✔ Model Pembelajaran Quantum Teaching

A. Konsep Pembelajaran Quantum Teaching
Model Quantum Teaching merupakan proses pembelajaran dengan menyediakan latar belakang dan  taktik untuk meningkatkan proses mencar ilmu mengajar menjadi menyenangkan. Pembelajaran Quantum Teaching mencakup petunjuk untuk membuat lingkungan mencar ilmu yang efektif merancang pengajaran, memberikan isi dan memudahkan proses belajar.  Cara ini memperlihatkan sebuah gaya mengajar yang memberdayakan penerima didik untuk berprestasi lebih dari yang dianggap mungkin. Juga membantu guru memperluas keterampilan penerima didik dan motivasi mereka, sehingga guru akan memperoleh kepuasan yang lebih besar dari pekerjaannya.

B. Prinsip Pembelajaran Quantum Teaching
Ada lima prinsip pembelajaran Quantum Teaching  dengan asas utama “ Bawalah dunia mereka ke dunia kita, antarkan dunia kita ke dunia mereka” , asas tersebut mewarnai 5 prinsip dibawah ini:

1. Segalanya berbicara
Segala lingkungan kelas sampai bahasa badan guru, dari kertas yang guru bagikan sampai rancangan pembelajaran semuanya mengirim pesan mencar ilmu kepada penerima didik

2. Segalanya bertujuan
Semua yang terjadi dalam pengubahan guru di saat  proses pembelajaran berlansung semuanya memiliki tujuan

3. Pengalaman sebelum proteksi nama
Otak penerima didik berkembang pesat dengan adanya ransangan kompleks, yang akan menggerakkan rasa ingin tahu. Oleh alasannya itu proses pembelajaran yang paling baik terjadi ketika penerima didik telah mengalami isu sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang dipelajari

4. Akui setiap perjuangan
Belajar mengandung resiko dan butuh energi. Belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan, oleh alasannya itu sekecil apa pun yang tindakan keberhasilan yang dilakukan penerima didik patut menerima akreditasi atas kecakapan dan doktrin diri mereka

5. Jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan
Perayaan memperlihatkan umpan  balik terhadap kemajuan dan memperlihatkan asosiasi emosi konkret bagi penerima didik 

Kelima prinsip di atas menjadi teladan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran quantum teaching

 C. Langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching

1. Tumbuhkan
Tumbuhkan minat penerima didik secara memuaskan”Apakah Manfaatnya Bagiku”(AMBAK)
Guru membuat pertanyaan wacana kemampuan penerima didik  dengan memanfaatkan pengalaman penerima didik  dan mencari tanggapan, manfaat serta janji . Guru membuat taktik dengan melaksanakan aplikasi ataupun dongeng wacana pelajaran yang bersangkutan.

2. Alami
Guru memanfaatkan pengetahuan dan keingintahuan penerima didik  menurut pengalaman masing-masing dan bisa mengasah otak penerima didik biar sanggup menuntaskan masalah. Peserta  dapat memahami isu ataupun aktivitas serta memanfaatkan akomodasi yang ada sesuai dengan kebutuhannya.

3. Namai
Pemberian nama (simbol-simbol), kata kunci  ataupun identitas dan mendefinisikan suatu pertanyaan. Guru mengajarkan konsep, keterampilan berpikir, dan taktik mencar ilmu dengan memakai gambar, warna, alat bantu, kertas atau alat yang lainnya. Siswa sanggup mengetahui informasi, fakta, rumus, pemikiran, daerah dan sebagainya menurut pengalaman biar pengetahuan tersebut berarti.

4. Demonstrasikan
Guru memberi peluang untuk menerjemahkan dan menerapkan pengetahuan siswa ke dalam pembelajaran yang lain dan ke dalam kehidupannya. Peserta didik sanggup memperagakan atau mengaplikasikan tingkat kecakapannya dengan pelajaran. Dengan kata lain guru menyediakan kesempatan bagi penerima didiknya untuk memperlihatkan bahwa mereka tahu.

5. Ulangi
Guru mengulangi hal-hal yang kurang terperinci bagi penerima didik. Guru memperlihatkan cara yang sanggup dengan gampang memahami dan mengetahui pelajaran tersebut. Guru memperlihatkan kesempatan bagi siswa untuk mengajarkan pengetahuan kepada penerima didik yang lain.

6. Rayakan
Mengadakan perayaan bagi penerima didik  akan mendorong mereka  memperkuat rasa tanggung jawab dan mengamati proses mencar ilmu sendiri. Perayaan tersebut akan mengajarkan penerima didik mengenai motivasi belajar, kesuksesan, langkah menuju kemenangan. Pujian yang didapatkan akan mendorong penerima didik biar tetap dalam keadaan bersemangat dalam proses mencar ilmu mengajar.

Langkah pembelajaran Model Pembelajaran Quantum Teaching biasa disingkat TANDUR. Dalam penerapannya guru perlu menyusun Rencana Pembelajaran dengan baik, dengan menyusun langkah diatas dalam aktivitas inti. Selamat mencoba

Bahan Bacaan
DePorter, Bobbi,dkk. (1999). Quantum Teaching.Allyn and Bacon: Boston.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (2017). Model-model Pembelajaran: Depdikbud


Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Quantum Teaching"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel