✔ Supervisi Akademik Dengan Teknik Observasi
Supervisi akademik merupakan acara pelatihan dengan memberi pinjaman teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Supervisi akademik teknik observasi dilaksanakan melalui tahapan pra-observasi, observasi pembelajaran, dan pasca observasi.
A. Pra-observasi (Pertemuan awal)
Kegiatan yang perlu dilakukan adalah:
B. Observasi (Pengamatan pembelajaran)
Tahap observasi ini dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran secara utuh dengan acara sebagai berikut:
D. Pengolahan Hasil Supervisi
Pengolahan data hasil supervisi dilakukan supervisor sesudah pra observasi dan observasi dilakukan. Hasil evaluasi sanggup di buat secara kualitatif yaitu amat baik, baik, cukup dan kurang yang dikonversi dari nilai kuantitatif.
Supervisi akademik teknik observasi dilaksanakan melalui tahapan pra-observasi, observasi pembelajaran, dan pasca observasi.
A. Pra-observasi (Pertemuan awal)
Kegiatan yang perlu dilakukan adalah:
- Menciptakan suasana dekat dengan guru
- Membahas persiapan yang dibentuk oleh guru dan menciptakan kesepakatan mengenai aspek yang menjadi fokus pengamatan
- Menyepakati instrumen observasi yang akan digunakan
B. Observasi (Pengamatan pembelajaran)
Tahap observasi ini dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran secara utuh dengan acara sebagai berikut:
- Pengamatan difokuskan pada aspek yang telah disepakati
- Menggunakan instrumen observasi
- Di samping instrumen perlu dibentuk catatan (fieldnotes)
- Catatan observasi mencakup sikap guru dan siswa
- Tidak mengganggu proses pembelajaran
- Dilaksanakan segera sesudah observasi
- Tanyakan bagaimana pendapat guru mengenai proses pembelajaran yang gres berlangsung
- Tunjukkan data hasil observasi (instrumen dan catatan) –beri kesempatan guru mencermati dan menganalisisnya
- Diskusikan secara terbuka hasil observasi, terutama pada aspek yang telah disepakati (kontrak) –Berikan penguatan terhadap penampilan guru. Hindari kesan menyalahkan. Usahakan guru menemukan sendiri kekurangannya
- Berikan dorongan moral bahwa guru bisa memperbaiki kekurangannya
- Tentukan bersama rencana pembelajaran dan supervisi berikutnya
- Wawancara dilakukan tidak di dalam kelas yang diamati beberapa ketika sesudah pengamatan pembelajaran selesai.
- Format yang dipakai berisi pertanyaan yang dilakukan sesudah supervisor melaksanakan pengamatan pembelajaran. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata kuncinya di lembar pra obser .
D. Pengolahan Hasil Supervisi
Pengolahan data hasil supervisi dilakukan supervisor sesudah pra observasi dan observasi dilakukan. Hasil evaluasi sanggup di buat secara kualitatif yaitu amat baik, baik, cukup dan kurang yang dikonversi dari nilai kuantitatif.
Contoh penilaian
Skala nilai | Kualifikasi | Keterangan |
86 - 100 71 - 85 56 - 70 < 56 | A B C D | Amat baik Baik Cukup Kurang |
E. Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Tindak lanjut hasil supervisi yakni bentuk kegiatan yang diberikan/tugaskan/sarankan oleh supervisor terhadap guru yang disupervisi sebagai lanjutan untuk memperbaiki kelemahan/kekurangan guru dalam pembelajaran.
No | Nama Guru | Mapel | Kelas | Hasil Skor | Catatan Khusus | Tindak Lanjut | Realisasi Tindak Lanjut |
Kualitas | Kuantitas | ||||||
Belum ada Komentar untuk "✔ Supervisi Akademik Dengan Teknik Observasi"
Posting Komentar