✔ 10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas

Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas, Purwomp.com - Bagi peternak burung lovebird pemula niscaya mengalami telur burungnya yang sudah waktunya menetas tak kunjung menetas. Hal itu biasanya di anggap hal sepele, namun bagi peternak lovebird senior atau sudah usang itu menjadi hambatan tersendiri. Untuk itu bagi peternak pemula harus lebih dulu mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi telur burung love bird itu tidak menetas.

Perlu di ketahui juga, burung lovebird betina walau tanpa lovebird jantan sanggup bertelur. Maka dari itu bila dalam beternak lovebird pastikan dulu bila burungnya melaksanakan perkawinan. Jika burung lovebird sudah kita ketahui melaksanakan perkawinan, akan tetapi telur tidak menetas maka perhatikan hal hal berikut ini :


10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas


1. Pasangan Sejenis Yakni Lovebird Betina Dengan Lovebird Betina


Sudah aku katakan di atas bahwa burung lovebird betina itu walau tanpa jantan sanggup bertelur. Maka dari itu pastikan bahwa yang kita ternak itu sepasang antara lovebird jantan dan lovebird betina. Burung lovebird yang berjenis kelamin sama yakni betina dan betina itu juga melaksanakan perkawinan, namun bila kita perhatikan nanti yang di atas akan bergantian. Dan ciri lainnya yakni bila bertelur maka jumlah telurnya banyak alasannya keduanya sama sama bertelur.

Untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina sanggup anda baca Cara Bedakan Lovebird Jantan dan Lovebird Betina

2. Tidak Ada Pembuahan


Walau burung lovebird itu kita ketahui melaksanakan perkawinan, akan tetapi hal itu tidak terjadi pembuahan. Ada beberapa faktor yang menimbulkan tidak ada pembuahan walau di ketahui melaksanakan perkawinan. Faktor faktor yang menimbulkan adalah

Pertama, pangkringan yang terlalu kecil sehingga di waktu kawin burung lovebird betina tidak berpengaruh dalam mencengkeram sehingga belum ada pembuahan burung lovebird betina sudah jatuh dari pangkringan.

Kedua, ada gangguan burung lovebird lainnya disaat burung loebird sedang melaksanakan indehoi. Sehingga sebelum pembuahan burung tersebut sudah kabur alasannya aa gangguan tadi.

Ketiga, burung lovebird kaget ketika sedang melaksanakan perkawinan ada orang lewat atau benda ajaib yang terlintas. Pokoknya pada dasarnya kaget.

3. Pakan Yang Memiliki Kualitas Jelek


Pada masa perkawinan burung lovebird yang kita ternak harus di perhatikan pakannya. Jangan hanya memperlihatkan pakan berupa milet putih saja melainkan di beri asupan pakan lainnya ibarat sayur dan pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Atau kita sanggup mencampur bebera[a biji bijian untuk pakan di ketika burung lovebird di masa produksi.

4. Induk Yang Tidak Mau Mengerami Telurnya


Banyak kasus yang terjadi burung lovebird tidak mau mengerami telurnya, hal ini terjadi biasanya pada indukan yang baru. Artinya burung lovebird yang pertama kali bertelur. Selain itu ada juga faktor yang menimbulkan burung tidak mau mengerami salah satunya yakni gangguan. Baik itu gangguan dari binatang lainnya ataupun dari manusia. Terlalu sering kita melihat isi dalam glodok itu juga mempengaruhi burung enggan untuk mengeram, itu bila burung mempunyai sifat yang sensitif.

Untuk itu dalam penempatan sangkar ternak jauhkan dari gangguan binatang lainnya dan juga manusia. Taruhlah sangkar pada daerah sepi yang jarang di lalui insan dan juga janganlah sering sering kita buka glodoknya yang untuk bertelur itu.

5. Cuaca Pada Kandang


Cuaca pada sangkar juga sanggup mempengaruhi telur itu sanggup menetas atau tidak. Kandang jangan terlalu panas cuacanya dan juga jangan terlalu lembab. Penempatan sangkar yang baik yakni pada pagi hari menerima sinar matahari pagi, pada siang hari tidak terlalu panas, serta tidak lembab. Untuk itu tempatkan sangkar pada daerah yang teduh, kering serta sirkulasi udara yang bak.

6. Gangguan Hewan


Gangguan binatang lainnya juga sanggup mempengaruhi telur sanggup menetas atau tidak menetas. Hewan yang sering menjadi penganggu yakni kutu atau orang jawa menyebut dengan gurem, cicak, semut dan binatang lainnya yang sering menganggu. Untuk itu jauhkan dari binatang hewan tersebut semoga pada ketika burung mengerami telurnya merasa nyaman.

7. Masih Muda Indukan Lovebird


Umur burung lovebird juga harus di perhitungkan yakni usia yang ideal untuk di ternak burung lovebird lebih dari 8 bulan baik jantan maupun betina. Tak jarang ada juga burung lovebird yang usia 7 bulan sudah sanggup menetaskan telurnya hal itu tergantung dari bibit burung tersebut. Untuk lebih amannya carilah indukan yang sudah berumur lebih dari 8 bulan.

8. Bentuk Glodok


Nah, yang satu ini biasanya tidak di perhitungkan oleh peternak dalam ternak burung lovebird. Padahal glodok sangatlah penting atau salah satu benda yang wajib di persiapkan dengan baik. Karena glodok merupakan daerah untuk menyimpan telur burung lovebird tersebut.

Siapkan glodok yang luas serta terbuat dari kayu yang keras semoga burung lovebird disaat bertelur dan mengerami telurnya merasa kondusif dan nyaman. Jika glodok terlalu sempit maka burung akan merasa kurang dalam bergerak dalam glodok.

9. Kesehatan Burung Lovebird Yang Menurun


Kesehatan burung lovebird menjadi hambatan yang utama dalam telur itu menetas atau tidak menetas. Karena bila kedua burung itu salah satunya kurang fit maka pembuahannya tidak akan berhasil dengan baik. Hal ini terjadi biasanya disaat burung lovebird mengalami mabung atau ganti bulu.

Jika burung lovebird sedang mengalami mabung maka lebih baik di rawat dahulu dengan baik hingga mabungnya tuntas. Jika begitu maka sehabis mabungnya usai pembuahan disaat perkawinan akan tepat dan akan menciptakan telur menetas.

10. Mandul atau Infertil


Salah satu burung lovebird atau keduanya mempunyai kelainan infertil maka hingga kapanpun telur yang di hasilkan tidak akan pernah menetas. Hal ini sanggup kita ketahui sehabis beberapa kali bertelur tidak ada penetasan bahkan telur yang di hasilkan tidak selalu tidak ada embrionya. Salah satu cara yakni mengganti pasangan tersebut dengan burung yang lain.

Demikian 10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas yang sanggup aku sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para peternak yang ingin memulai ternak burung lovebird.


Belum ada Komentar untuk "✔ 10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel