✔ Cara Menciptakan Tes Ujian Praktik Dalam Kurikulum 2013
Tes praktik yaitu tes yang dipakai guru untuk mengukur kemampuan unjuk kerja/ nkinerja/praktik. Penilaian praktik merupakan salah satu cara dari 4 cara (praktik, proyek, produk, dan fortofolio) untuk menilai aspek keterampilan yang dilakukan melalui pengamatan pada dikala penerima didik, mendemonstrasikan atau mempraktikkan suatu kegiatan sesuai dengan sasaran kompetensi yang ditentukan guru.
Pada dikala melaksanakan evaluasi praktik, guru sanggup menilai kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku penerima didik. Penilaian praktik dipakai untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut penerima didik melakukan/mempraktikkan tugas tertentu seperti:
• praktikum di laboratorium,
• praktik ibadah,
• praktik olahraga (bermain bola, volley dan lain-lain)
• presentasi hasil percobaan
• Berpidato
• Presentasi Penyelesaian maslah
• bermain peran,
• memainkan alat musik,
• bernyanyi, dan
• membaca puisi/deklamasi.
• Dan lain-lain
Aspek yang dinilai dalam evaluasi praktik ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik evaluasi berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan langkah-langkah yang dilakukan pada dikala mengerjakan suatu aktivitas.
Baca Juga : Penilaian Portofolio Pada Kurikulum 2013
Agar evaluasi praktik sanggup terealisasi dengan baik maka guru perlu melaksanakan tahapan berikut:
A. Persiapan Ujian Praktik
1. Perencanaan ujian praktik
Identitas : .........
Sekolah : …….
Kelas/semester : ……
Tahun pelajaran: .......
Mata pelajaran : ........
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XII
Tahun Pelajaran : 2019/220
KD Keterampilan : 4.7 (Kelas XI)
Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi masakan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan
Indikator Soal :
Peserta didikdapat melakukan uji zat makanan yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi makanan
Alat dan Bahan yang digunanan :
Tuliskan alat maupun materi yang dipakai oleh penerima didik dalam melaksanakan tugas
Perintah Tugas :
BACA JUGA CARA MELAKUKAN PENILAIAN PROYEK
B. Pelaksanaan Tes Praktik
Pada dikala melaksanakan evaluasi praktik, guru sanggup menilai kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku penerima didik. Penilaian praktik dipakai untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut penerima didik melakukan/mempraktikkan tugas tertentu seperti:
• praktikum di laboratorium,
• praktik ibadah,
• praktik olahraga (bermain bola, volley dan lain-lain)
• presentasi hasil percobaan
• Berpidato
• Presentasi Penyelesaian maslah
• bermain peran,
• memainkan alat musik,
• bernyanyi, dan
• membaca puisi/deklamasi.
• Dan lain-lain
Aspek yang dinilai dalam evaluasi praktik ditulis dalam rubrik penilaian. Rubrik evaluasi berisi kriteria-kriteria berkaitan dengan langkah-langkah yang dilakukan pada dikala mengerjakan suatu aktivitas.
Baca Juga : Penilaian Portofolio Pada Kurikulum 2013
Agar evaluasi praktik sanggup terealisasi dengan baik maka guru perlu melaksanakan tahapan berikut:
A. Persiapan Ujian Praktik
1. Perencanaan ujian praktik
- Menentukan kompetensi yang penting untuk dinilai melalui evaluasi praktik, dalam hal ini yaitu KD dari KI 4. ( boleh satu atau merupakan adonan dari beberapa KD yang cukup berkaitan dengan konteks yang akan dibuatkan kiprah kinerjanya.
- Menyusun indikator hasil berguru menurut KD yang telah dipilih
- Menguraikan kriteria yang mengatakan capaian indikator hasil belajar
- Menyusun kriteria ke dalam rubrik penilaian
- Menyusun kiprah sesuai rubrik penilaian
- Menyusun kriteria/batas kelulusan/batas standar minimal capaian kompetensi penerima didik.
Identitas : .........
Sekolah : …….
Kelas/semester : ……
Tahun pelajaran: .......
Mata pelajaran : ........
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik |
1. | Isikan KD | Tuliskan materinya | Rumuskan indikator | Praktik |
3. Penyusunan Instrumen (penugasan ) ujian praktik
Penugasan yang disun dalam evaluasi praktik harus memenuhi kriteriakriteria tertentu seperti- Mengarahkan penerima didik untuk mengatakan capaian hasil belajar;
- Dapat dikerjakan oleh penerima didik
- Mencantumkan waktu/kurun waktu pengerjaan tugas;
- Sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik;
- Sesuai dengan konten/cakupan kurikulum; dan
- Bersifat adil (tidak bias gender dan sosial ekonomi).
- Langkah-langkah praktik yang diharapkan dilakukan penerima didikuntuk mengatakan praktik suatu kompetensi harus jelas.
- Aspek yang dinilai dalam praktik tersebut lengkap dan tepat.
- Kemampuan-kemampuan khusus yang diharapkan dalam menyelesaikanpraktik harus nampak.
- Kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak sehingga semuadapat diamati.
- Kemampuan yang akan dinilai diurutkan menurut urutan pengamatan.
- Memuat seperangkat indikator untuk menilai kompetensi tertentu;
- Memiliki indikator yang diurutkan menurut urutan langkah kerjapada instrumen atau sistematika pada hasil kerja penerima didik;
- Dapat mengukur kemampuan yang diukur (valid);
- Dapat dipakai untuk menilai kemampuan penerima didik;
- Dapat memetakan kemampuan penerima didik; dan
- Disertai dengan penskoran yang jelas.
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XII
Tahun Pelajaran : 2019/220
KD Keterampilan : 4.7 (Kelas XI)
Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi masakan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan
Indikator Soal :
Peserta didikdapat melakukan uji zat makanan yang terkandung dalam banyak sekali jenis materi makanan
Alat dan Bahan yang digunanan :
Tuliskan alat maupun materi yang dipakai oleh penerima didik dalam melaksanakan tugas
Alat | Bahan |
Tulis alat yang dipakai | Tulis materi praktik yang dibuhkan |
Lakukan pengujian terhadap zat masakan yang terkandung dalam jenis masakan yang disediakan
Rubrik penilaian kinerja/praktik Biologi
Kriteria | Skor | Indikator |
Persiapan (Skor maks = 3) | 3 | Pemilihan alat dan bahan tepat |
2 | Pemilihan alat atau bahan tepat | |
1 | Pemilihan alat dan bahan tidak tepat | |
0 | Tidak menyiapkan alat dan/atau bahan | |
Pelaksanaan (Skor maks = 7) | 3 | Merangkai alat tepat dan rapi |
2 | Merangkai alat tepat atau rapi | |
1 | Merangkai alat tidak tepat dan tidak rapi | |
0 | Tidak membuat rangkaian alat | |
2 | Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat | |
1 | Langkah kerja atau waktu pelaksanaan tepat | |
0 | Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat | |
2 | Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan | |
1 | Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan | |
0 | Tidak memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan | |
Hasil (Skor maks = 6) | 3 | Mencatat dan mengolah data dengan tepat |
2 | Mencatat atau mengolah data dengan tepat | |
1 | Mencatat dan mengolah data tidak tepat | |
0 | Tidak mencatat dan mengolah data | |
3 | Simpulan tepat | |
2 | Simpulan kurang tepat | |
1 | Simpulan tidak tepat | |
0 | Tidak membuat simpulan | |
Laporan (Skor maks = 3) | 3 | Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan dan isi laporan benar |
2 | Sistematika sesuai dengan kaidah penulisan atau isi laporan benar | |
1 | Sistematika tidak sesuai dengan kaidah penulisan dan isi laporan tidak benar | |
0 | Tidak membuat laporan |
Contoh pengisian format penilaian kinerja/praktik Biologi.
No | Nama | Skor Penilaian | JML Skor (19) | Nilai | |||
Persiapan (3) | Pelaksanaan (7) | Hasil (6) | Laporan (3) | ||||
1 | Badu | 2 | 6 | 5 | 3 | 15 | 78 |
... | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
BACA JUGA CARA MELAKUKAN PENILAIAN PROYEK
B. Pelaksanaan Tes Praktik
Dalam melaksanakan ujian praktik guru perlu melaksanakan hal berikut:
1. Menyampaikan rubrik sebelum pelaksanaan evaluasi kepada penerima didik.
2. Memberikan pemahaman yang sama kepada penerima didik wacana kriteria penilaian.
3. Menyampaikan kiprah kepada penerima didik.
4. Memeriksa kesediaan alat dan materi yang dipakai untuk tes praktik.
5. Melaksanakan evaluasi selama rentang waktu yang direncanakan.
6. Membandingkan kinerja penerima didik dengan rubrik penilaian.
7. Melakukan evaluasi dilakukan secara individual.
8. Mencatat hasil penilaian.
9. Mendokumentasikan hasil penilaian.
C. Pelaporan Hasil Tes Praktik
Setelah akibat melakukan tes praktik guru menyusun laporan evaluasi praktik dengan memperhatikan hal berikut:
1 .Nilai yang diberikan berdasarkan tingkat capaian kompetensi penerima didik.
2 .Laporan tes praktik ditulis dalamn bentuk angka atau kategori dilengkapi oleh deskripsi yang bermakna.
3. Pelaporan dibentuk secara tertulis.
4. Pelaporan disampaikan kepada kepala sekolah/wakil kurikulum sebagai hasil ujian praktik.
5. Nilai tes ujian praktik dipakai pertimbangan nilai kelulusan dan mengisi nilai rapor.
Demikian cara melaksanakan tes ujian praktik dalam kurikulum 2013 biar bermanfaat.
Bahan Bacaan:
Panduan Penilaian SD, SMP, dan Sekolah Menengan Atas Tahun 2017
Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menciptakan Tes Ujian Praktik Dalam Kurikulum 2013"
Posting Komentar