan rubrik sebelum pelaksanaan evaluasi kepada penerima didik.
2. Memberikan pemahaman yang sama kepada penerima didik wacana kriteria penilaian.
3. Menyampaikan kiprah kepada penerima didik.
4. Memeriksa kesediaan alat dan materi yang dipakai untuk tes praktik.
5. Melaksanakan evaluasi selama rentang waktu yang direncanakan.
6. Membandingkan kinerja penerima didik dengan rubrik penilaian.
7. Melakukan evaluasi dilakukan secara individual.
8. Mencatat hasil penilaian.
9. Mendokumentasikan hasil penilaian.

C. Pelaporan Hasil Tes Praktik

Setelah akibat melakukan  tes praktik guru menyusun laporan evaluasi praktik dengan memperhatikan hal berikut:  
1 .Nilai yang diberikan  berdasarkan tingkat capaian kompetensi penerima didik.
2 .Laporan tes praktik ditulis dalamn bentuk angka atau kategori dilengkapi oleh deskripsi yang bermakna.
3. Pelaporan dibentuk secara  tertulis.
4. Pelaporan disampaikan kepada kepala sekolah/wakil kurikulum  sebagai hasil ujian praktik. 
5. Nilai tes ujian praktik dipakai pertimbangan nilai kelulusan dan mengisi nilai rapor. 

Demikian cara melaksanakan tes ujian praktik dalam kurikulum 2013 biar bermanfaat. 

Bahan Bacaan:
Panduan Penilaian SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas Tahun 2017
Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019


Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menciptakan Tes Ujian Praktik Dalam Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel