✔ Pns Pusat, Pilih Pindah Ke Ibu Kota Gres Atau Pensiun Dini?


Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS sentra harus menyiapkan diri mulai dari sekarang. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh abdi negara khususnya yang bekerja di pemerintahan sentra akan hijrah ke ibu kota negara (IKN) gres di Kalimantan Timur (Kaltim) 2024.

Ibu kota yang gres berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kaltim. Luas wilayah yang disediakan pemerintah sekitar 410.000 hektar, dan yang akan dipakai sekitar 56.000 hektar, dan awal pembangunan akan berada di atas lahan seluas 5.000 hektar.

Jokowi bilang, seluruh PNS sentra akan pindah ke Kaltim sebab empat tahun ke depan pembangunan kluster pemerintah sudah selesai.

"Pindah semuanya langsung," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Ibu kota negara di Kalimantan Timur akan terdiri dari beberapa kluster, mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keuangan, sampai riset dan pengembangan. Khusus kluster pemerintah, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan akan final pada tahun 2024.

Nah, pada tahun tersebut juga seluruh PNS sentra akan dipindahkan ke ibu kota baru. Kementerian PAN-RB mencatat jumlah PNS sentra yang pindah ke Kaltim ada 118.000 orang. 

Para abdi negara ini punya dua pilihan. Pertama, ikut pindah ke ibu kota gres dan diberi rumah dinas selama mengabdi di sana. Kedua, tidak pindah ke ibu kota gres dan mengambil opsi pensiun dini. 

"Memang ditanya dulu, kan nggak mungkin ia ngantor di Jakarta, orang semuanya pindah. Kalau tidak mau kan dapat aktivitas pensiun dipercepat," kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo di ruang rapat Komisi XI dewan perwakilan rakyat RI, Jakarta, Senin (20/1/2020).
Sumber : https://finance.detik.com

Belum ada Komentar untuk "✔ Pns Pusat, Pilih Pindah Ke Ibu Kota Gres Atau Pensiun Dini?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel