✔ Langkah-Langkah Perencanaan Penilaian Pembelajaran
Untuk mengukur kualitas pembelajaran, guru sanggup menunjukkan penilaian kepada siswa. Namun sebelum melaksanakan evaluasi, guru perlu merencanakannya. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam merencanakan penilaian untuk mengetahui hasil berguru siswa?
Berikut langkah-langkahnya.
- Menentukan tujuan evaluasi: untuk menilai proses pembelajaran (formatif) atau untuk memilih keberhasilan penerima didik dalam menyerap bahan (sumatif) atau untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran (diagnostik).
- Mengidentifikasi Kompetensi Dasar: Guru memilih Kompetensi Dasar yang akan dinilai.
- Menyusun Kisi-kisi Soal: Kisi-kisi soal harus mewakili kurikulum sebagai sampel dari hal yang akan dinilai oleh guru, komponen soal harus terperinci serta gampang dipahami, soal hendaknya dibentuk sesuai indikator soal.
- Mengembangkan Draf Instrumen: Instrumen penilaian sanggup disusun dalam bentuk nontes atau tes.
- Menguji Validitas Soal: validasi soal harus diuji coba di lapangan untuk mengukur sejauh mana kualitas soal yang telah dibuat.
- Membuat Soal: Setelah melaksanakan uji coba soal, maka guru perlu melaksanakan revisi sesuai tingkat proporsi, memperbaiki aspek bahasa, mengubah item soal, bahkan membuang soal yang dianggap tidak perlu, lalu menciptakan soal.
Contoh Format Kisi-kisi Soal (unduh) |
Demikian yang sanggup kami bagikan, smeoga bermanfaat dalam merencanakan penilaian hasil berguru siswa.
Salam edukasi.
Sumber: Atmaja, Nanda Pramana. 2016. Evaluasi Belajar-Mengajar. DIVA Press: Yogyakarta.
Belum ada Komentar untuk "✔ Langkah-Langkah Perencanaan Penilaian Pembelajaran"
Posting Komentar