✔ Langkah-Langkah Perencanaan Penilaian Pembelajaran
Untuk mengukur kualitas pembelajaran, guru sanggup menunjukkan penilaian kepada siswa. Namun sebelum melaksanakan evaluasi, guru perlu merencanakannya. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam merencanakan penilaian untuk mengetahui hasil berguru siswa?
Berikut langkah-langkahnya.
- Menentukan tujuan evaluasi: untuk menilai proses pembelajaran (formatif) atau untuk memilih keberhasilan penerima didik dalam menyerap bahan (sumatif) atau untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran (diagnostik).
- Mengidentifikasi Kompetensi Dasar: Guru memilih Kompetensi Dasar yang akan dinilai.
- Menyusun Kisi-kisi Soal: Kisi-kisi soal harus mewakili kurikulum sebagai sampel dari hal yang akan dinilai oleh guru, komponen soal harus terperinci serta gampang dipahami, soal hendaknya dibentuk sesuai indikator soal.
- Mengembangkan Draf Instrumen: Instrumen penilaian sanggup disusun dalam bentuk nontes atau tes.
- Menguji Validitas Soal: validasi soal harus diuji coba di lapangan untuk mengukur sejauh mana kualitas soal yang telah dibuat.
- Membuat Soal: Setelah melaksanakan uji coba soal, maka guru perlu melaksanakan revisi sesuai tingkat proporsi, memperbaiki aspek bahasa, mengubah item soal, bahkan membuang soal yang dianggap tidak perlu, lalu menciptakan soal.
![]() |
Contoh Format Kisi-kisi Soal (unduh) |
Demikian yang sanggup kami bagikan, smeoga bermanfaat dalam merencanakan penilaian hasil berguru siswa.
Salam edukasi.
Sumber: Atmaja, Nanda Pramana. 2016. Evaluasi Belajar-Mengajar. DIVA Press: Yogyakarta.
Belum ada Komentar untuk "✔ Langkah-Langkah Perencanaan Penilaian Pembelajaran"
Posting Komentar