✔ Perkembangbiakan Vegetatif Alami Dan Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan Vegetatif - Cara untuk memperbanyak flora salah satu caranya yaitu dengan cara vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif merupakan perkembangbiakkan makhluk hidup tanpa disertai pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina atau tidak adanya perkawinan. Perkembangbiakan vegetatif sanggup dilakukan dengan 2 cara yakni vegetatif alami dan vegetatif buatan.


1. Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif alami ialah perkembangbiakan yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Perkembangbiakan vegetatif alami terdiri dari membelah diri, spora, akar tinggal, umbi lapis, umbi batang, geragih, tunas.

a. Perkembangbiakan membelah diri sanggup terjadi pada flora tingkat rendah. Tumbuhan ini tidak mempunyai batang, flora ini cuma terdapat daun dan juga akar saja. Contoh flora yang berkembang biak dengan membelah diri ialah ganggang hijau.

b. Perkembangbiakan dengan spora sanggup terjadi pada jamur dan paku. Spora sendiri berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Spora dibuat dan disimpan pada kotak yang sering disebut dengan SPORANGIUM. Jika spora ini jatuh pada kawasan yang lembab maka akan tumbuh hifa baru. Sedangkan hifa yang bercabang disebut dengan RIZOID. Rizoid yang menempel pada kawasan yang cocok atau lembab maka akan tumbuh jamur yang baru.

c. Perkembangbiakan akar tinggal merupakan perkembangbiakan yang terjadi pada batang yang tertinggal didalam tanah. Batang tersebut berbentuk beruas-ruas serta tumbuh mendatar dan tiap ruasnya akan tumbuh akar. Di tiap-tiap tunas akan tumbuh flora yang baru. Contoh dari perkembangbiakan akar tinggal ini ialah Jahe, kunyit, temu lawak, lengkuas.

d. Umbi lapis merupakan umbi yang berbentuk berlapis-lapis. Pada atas umbi lapis tumbuh daun yang memanjang sedangkan pada serpihan bawah umbi terdiri dari cakram dan akar serabut. Contoh dari tumbuhan yang mempunyai pekembangbiakan umbi lapis yakni bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.

e. Umbi akar merupakan bentuk dari akar yang membesar yang berisi cadangan masakan suatu tumbuhan. Jika umbi ini ditanam bersam batangnya akan tumbuh tunas baru, tunas tersebut akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang mempunyai umbi akar ialah umbi akar, wortel, dahlia, lobak, dan singkong.

f. Umbi batang merupakan batang yang tumbuh membesar yang tejadi didalam tanah yang membentuk umbi. Pada permukaan umbi batang akan terlihat ada sisik dan tumbuh mata tunas. Mata tunas tersebut sanggup terlihat terperinci bila ditempatkan ditempat yang lembab beberapa hari. Contoh dari umbi batang ini ialah umbi jalar dan kentang.

g. Perkembang biakan tunas merupakan perkembangbiakkan yang terjadi pada batang yang berada didalam tanah. Tunas muda akan tumbuh disekitar batang induknya dan akan membentuk rumpun. Perkembangbiakan tunas ini tergantung dari induknya, walaupun induknya ditebang tunas ini akan tumbuh terus menerus. Contoh tumbuhan yang perkembangbiakan dengan tunas ialah pisang, tebu dan bambu.

h. Perkembangbiakan tunas adventif merupakan perkembang biakan yang terjadi buakan di batang ataupun diketiak daun namun tunas ini akan tumbuh pada serpihan flora yang tidak bertunas. Hal ini sanggup terjadi pada serpihan akar dan serpihan daunnya. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif ialah cocor bebek, pohon sukun, cemara, kersen ( talok ).

2. Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Vegetatif buatan merupakan perkembangbiakan yang terjadi atas campur tangan manusia. Berikut ialah perkembangbiakan vegetatif buatan :

a. Cangkok

Perkembangbiakan dengan cara mencangkok dilakukan dengan cara mengupas kulit dari batang pohon. KKulit yang dikupas harus higienis dari kambium pohon tersebut supaya proses mencangkok nanti berhasil. Kemudian sehabis kulit dikupas pada serpihan kupasan tadi ditutup dengan tanah yang dibungkus dengan plastik atau sabut kelapa. Contoh tumbuhan yang sanggup dicangkok ialah pohon jambu, pohon jeruk, pohon mangga dan pohon yang mempunyai kambium.

b. Setek batang

Perkembangbikan dengan cara setek batang sanggup dilakukan pada batang yang sudah berumur bau tanah dan mempunyai ruas. Batang yang sudah bau tanah dipotong lalu ditanam pada tanah yang subur dan gembur. Contoh tumbuhan yang sanggup di lakukan setek batang ialah tebu, ketela pohon, jambu air, dan sirih

c. Setek daun

perkembangbiakan setek daun sanggup dilakukan dengan cara mengambil daunnya lalu melatakkanya pada permukaan tanah. Pada serpihan pinggir daun akan tumbuh tunas gres dan membentuk tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang sanggup dilakukan setek daun ialah tumbuhan begonia.

d. Okulasi atau Menempel

Perkembangbiakan dengan cara okulasi merupakan menempelkan mata tunas pohon yang masih sejenis hal ini dilakukan supaya tumbuhan tersebut cepat berbuah. Kita ambil pola saja pada tumbuhan mangga, tumbuhan mangga yang masih muda akan usang berbuah bila kita mengambil mata tunas dari tumbuhan mangga lain yang sudah pernah berbuah maka yang terjadi ialah tumbuhan gres ini walau masih kecil akan berbuah. Contoh tumbuhan yang biasa dilakukan okulasi ialah pohon mangga, Avokad, belimbing, durian.

e. Merunduk

Perkembangbiakan merunduk merupakan perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara membengkokkan cabang pohon ke tanah lalu menimbunnya hingga mengeleluarkan akar gres dan sehabis itu barulah sanggup kita ambil tunas yang baru. Contoh tumbuhan yang perkembangbiakan denga cara merunduk ialah melati, apel, dan alamanda.

Demikianlah gosip tentang Perkembangbiakan Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan yang sanggup sampaikan. Semoga dengan gosip ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan kita pada perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan.


Artikel terkait :

perkembangbiakkan vegetatif
perkembangbiakan vegetatif
perkembangbiakan vegetatif buatan sanggup dilakukan dengan
perkembangbiakan vegetatif buatan
perkembangbiakan vegetatif alami
perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan
perkembangbiakan vegetatif dan generatif
perkembangbiakkan vegetatif buatan sanggup dilakukan dengan
perkembangbiakkan vegetatif dan generatif
perkembangbiakkan vegetatif pada tumbuhan

Belum ada Komentar untuk "✔ Perkembangbiakan Vegetatif Alami Dan Vegetatif Buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel