✔ Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat

purwomp - Burung cucak ijo yang selama ini dipelihara merupakan kebanyakan burung tangkapan alam (hutan). Kita tahunya burung sudah berkicau anggun dan mengikuti keadaan dengan baik dilingkungannya. Untuk mendapat burung yang sudah jinak dan mapan serta sudah berkicau itu harus dilakukan proses yang cukup lama.


Burung tangkapan hutan itu burung yang masih giras dan liar ketika kita dekati. Karena burung tersebut belum mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya. Untuk melaksanakan penjinakan burung cucak ijo yang masih liar perlu dilakukan secara bertahap. Adapun upaya untuk menjinakan cucak ijo dengan lingkungan sekitar berikut langkah-langkahnya :

  • Masukkan burung yang masih liar ke sangkar dengan ukuran 40 x 40 x 60 dan mempunyai ruji yang halus untuk menghindari burung luka.
  • Untuk awal-awal jauhkan terlebih dahulu burung dari kemudian lalang manusia.
  • Disaat burung sudah sedikit mengikuti keadaan dengan lingkungan, barulah sangkar ditaruh ditempat yang sedikit ramai atau daerah yang biasa dilalui oleh orang.
  • Mandikan burung pada pukul antara jam 07.00 - 09.00 dengan cara disemprot. Cara ini dilakukan biar burung cepat jinak. Semprot burung dengan berair kuyup
  • Saat penjemuran sehabis mandi tempatkan sangkar dibawah saja sambil diawasi dari serangan predator.
  • Jika burung sudah mau menata bulu (didis = bahasa jawa ) berarti burung menunjukan sudah penyesuaian dengan lingkungan sekitar.
  • Lakukan dukungan jangkrik dengan cara pakai lidi kalau burung mau menyambar maka dalam dukungan JK usahakan setiap hari diperpendek lidinya bertahap usang kelamaan nanti cuma pakai tangan saja.
  • Lakukan hal tersebut diatas secara bertahap. Jika burung ketika didekati masih kelabakan maka gantung sangkar ditempat sepi dahulu.
Sebenarnya burung cucak ijo merupakan burung yang bisa mengikuti keadaan dengan lingkungannya dengan cepat. Dalam proses penjinakan terkadang tidak membutuhkan waktu yang lama. Pada proses penjinakan cucak ijo yang terpenting yaitu kita rutin dalam memandikannya.

Agar proses penjinakan dengan cara memandikan, alangkah baiknya pemandian waktu sore hari sekitar jam 15.00 - 18.00. Kemudian sehabis mandi diangin-anginkan didepan rumah atau teras rumah. Setelah bulu agak kering sodorkan jangkrik kalau belum mau nyambar taruh saja pada cepuk pakan.

Demikian isu perihal Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat. Semoga isu ini bermanfaat serta sanggup menambah wawasan kita dalam memelihara burung cucak ijo bakalan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel