✔ Cegah Efek Radikalisme Bagi Calon Asn, Pemerintah Gulirkan 2 Mekanisme


Bima Haria Wibisana mengikuti Rapat Koordinasi Penguatan Wawasan Kebangsaan ASN, Kamis, (24/10/2019), di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN & RB). Rapat tersebut dihadiri perwakilan dari sejumlah instansi di antaranya Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian PAN & RB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kepala BKN menyampaikan bahwa untuk mencegah radikalisme di kalangan ASN ada beberapa pendekatan yang harus dilakukan : 
Pertama, menyusun prosedur untuk menyaring calon ASN gres yang ingin masuk birokrasi semoga tidak ada ASN gres antiPancasila dan antiNKRI.

Kedua, untuk ASN yang sudah ada di dalam birokrasi akan dilakukan soft approach atau pendekatan lunak menyerupai mengimbau ASN untuk bijak memakai media umum dengan bersikap loyal terhadap Pancasila dan NKRI. Sementara terhadap ASN yang telah terpapar radikalisme, kami akan mencoba menderadikalisasikan semoga mereka dapat kembali setia kepada Pancasila dan NKRI,pungkasnya.

Bima juga menambahkan seleksi ASN akan dilakukan dengan sejumlah metode pencegahan radikalisme di antaranya profiling dan wawancara yang akan dilakukan masing-masing panitia seleksi instansi.Panitia seleksi calon ASN setiap instansi akan dibekali dengan training penanganan terhadap radikalisme, ujaran kebencian dan antiPancasila serta antiNKRI,imbuhnya.

Pemateri utama dalam rapat ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius menyatakan bahwa ketika ini radikalisme telah menyebar di sejumlah institusi. Suhardi mengimbau semoga ditingkatkannya sinergi secara internal dan berkelanjutan guna menekan potensi bahaya infiltrasi radikalisme ke dalam institusi. Rapat dilanjutkan dengan pembahasan tugas-tugas yang akan diemban oleh Task Force Penanganan Radikalisme ASN, salah satunya bertugas men-screening kecenderungan radikalisasi yang terjadi di instansi-instansi.

Sumber : bkn.go.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Cegah Efek Radikalisme Bagi Calon Asn, Pemerintah Gulirkan 2 Mekanisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel