✔ Model Pembelajaran Vct
A. Pengantar
Pendidikan nilai pada ketika ini menjadi sangat penting sebagimana yang diungkapkan oleh Dedi Supriadi (Mulyana, 2004) bahwa pada beberapa dasawarsa terakhir, terjadi kecenderungan gres di dunia yaitu tumbuhnya kembali kesadaran nilai. Kecenderungan ini terjadi secara global. Dimana-mana orang berbicara wacana nilai, bahkan untuk bidang yang sebelumnya dianggap “bebas nilai” (value free) sekalipun, kedudukan dan tugas nilai makin banyak diangkat.
Seiring dengan hal di atas, kurikulum 2013 didalamnya sudah terintegrasi pendidikan aksara dan menjadi keharusan biar setiap pendidik melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dengan nilai aksara peserta didik yang sudah tertanam baik, mereka akan siap untuk hidup di kala 21, kala revolusi industri 4.0. Oleh alasannya ialah itu pendidikan nilai merupakan tindakan mendidik para peserta didik mulai dari perjuangan penyadaran nilai hingga pada perwujudan perilaku=perilaku yang bernilai.
B. Konsep Model Value Clarification Technique
VCT ialah kependekan Value Clarification Technique atau Teknik Mengkarifikasi Nilai sanggup diartikan sebagai teknik pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu duduk kasus melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri peserta didik (Wina, 2010: 283).
VCT (Value clarification technique ) merupakan sebuah cara menanamkan dan menggali/ mengungkapkan nilai-nilai tertentu dari peserta didik. Dalam hal ini mengajak/mengarahkan peserta didik untuk mencari nilai-nilai yang terkandung atau terintegrasi dalam setiap materi pembelajaran.
Nilai (value) merupakan suatu sistem, dimana aneka jenis nilai menyerupai nilai keagamaan, sosial budaya, ekonomi, hukum, etis dan lain sebagainya berpadu serta saling meradiasi (mempengaruhi secara kuat) sebagai suatu satu kesatuan yang utuh (Ahmad Kosasih, 1985).
Mardiatmadja (1986) mendefinisikan Pendidikan Nilai sebagai derma terhadap peserta didik biar menyadari dan mengalami nilai- nilai serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya.
VCT ialah sebagai suatu model dalam taktik pembelajaran moral bertujuan: 1) mengukur atau mengetahui tingkat kesadaran peserta didik wacana suatu nilai; 2)membina kesadaran peserta didik wacana nilai-nilai yang dimilikinya, baik tingkatannya maupun sifatnya (positif dan negatifnya) untuk dibina ke arah peningkatan dan perbaikannya; 3)menanamkan nilai-nilai tertentu kepada peserta didik melalui cara yang rasional dan diterima peserta didik sehingga pada jadinya nilai tersebut menjadi milik peserta didik; 4)melatih peserta didik cara menilai, menerima, dan mengambil keputusan terhadap suatu duduk kasus dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat (Qiqi Yuliati Zakiyah, 2014).
Untuk mencapai hal di atas Piaget mengemukakan tiga tahapan yaitu :
1. Tahap mengakomodasi
Pada tahap ini peserta didik diberi kesempatan mempelajari dan menginternalisasi nilai dan moral yang terkandung atau terkait dengan materi yang dipelajari.
2. Tahap asimilasi
Tahap asimilasi yaitu pengintegrasikan nilai dengan sistem nilai lain yang telah ada dalam dirinya
3. Tahap equilibrasi
Tahap equilibrasi yaitu tahap membina keseimbangan dan membakukannya sebagai sistem nilai gres yang baku.
Teknik penjelasan nilai atau sering disebut dengan values clarification technique merupakan teknik pembelajaran untuk membentuk peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu duduk kasus melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanan dalam diri peserta didik. Pendidikan nilai tidak hanya merupakan kegiatan khusus yang diajarkan melalui sejumlah mata pelajaran, akan tetapi meliputi keseluruhan kegiatan pendidikan.
Hers(1980) dalam Qiqi dan Rusdiana, (2014:72) mengemukakan empat model pendidikan nilai, yaitu sebagai berikut:
1. Model teknik pengungkapan nilai
Teknik pengungkapan nilai ialah teknik yang memandang pendidikan moral dalam pengertian promoting self-awareness and self caring dan bukan mengatasi masalah moral yang membantu mengungkapkan moral yang dimiliki peserta didik wacana hal-hal tertentu. Pendekatannya dilakukan dengan cara membantu peserta didik menemukan dan menilai/menguji nilai yang mereka miliki untuk mencapai perasaan diri.
2. Model analisis nilai
Model analisis nilai ialah model yang membantu peserta didik mempelajari pengambilan keputusan melalui proses langkah demi langkah dengan cara yang sangat sistematis. Model ini akan memberi makna jikalau dihadapkan pada upaya menangani isu-isu kebijakan yang kompleks.
3. Model pengembangan kognitif moral
Model yang membantu peserta didik berpikir melalui kontradiksi dengan cara yang lebih terperinci dan menyeluruh melalui tahapan-tahapan umum dan pertimbangan moral.
4. Model tindakan sosial
Tindakan sosial ialah model yang bertujuan meningkatkan keefektifan peserta didik mengungkap, meneliti, dan memecahkan masalah sosial. Terdapat empat hal penting yang perlu diperhatikan dalam memakai model pendidikan moral, yaitu: berfokus kepada kehidupan, penerimaan akan sesuatu, memerlukan refleksi lebih lanjut, dan harus mengarah pada tujuan.
Model-model tersebut melihat pendidikan moral sebagai upaya menumbuhkan kesadaran diri dan kepedulian diri siswa. Implementasi pendidikan nilai di sekolah sangat membantu peserta didik supaya mereka bisa menggunakannya secara gotong royong antara kemampuan berpikir rasional dan kesadaran emosional untuk memahami perasaan, nilai-nilai, sikap, dan pola tingkah laris mereka sendiri dan jadinya didorong untuk menghayatinya secara mendalam.
C.Sintaks Model Pembelajaran VCT
Sintaks model pembelajaran VCT terbagi atas tujuh tahapan yang dibagi dalam tiga tingkat, yakni.
1. Kebebasan memilih
Pada tingkatan ini terdapat tiga tahapan, yaitu: (1) menentukan secara bebas, artinya peserta didik diberi kesempatan untuk menentukan suatu masalah/kasus/ kejadian yang diambil dari buku atau yang dibentuk guru; (2) menentukan dari beberapa solusi alternative pilihan secara bebas yang menurutnya baik, nilai yang dipaksakan berdampak kurang baik bagi pembelajaran nilai itu sendiri; dan (3) menentukan sehabis dilakukan analisis pertimbangan konsekuensi yang akan timbul sebagai tanggapan pilihannya.
2. Menghargai
Tingkatan ini terdiri atas dua tahap pembelajaran, yaitu: (1) adanya perasaan bahagia dan besar hati dengan nilai yang menjadi pilihannya sehingga nilai tersebut menjadi bab dari dirinya; dan (2) menegaskan nilai yang telah menjadi integral dalam dirinya di depan umum.
3. Berbuat
Tingkatan ini terdiri atas dua tahap, yaitu: (1) kemauan dan kemampuan untuk mencoba melaksanakannya; dan (2) mengulangi sikap sesuai dengan nilai pilihannya. Artinya, nilai yang menjadi pilihan itu harus tercermin dalam kehidupannya sehari-hari.
D. Metode pembelajaran VCT
Metode yang layak dipakai pada model pembelajaran VTC, sebagaimana beberapa andal mengakumulasikan metode-metode tersebut, antara lain:
1. Metode diskusi bertujuan untuk tukar menukar gagasan, pemikiran dan informasi/pengalaman peserta didik sehingga dicapai akad pokok-pokok pikiran;
2. Metode curah pendapat ialah suatu bentuk diskusi untuk menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan dan pengalaman dari semua peserta;
3. Metode bermain tugas (role play) menekankan pada masalah bukan pada kemampuan pemain dalam bermain peran;
4. Metode wawancara ialah metode pengambilan data dengan cara menanyakan sesuatu kepada responden dengan bercakap-cakap secara tatap muka. Teknik penjelasan nilai ini menjadi alternative taktik sebagai proses penanaman nilai yang dilakukan melalui proses analisis nilai yang sudah ada sebelumnya pada diri peserta didik kemudian diselaraskan dengan nilai gres yang akan ditanamkan (Qiqi Yuliati Zakiyah, 2014).
E. Teknik Pembelajaran VCT
John Jarolimek (1970) menjelaskan beberapa teknik pengajaran nilai sebagai berikut yaitu:
1. Teknik self evaluasi (menilai diri sendiri) dan group evaluation (evaluasi kelompok) yaitu peserta didik diajak berdiskusi atau tanya jawab wacana apa yang dilakukan serta diarahkan untuk perbaikan atau penyempurnaan oleh peserta didik itu sendiri.
2. Teknik lecturing yaitu guru bercerita dan mengangkat tema atau materi apa yang menjadi topik bahasannya dalam pembelajaran.
3. Teknik menarik dan memperlihatkan percontohan yaitu guru memperlihatkan serta meminta contoh-contoh baik dalam diri peserta didik ataupun kehidupan masyarakat kemudian dianalisa, dinilai dan didiskusikan.
4. Teknik indoktrinasi dan pembakuan kebiasaan yaitu dalam teknik ini peserta didik dituntut untuk mendapatkan atau melaksanakan sesuatu yang dinyatakan baik oleh guru. Peserta didik diwajibkan melaksanakannya menyerupai patuh pada tata tertib.
5. Teknik tanya jawab yaitu guru mengangkat suatu masalah, kemudian mengemukakan pertanyaan-pertanyaan dan peserta didik aktif menjawab atau mengemukakan pendapatnya.
6. Teknik menilai suatu materi tulisan baik dari buku ataupun khusus dibentuk guru. Dalam hal ini peserta didik dipersilahkan memperlihatkan penilaian dengan arahan contohnya (baik-buruk, benar-tidak benar, adil-tidak adil dll).
7. Teknik mengungkapkan nilai melalui permainan. Dalam hal ini sanggup memakai model yang sudah ada ataupun ciptaan guru.
8. Teknik inkuiri merupakan suatu proses berpikir yang ditempuh peserta didik untuk menemukan suatu konsep melalui langkah perumusan masalah, pengajuan hipotesis, merencanakan pengujian hipotesis, melalui eksperimen dan demonstrasi, mencatat data hasil eksperimen, mengolah data, menganalisis data, dan menciptakan kesimpulan.
F. Sistem Pendukung Model Pembelajaran VCT
Sistem pendukung merupakan penunjang pelaksanaan kegiatan berguru mengajar di kelas. Sistem pendukung yang diharapkan untuk melaksanakan model pembelajaran VCT ialah sebagai berikut.
1. Sarana prasarana pembelajaran meliputi adanya sumber belajar, adanya sumber/media belajar, narasumber yang sanggup dimanfaatkan, dan tersedianya perpustakaan mendukung proses pembelajaran.
2. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan VCT melalui proses dialog, diantaranya; (1) hindari penyampaian pesan melalui proses pemberian nasehat yang berdasarkan guru baik; (2) jangan memaksa peserta didik memperlihatkan respon yang tidak dikehendaki; (3) melaksanakan obrolan terbuka sehingga peserta didik mengungkapkan perasaan dengan jujur dan apa adanya; (4) obrolan dilakuakn pada individu bukan pada kelompok kelas; (5) hindari respon yang sanggup menjadikan peserta didik terpojok sehingga ia menjadi defensive; dan (6) tidak mendesak peserta didik pada pendirian tertentu.
G.Kelebihan dan Kelemahan Model VCT
1. Kelebihan VCT, meliputi: (1) pendidikan nilai membantu peserta didik untuk berproses menyadari dan mengidentifikasi nilai-nilai mereka sendiri serta nilai-nilai orang lain; (2) pendidikan niali membantu peserta didik untuk bisa berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan orang lain, berafiliasi dengan nilai-nilainya sendiri; dan (3) pendidikan nilai membantu peserta didik supaya mereka bisa memakai secara gotong royong kemampuan berpikir rasional dan kesadaran emosional, untuk memahami perasaan, nilai-nilai, sikap dan pola tingkah laris (Sutarjo, 2012).
2. Kelemahan VCT yang sering terjadi dalam proses pembelajaran nilai atau sikap ialah proses pembelajaran yang dilakukan secara pribadi oleh guru, artinya guru menanamkan nilai-nilai yang dianggapnya baik tanpa memperhatikan nilai yang sudah tertanam dalam diri peserta didik. Akibatnya sering terjadi konflik dalam diri peserta didik alasannya ialah ketidakcocokan antara nilai usang yang sudah terbentuk dengan nilai gres yang ditanamkan oleh guru.
H. Implementasi Pendidikan Nilai Berbasis VCT
Dalam proses pendidikan, Pendidikan Nilai sanggup dianalogikan sebagai darah yang ada dalam badan manusia. Pendidikan ialah badan sedangkan nilai-nilai ialah darahnya. Darah itu harus ada di setiap tubuh, dan ia senantiasa mengalir dalam badan membawa sari-sari makanan yang diharapkan organ-organ badan lainnya dan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan.
Oleh alasannya ialah itu idealnya pendidikan nilai/karakter harus ada pada seluruh mata pelajaran yang diprogramkan oleh forum pendidikan. Setiap guru mempunyai tanggung jawab untuk memberikan Pendidikan Nilai kepada peserta didik.
Djahiri (1996) mengemukakan delapan pendekatan dalam Pendidikan Nilai atau akal pekerti, yaitu 1. Evocation
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik diberi kesempatan dan keleluasaan untuk secara bebas mengekspresikan respon afektifnya terhadap stimulus yang diterimanya,
2.Inculcation
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mendapatkan stimulus yang diarahkan menuju kondisi siap.
3.Moral Reasoning
Pendekatan yang dilakukan guru biar terjadi transaksi intelektual taksonomik tinggi dalam mencari pemecahan suatu masalah.
4.Value clarification
Pendekatan yang dilakukan guru melalui stimulus terarah biar siswa diajak mencari kejelasan isi pesan keharusan nilai moral.
5.Value Analyisis
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik termotivasi untuk melaksanakan analisis nilai moral,
6.Moral Awareness
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mendapatkan stimulus dan dibangkitkan kesadarannya akan nilai tertentu.
7.Commitment Approach
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik semenjak awal diajak menyepakati adanya suatu pola pikir dalam proses pendidikan nilai.
8.Union Approach
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mau untuk melaksanakan secara riil dalam suatu kehidupan.
Dalam Pembelajaran VCT guru sebaiknya mempersiapkan lembar kerja untuk diberikan kepada peserta didik sehingga peserta didik menentukan nilai ke dalam lembar kerja yang diberikan guru secara individu maupun berkelompok. Hal ini bertujuan biar timbul sikap saling menghargai pendapat orang lain, pantang menyerah, saling membantu dll dalam diri siswa.
Langkah-langkah implementasi pendidikan nilai dalam pembelajaran antara lain:
1. Spiritual untuk meletakkan nilai-nilai etik dan moral serta religiusitas sebagai dasar dan arah pengembangan sains. Character based approach perlu diterapkan pada pembelajaran Akidah Akhlak. Artinya tidak ada kesenjangan yang memisahkan antara mata pelajaran yang bermuatan materi umum dengan mata pelajaran bermuatan agama;
2. Akademis untuk memperlihatkan kaidah-kaidah normatif yang harus dipatuhi dalam menggali dan berbagi ilmu;
3. Mondial untuk menyadarkan bahwa siapapun pada masa depan harus siap mengadaptasi diri dengan perubahan dalam mengatasi masalah yang dihadapi. (Qiqi dan Rusdiana, (2014:73)
Pendidikan nilai yang diberikan merupakan proses bimbingan melalui suri tauladan, pendidikan yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang di dalamnya meliputi nilai agama, budaya, etika, dan estetika menuju pembentukan pribadi peserta didik yang mempunyai kecerdasan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang utuh, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, dan negara.
Pendidikan nilai pada ketika ini menjadi sangat penting sebagimana yang diungkapkan oleh Dedi Supriadi (Mulyana, 2004) bahwa pada beberapa dasawarsa terakhir, terjadi kecenderungan gres di dunia yaitu tumbuhnya kembali kesadaran nilai. Kecenderungan ini terjadi secara global. Dimana-mana orang berbicara wacana nilai, bahkan untuk bidang yang sebelumnya dianggap “bebas nilai” (value free) sekalipun, kedudukan dan tugas nilai makin banyak diangkat.
Seiring dengan hal di atas, kurikulum 2013 didalamnya sudah terintegrasi pendidikan aksara dan menjadi keharusan biar setiap pendidik melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dengan nilai aksara peserta didik yang sudah tertanam baik, mereka akan siap untuk hidup di kala 21, kala revolusi industri 4.0. Oleh alasannya ialah itu pendidikan nilai merupakan tindakan mendidik para peserta didik mulai dari perjuangan penyadaran nilai hingga pada perwujudan perilaku=perilaku yang bernilai.
B. Konsep Model Value Clarification Technique
VCT ialah kependekan Value Clarification Technique atau Teknik Mengkarifikasi Nilai sanggup diartikan sebagai teknik pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu duduk kasus melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri peserta didik (Wina, 2010: 283).
VCT (Value clarification technique ) merupakan sebuah cara menanamkan dan menggali/ mengungkapkan nilai-nilai tertentu dari peserta didik. Dalam hal ini mengajak/mengarahkan peserta didik untuk mencari nilai-nilai yang terkandung atau terintegrasi dalam setiap materi pembelajaran.
Nilai (value) merupakan suatu sistem, dimana aneka jenis nilai menyerupai nilai keagamaan, sosial budaya, ekonomi, hukum, etis dan lain sebagainya berpadu serta saling meradiasi (mempengaruhi secara kuat) sebagai suatu satu kesatuan yang utuh (Ahmad Kosasih, 1985).
Mardiatmadja (1986) mendefinisikan Pendidikan Nilai sebagai derma terhadap peserta didik biar menyadari dan mengalami nilai- nilai serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya.
VCT ialah sebagai suatu model dalam taktik pembelajaran moral bertujuan: 1) mengukur atau mengetahui tingkat kesadaran peserta didik wacana suatu nilai; 2)membina kesadaran peserta didik wacana nilai-nilai yang dimilikinya, baik tingkatannya maupun sifatnya (positif dan negatifnya) untuk dibina ke arah peningkatan dan perbaikannya; 3)menanamkan nilai-nilai tertentu kepada peserta didik melalui cara yang rasional dan diterima peserta didik sehingga pada jadinya nilai tersebut menjadi milik peserta didik; 4)melatih peserta didik cara menilai, menerima, dan mengambil keputusan terhadap suatu duduk kasus dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat (Qiqi Yuliati Zakiyah, 2014).
Untuk mencapai hal di atas Piaget mengemukakan tiga tahapan yaitu :
1. Tahap mengakomodasi
Pada tahap ini peserta didik diberi kesempatan mempelajari dan menginternalisasi nilai dan moral yang terkandung atau terkait dengan materi yang dipelajari.
2. Tahap asimilasi
Tahap asimilasi yaitu pengintegrasikan nilai dengan sistem nilai lain yang telah ada dalam dirinya
3. Tahap equilibrasi
Tahap equilibrasi yaitu tahap membina keseimbangan dan membakukannya sebagai sistem nilai gres yang baku.
Teknik penjelasan nilai atau sering disebut dengan values clarification technique merupakan teknik pembelajaran untuk membentuk peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu duduk kasus melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanan dalam diri peserta didik. Pendidikan nilai tidak hanya merupakan kegiatan khusus yang diajarkan melalui sejumlah mata pelajaran, akan tetapi meliputi keseluruhan kegiatan pendidikan.
Hers(1980) dalam Qiqi dan Rusdiana, (2014:72) mengemukakan empat model pendidikan nilai, yaitu sebagai berikut:
1. Model teknik pengungkapan nilai
Teknik pengungkapan nilai ialah teknik yang memandang pendidikan moral dalam pengertian promoting self-awareness and self caring dan bukan mengatasi masalah moral yang membantu mengungkapkan moral yang dimiliki peserta didik wacana hal-hal tertentu. Pendekatannya dilakukan dengan cara membantu peserta didik menemukan dan menilai/menguji nilai yang mereka miliki untuk mencapai perasaan diri.
2. Model analisis nilai
Model analisis nilai ialah model yang membantu peserta didik mempelajari pengambilan keputusan melalui proses langkah demi langkah dengan cara yang sangat sistematis. Model ini akan memberi makna jikalau dihadapkan pada upaya menangani isu-isu kebijakan yang kompleks.
3. Model pengembangan kognitif moral
Model yang membantu peserta didik berpikir melalui kontradiksi dengan cara yang lebih terperinci dan menyeluruh melalui tahapan-tahapan umum dan pertimbangan moral.
4. Model tindakan sosial
Tindakan sosial ialah model yang bertujuan meningkatkan keefektifan peserta didik mengungkap, meneliti, dan memecahkan masalah sosial. Terdapat empat hal penting yang perlu diperhatikan dalam memakai model pendidikan moral, yaitu: berfokus kepada kehidupan, penerimaan akan sesuatu, memerlukan refleksi lebih lanjut, dan harus mengarah pada tujuan.
Model-model tersebut melihat pendidikan moral sebagai upaya menumbuhkan kesadaran diri dan kepedulian diri siswa. Implementasi pendidikan nilai di sekolah sangat membantu peserta didik supaya mereka bisa menggunakannya secara gotong royong antara kemampuan berpikir rasional dan kesadaran emosional untuk memahami perasaan, nilai-nilai, sikap, dan pola tingkah laris mereka sendiri dan jadinya didorong untuk menghayatinya secara mendalam.
C.Sintaks Model Pembelajaran VCT
Sintaks model pembelajaran VCT terbagi atas tujuh tahapan yang dibagi dalam tiga tingkat, yakni.
1. Kebebasan memilih
Pada tingkatan ini terdapat tiga tahapan, yaitu: (1) menentukan secara bebas, artinya peserta didik diberi kesempatan untuk menentukan suatu masalah/kasus/ kejadian yang diambil dari buku atau yang dibentuk guru; (2) menentukan dari beberapa solusi alternative pilihan secara bebas yang menurutnya baik, nilai yang dipaksakan berdampak kurang baik bagi pembelajaran nilai itu sendiri; dan (3) menentukan sehabis dilakukan analisis pertimbangan konsekuensi yang akan timbul sebagai tanggapan pilihannya.
2. Menghargai
Tingkatan ini terdiri atas dua tahap pembelajaran, yaitu: (1) adanya perasaan bahagia dan besar hati dengan nilai yang menjadi pilihannya sehingga nilai tersebut menjadi bab dari dirinya; dan (2) menegaskan nilai yang telah menjadi integral dalam dirinya di depan umum.
3. Berbuat
Tingkatan ini terdiri atas dua tahap, yaitu: (1) kemauan dan kemampuan untuk mencoba melaksanakannya; dan (2) mengulangi sikap sesuai dengan nilai pilihannya. Artinya, nilai yang menjadi pilihan itu harus tercermin dalam kehidupannya sehari-hari.
D. Metode pembelajaran VCT
Metode yang layak dipakai pada model pembelajaran VTC, sebagaimana beberapa andal mengakumulasikan metode-metode tersebut, antara lain:
1. Metode diskusi bertujuan untuk tukar menukar gagasan, pemikiran dan informasi/pengalaman peserta didik sehingga dicapai akad pokok-pokok pikiran;
2. Metode curah pendapat ialah suatu bentuk diskusi untuk menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan dan pengalaman dari semua peserta;
3. Metode bermain tugas (role play) menekankan pada masalah bukan pada kemampuan pemain dalam bermain peran;
4. Metode wawancara ialah metode pengambilan data dengan cara menanyakan sesuatu kepada responden dengan bercakap-cakap secara tatap muka. Teknik penjelasan nilai ini menjadi alternative taktik sebagai proses penanaman nilai yang dilakukan melalui proses analisis nilai yang sudah ada sebelumnya pada diri peserta didik kemudian diselaraskan dengan nilai gres yang akan ditanamkan (Qiqi Yuliati Zakiyah, 2014).
E. Teknik Pembelajaran VCT
John Jarolimek (1970) menjelaskan beberapa teknik pengajaran nilai sebagai berikut yaitu:
1. Teknik self evaluasi (menilai diri sendiri) dan group evaluation (evaluasi kelompok) yaitu peserta didik diajak berdiskusi atau tanya jawab wacana apa yang dilakukan serta diarahkan untuk perbaikan atau penyempurnaan oleh peserta didik itu sendiri.
2. Teknik lecturing yaitu guru bercerita dan mengangkat tema atau materi apa yang menjadi topik bahasannya dalam pembelajaran.
3. Teknik menarik dan memperlihatkan percontohan yaitu guru memperlihatkan serta meminta contoh-contoh baik dalam diri peserta didik ataupun kehidupan masyarakat kemudian dianalisa, dinilai dan didiskusikan.
4. Teknik indoktrinasi dan pembakuan kebiasaan yaitu dalam teknik ini peserta didik dituntut untuk mendapatkan atau melaksanakan sesuatu yang dinyatakan baik oleh guru. Peserta didik diwajibkan melaksanakannya menyerupai patuh pada tata tertib.
5. Teknik tanya jawab yaitu guru mengangkat suatu masalah, kemudian mengemukakan pertanyaan-pertanyaan dan peserta didik aktif menjawab atau mengemukakan pendapatnya.
6. Teknik menilai suatu materi tulisan baik dari buku ataupun khusus dibentuk guru. Dalam hal ini peserta didik dipersilahkan memperlihatkan penilaian dengan arahan contohnya (baik-buruk, benar-tidak benar, adil-tidak adil dll).
7. Teknik mengungkapkan nilai melalui permainan. Dalam hal ini sanggup memakai model yang sudah ada ataupun ciptaan guru.
8. Teknik inkuiri merupakan suatu proses berpikir yang ditempuh peserta didik untuk menemukan suatu konsep melalui langkah perumusan masalah, pengajuan hipotesis, merencanakan pengujian hipotesis, melalui eksperimen dan demonstrasi, mencatat data hasil eksperimen, mengolah data, menganalisis data, dan menciptakan kesimpulan.
F. Sistem Pendukung Model Pembelajaran VCT
Sistem pendukung merupakan penunjang pelaksanaan kegiatan berguru mengajar di kelas. Sistem pendukung yang diharapkan untuk melaksanakan model pembelajaran VCT ialah sebagai berikut.
1. Sarana prasarana pembelajaran meliputi adanya sumber belajar, adanya sumber/media belajar, narasumber yang sanggup dimanfaatkan, dan tersedianya perpustakaan mendukung proses pembelajaran.
2. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan VCT melalui proses dialog, diantaranya; (1) hindari penyampaian pesan melalui proses pemberian nasehat yang berdasarkan guru baik; (2) jangan memaksa peserta didik memperlihatkan respon yang tidak dikehendaki; (3) melaksanakan obrolan terbuka sehingga peserta didik mengungkapkan perasaan dengan jujur dan apa adanya; (4) obrolan dilakuakn pada individu bukan pada kelompok kelas; (5) hindari respon yang sanggup menjadikan peserta didik terpojok sehingga ia menjadi defensive; dan (6) tidak mendesak peserta didik pada pendirian tertentu.
G.Kelebihan dan Kelemahan Model VCT
1. Kelebihan VCT, meliputi: (1) pendidikan nilai membantu peserta didik untuk berproses menyadari dan mengidentifikasi nilai-nilai mereka sendiri serta nilai-nilai orang lain; (2) pendidikan niali membantu peserta didik untuk bisa berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan orang lain, berafiliasi dengan nilai-nilainya sendiri; dan (3) pendidikan nilai membantu peserta didik supaya mereka bisa memakai secara gotong royong kemampuan berpikir rasional dan kesadaran emosional, untuk memahami perasaan, nilai-nilai, sikap dan pola tingkah laris (Sutarjo, 2012).
2. Kelemahan VCT yang sering terjadi dalam proses pembelajaran nilai atau sikap ialah proses pembelajaran yang dilakukan secara pribadi oleh guru, artinya guru menanamkan nilai-nilai yang dianggapnya baik tanpa memperhatikan nilai yang sudah tertanam dalam diri peserta didik. Akibatnya sering terjadi konflik dalam diri peserta didik alasannya ialah ketidakcocokan antara nilai usang yang sudah terbentuk dengan nilai gres yang ditanamkan oleh guru.
H. Implementasi Pendidikan Nilai Berbasis VCT
Dalam proses pendidikan, Pendidikan Nilai sanggup dianalogikan sebagai darah yang ada dalam badan manusia. Pendidikan ialah badan sedangkan nilai-nilai ialah darahnya. Darah itu harus ada di setiap tubuh, dan ia senantiasa mengalir dalam badan membawa sari-sari makanan yang diharapkan organ-organ badan lainnya dan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan.
Oleh alasannya ialah itu idealnya pendidikan nilai/karakter harus ada pada seluruh mata pelajaran yang diprogramkan oleh forum pendidikan. Setiap guru mempunyai tanggung jawab untuk memberikan Pendidikan Nilai kepada peserta didik.
Djahiri (1996) mengemukakan delapan pendekatan dalam Pendidikan Nilai atau akal pekerti, yaitu 1. Evocation
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik diberi kesempatan dan keleluasaan untuk secara bebas mengekspresikan respon afektifnya terhadap stimulus yang diterimanya,
2.Inculcation
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mendapatkan stimulus yang diarahkan menuju kondisi siap.
3.Moral Reasoning
Pendekatan yang dilakukan guru biar terjadi transaksi intelektual taksonomik tinggi dalam mencari pemecahan suatu masalah.
4.Value clarification
Pendekatan yang dilakukan guru melalui stimulus terarah biar siswa diajak mencari kejelasan isi pesan keharusan nilai moral.
5.Value Analyisis
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik termotivasi untuk melaksanakan analisis nilai moral,
6.Moral Awareness
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mendapatkan stimulus dan dibangkitkan kesadarannya akan nilai tertentu.
7.Commitment Approach
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik semenjak awal diajak menyepakati adanya suatu pola pikir dalam proses pendidikan nilai.
8.Union Approach
Pendekatan yang dilakukan guru biar peserta didik mau untuk melaksanakan secara riil dalam suatu kehidupan.
Dalam Pembelajaran VCT guru sebaiknya mempersiapkan lembar kerja untuk diberikan kepada peserta didik sehingga peserta didik menentukan nilai ke dalam lembar kerja yang diberikan guru secara individu maupun berkelompok. Hal ini bertujuan biar timbul sikap saling menghargai pendapat orang lain, pantang menyerah, saling membantu dll dalam diri siswa.
Langkah-langkah implementasi pendidikan nilai dalam pembelajaran antara lain:
1. Spiritual untuk meletakkan nilai-nilai etik dan moral serta religiusitas sebagai dasar dan arah pengembangan sains. Character based approach perlu diterapkan pada pembelajaran Akidah Akhlak. Artinya tidak ada kesenjangan yang memisahkan antara mata pelajaran yang bermuatan materi umum dengan mata pelajaran bermuatan agama;
2. Akademis untuk memperlihatkan kaidah-kaidah normatif yang harus dipatuhi dalam menggali dan berbagi ilmu;
3. Mondial untuk menyadarkan bahwa siapapun pada masa depan harus siap mengadaptasi diri dengan perubahan dalam mengatasi masalah yang dihadapi. (Qiqi dan Rusdiana, (2014:73)
Pendidikan nilai yang diberikan merupakan proses bimbingan melalui suri tauladan, pendidikan yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang di dalamnya meliputi nilai agama, budaya, etika, dan estetika menuju pembentukan pribadi peserta didik yang mempunyai kecerdasan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang utuh, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, dan negara.
Adisusilo, Sutarjo (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ekasari Dyah Kartika. (2013) Pengaruh Value Clarification Technique (teknik klarifikasi nilai) Terhadap Materi Perilaku Harga Diri Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Tunarungu Kelas III SLB Siti Hajar Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus.
Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Vct"
Posting Komentar