✔ Jelang Pensiun, Guru Pns Bakal Diangkat Jadi Pppk


Wacana mengangkat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dari guru PNS yang akan masuk masa pensiun, bakal diseriusi pemerintah. Hal ini terungkap dari pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

"Jadi Pak Muhadjir Effendy ketika menjadi mendikbud sempat mengutarakan kekhawatirannya akan mutu pendidikan dengan banyaknya guru PNS yang pensiun. Kalaupun akan merekrut guru PNS baru, ia waswas kualitasnya belum setara seniornya sebab butuh waktu panjang," jelas Bima, Jumat (1/11).

Kekhawatiran lainnya adalah, tempat akan merekrut lebih banyak guru honorer gres sehingga menambah persoalan gres lagi. Padahal, pemerintah semenjak 2005 lewat PP 48/2005 sudah melarang keras merekrut hononer baru.

"Agar tidak tambah honorer lagi, proses pembelajaran berjalan lancar, kualitas terjaga, makanya pemerintah berencana mengangkat guru-guru PNS yang akan pensiun menjadi PPPK. Memang ini gres wacana, tetapi tampaknya ini salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan pemerintah," tuturnya.

Para pensiunan guru PNS yang diangkat PPPK ini, lanjut Bima, hanya dikontrak lima tahun. Dalam masa lima tahun itu, guru-guru gres dapat mencar ilmu kepada seniornya.

Tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS 197.111 orang. Tiga besar deretan pada penerimaan CPNS kali ini yakni guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi

Bima mengakui, meski deretan CPNS 2019 terbesar yakni guru, tetapi belum dapat memenuhi jumlah kebutuhan guru. Namun, pemerintah juga tidak dapat gegabah menambah deretan guru lebih banyak.

"Kan harus dilihat dari kekuatan anggaran juga. Lagi pula, pelamar untuk deretan guru kan tidak banyak makanya kami putuskan dilakukan sedikit demi sedikit sampai 2024," terangnya.

Ketum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli sebelumnya mengungkapkan, kekurangan guru PNS di sekolah negeri mencapai 1.141.176. Jumlah guru yang akan pensiun dalam kurun waktu 2020-2024 mencapai 391.644 guru. Sementara yang sudah pensiun di tahun 2017-2018 mencapai 90.287.

Bahkan 60 ribuan deretan itu kemungkinan tak cukup mengganti guru pensiun tahun 2019 yang mencapai 62.759 guru, belum termasuk yang berpindah kiprah ke struktural, diangkat jadi kepala sekolah dan pengawas sekolah yang tak lagi mempunyai kewajiban mengajar.

"(Guru hasil) Seleksi CPNS 2019 ini tentu saja akan bertugas paling cepat tahun 2020. Sementara di tahun 2020 jumlah guru pensiun mencapai 72.976 guru," jelas Ramli.
Sumber : jpnn.com

Belum ada Komentar untuk "✔ Jelang Pensiun, Guru Pns Bakal Diangkat Jadi Pppk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel