✔ Olimpiade Nasional Penemuan Pembelajaran (Onip) Matematika 2019

 PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran  ✔ Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2019
Kabar Gembira,
PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2019. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan tahun ini yang ke tujuh kalinya. 
 PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran  ✔ Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2019

Sebagai seorang guru, tentu harus selalu melaksanakan penemuan dalam pembelajaran, guna meningkatkan hasil berguru akseptor didik. Kemajuan teknologi ketika ini sanggup memudahkan guru dalam berinovasi. Dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi, maka penyelenggaraan ONIP Tahun 2019 berfokus pada 8 kategori berikut!
  1. e -Learning (termasuk Mobile Learning)
  2. Pembelajaran STEM
  3. Pemanfaatan komputasi awan (Cloud Computing) untuk pembelajaran
  4. Augmented Reality dan Virtual Reality
  5. Teknologi pemodelan 3-Dimensi.
  6. Game berbasis TIK
  7. Kecerdasan buatan
  8. Pembelajaran berbasis TIK lainnya.
Penerimaan karya penemuan dan registrasi dimulai dari bulan 1 Mei s.d 31 Agustus 2019. 30 akseptor terbaik akan diundang untuk presentasi dan simulasi karya penemuan di PPPPTK Matematika pada bulan Oktober 2019.

Ketentuan Karya/Produk Inovasi
Karya penemuan yang diikutkan dalam ONIP 2019 yaitu karya yang dibentuk oleh guru dengan ketentuan:
  1. Hasil karya asli, milik sendiri (individu maupun tim), bukan plagiasi.
  2. Belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat nasional atau internasional.
  3. Dibuat dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.
  4. Setiap akseptor boleh mengirimkan lebih dari 1 karya, namun hanya 1 karya yang akan dipresentasikan di dalam proses seleksi selanjutnya. Jika ada lebih dari 1 karya yang dinyatakan lolos seleksi awal, maka akseptor harus menentukan 1 karya saja yang dipresentasikan dalam tahap prersentasi produk (babak final).
  5. Merupakan karya inovatif, yaitu hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi. Jika berupa karya modifikasi, wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi, serta dari mana asal produk orisinil sebagai dasar pengembangan.
  6. Karya penemuan yang dibentuk harus mendukung pembelajaran bahan matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
  7. Khusus untuk produk penemuan yang merupakan hasil karya tim (bukan individu), maka hanya dibatasi 1 orang yang mewakili tim untuk presentasi di babak final.
Kelengkapan Produk dan Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran produk/karya penemuan dilakukan dengan mengisi Form Online Pendaftaran ONIP 2019 serta mengirimkan kelengkapan produk. Kelengkapan produk penemuan terdiri dari:
  1. Gambaran Singkat Produk
  2. Laporan Pengembangan Produk
  3. File hasil scan surat pernyataan keaslian karya penemuan serta pernyataan belum pernah menang dalam suatu kompetisi (format terlampir)
  4. File hasil scan legalisasi dan ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
  5. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa memakai produk dan simulasi penggunaan produk penemuan yang didaftarkan
  6. RPP dengan memakai produk penemuan tersebut
Produk penemuan dan kelengkapannya dikirimkan kepada panitia seleksi dengan cara diunggah di cloud milik peserta, dan akseptor membagikannya tautan/link-nya kepada panitia seleksi melalui warta di file “Gambaran Singkat Produk”. Kelengkapan di atas juga harus diunggah di form registrasi online.

Gambaran singkat produk paling tidak berisi: 1) deskripsi singkat produk dan kategori produk, 2) alamat url/cloud kawasan produk sanggup diakses/diunduh. Jika produk berupa e-learning, maka harus diinformasikan cara login (username dan password) terhadap peran-peran di e-learning tersebut (misalnya login sebagai guru dan login sebagai siswa). Agar penilai sanggup mencoba memakai e-learning tersebut. Jika produk berupa aplikasi, maka disertakan alamat di mana aplikasi sanggup diunduh.

Laporan pengembangan produk ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah yang lazim. Laporan pengembangan produk paling tidak harus berisi: 1) latar belakang keilmuan (matematika dan pendidikan matematika) yang mendasari pengembangan produk, 2) Informasi mekanisme ilmiah pengembangan produk. Misalnya jikalau dikembangkan dengan penelitian pengembangan (R&D) maka sanggup memakai ADDIE, 4D, R2D2, Model Kemp dan sejenisnya.

Tahapan Seleksi dan Tanggal Penting
Apabila ada pertanyaan, atau ada yang belum terang sanggup menghubungi panitia penyelenggara melalui kontak berikut:
  1. email: onip@p4tkmatematika.org
  2. narahubung: Tika (085927484086)
Bagi Sahabat Guru Kelas SD atau Guru Matematika sanggup menyiapkan karyanya dan diikutkan dalam ajang ini. Demikian yang sanggup kami bagikan, supaya bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Olimpiade Nasional Penemuan Pembelajaran (Onip) Matematika 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel