✔ 14 Modul Diklat Penguatan Kepala Sekolah


Modul penguatan kepala sekolah merupakan modul yang harus dipelajari oleh kepala sekolah selama mengikuti acara penguatan kepala sekolah. Sesuai dengan amanat permendikbud nomor 6 tahun 2018, kepala sekolah wajib mempunyai Sertifikat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). Namun faktanya, banyak kepala sekolah yang belum mempunyai sertifikat tersebut. Hal ini yang menjadi salah satu latar belakang dilaksanakan acara penguatan kepala sekolah.

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui pemberian materi penguatan kepala sekolah sehingga mereka bisa berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya yakni membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.

Kepemimpinan kurun 21 bagi kepala sekolah sanggup dilakukan dengan beberapa strategi. 
Pertama, kepala sekolah harus bisa melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi kasus di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi kepala sekolah yakni pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, akseptor didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menuntaskan duduk kasus sekolah. 
Kedua, kepala sekolah dalam kiprahnya sebagai supervisor harus bisa berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melakukan pembelajaran kurun 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). 
Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan kurun 21 harus bisa mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bahu-membahu mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri 4.0. 
Keempat, kepala sekolah harus memperlihatkan proteksi semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan akseptor didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.

Modul Penguatan Kepala Sekolah ini berisi panduan sekaligus salah satu tumpuan yang sanggup dipakai untuk memandu kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi dan profesinya pada pelaksanaan pembinaan penguatan kepala sekolah sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan kepala sekolah. Saya mengapresiasi upaya semua pihak sehingga modul pembinaan penguatan kepala sekolah ini sanggup terselesaikan. Modul ini terbuka untuk mendapat koreksi dan masukan-masukan konstruktif sebagai penyempurnaan di masa yang akan datang.

Ada 14 modul penguatan yang harus dipelajari oleh kepala sekolah. Modul tersebut bisa di downlod melalui link berikut.

Sumber : https://kelasguru.com

Belum ada Komentar untuk "✔ 14 Modul Diklat Penguatan Kepala Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel