✔ Kegiatan Pengawasan, Supervisi Dan Penilaian
Pengawasan, supervisi dan pelaporan yaitu tiga acara yang harus dikelola oleh kepala sekolah yang berkaitan dengan fungsi manajemen. Tiga acara tersebut yaitu monitoring yaitu acara memantau mulai dari jadwal yang disusun, proses pelaksanaan jadwal apakah terealisasi berdasarkan semestinya .
Monitoring dilakukan seorang kepala sekolah mulai dari awal hingga simpulan atau selesainya program. Agar acara tersebut sanggup terealisasi maka kepala sekolah perlu merencanakan acara monitoring dan menyusun instrumennya.
Supervisi pada pada dasarnya yaitu santunan propfesional yang diberikan kepala sekolah kepada guru supaya guru sanggup melakukan tugasnya sebaik-baiknya khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran. Supervisi yang baik harus sanggup memberi efek perbaikan terhadap profesionalisme guru, motivasi dan menyebabkan pembelajaran tertib(pengawasan).
Evaluasi dan pelaporan serta tindak lanjutnya yaitu acara yang ke tiga yang harus dilakukan kepala sekolah untuk melihat apakah sasaran yang direncanakan sudah berhasil atau belum, jikalau belum apa faktor penyebab yang harus diperbaiki dan jikalau sudah tercapai sasaran bagaimana mempertahankan dan meningkatkannya. Hasil-hasil yang dicapai tersebut dilaporkan tentunya harus berdasarkan data, kemudian dipikirkan / direncanakan tindak lanjutnya.
Agar ketiga acara pengawasan, supervisi dan penilaian sanggup terealisasi maka langkah pertama yang harus dilakukan kepala sekolah yaitu menciptakan jadwal dari masing-masing kegiatan. Apabila ketiga acara tersebut disusun dalam sebuah jadwal maka disebut Program Supervisi dan Evaluasi dengan susunan sebagai berikut:
Contoh: Format Program Pengawasan, Supervisi dan Evaluasi
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Landasan Hukum
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II.PEMANTAUAN MONITORING
A. Proses Monitoring
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
B. Teknik Monitoring
C. Instrumen Monitoring
BAB. III .PELAKSANAAN SUPERVISI
A. Teknik Supervisi
1. Kunjungan kelas
2. Observasi kelas
3. Pertemuan individual
4. Kunjungan antar kelas
5. Menilai diri sendiri
B. Supervisor, Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan
1. Tim Supervisor
2. Sasaran Kegiatan
3. Instrumen Supervisi
4. Jadwal Pelaksanaan
BAB. IV. EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A. Evaluasi
1. Evaluasi Kegiatan Pembelajaran
2. Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler
3. Dan lain-lain
B. Pelaporan
C. Tindak Lanjut
BAB V. PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Saran
Lampiran :
1. Instrumen pemantauan
2. Jadwal supervisi
3 . Instrumen penilain RPP
4. Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
5. Pelaporan
Format di atas yaitu sebuah alternatif yang sanggup dikembangkan sesuai keperluan dan kondisi sekolah masing-masing. Apabila dibentuk secara terpisah, contohnya jadwal Monev saja maka sanggup memakai format berikut:
Contoh Format Program Pengawasan/Monitoring
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Landasan Hukum
C.Tujuan
D.Manfaat
BAB II. PELAKSANAAN MONEV
A. Sasaran Monev
B. Dasar Penugasan
C. Petugas Monev
D. Alur Kegiatan Dan Jadwal
E. Responden
F. Instrumen Yang di Gunakan
BAB III. PENUTUP
A.Hasil Monev
B. Pembahasan
Lampiran :
1. Instrumen pemantauan
2. Dokumentasi
Demikian juga untuk jadwal pelaksanaan supervisi sanggup dibentuk tersendiri, formatnya tidak jauh dengan format jadwal monitoring dan bersifat fleksibel sanggup dikembangkan yang penting terlihat substansi yang harus dikerjakan. Semoga semua sekolah mempunyai jadwal pengawasan/monitoring, supervisi sehingga manajemen sekolah semakin tertib.
Monitoring dilakukan seorang kepala sekolah mulai dari awal hingga simpulan atau selesainya program. Agar acara tersebut sanggup terealisasi maka kepala sekolah perlu merencanakan acara monitoring dan menyusun instrumennya.
Supervisi pada pada dasarnya yaitu santunan propfesional yang diberikan kepala sekolah kepada guru supaya guru sanggup melakukan tugasnya sebaik-baiknya khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran. Supervisi yang baik harus sanggup memberi efek perbaikan terhadap profesionalisme guru, motivasi dan menyebabkan pembelajaran tertib(pengawasan).
Evaluasi dan pelaporan serta tindak lanjutnya yaitu acara yang ke tiga yang harus dilakukan kepala sekolah untuk melihat apakah sasaran yang direncanakan sudah berhasil atau belum, jikalau belum apa faktor penyebab yang harus diperbaiki dan jikalau sudah tercapai sasaran bagaimana mempertahankan dan meningkatkannya. Hasil-hasil yang dicapai tersebut dilaporkan tentunya harus berdasarkan data, kemudian dipikirkan / direncanakan tindak lanjutnya.
Agar ketiga acara pengawasan, supervisi dan penilaian sanggup terealisasi maka langkah pertama yang harus dilakukan kepala sekolah yaitu menciptakan jadwal dari masing-masing kegiatan. Apabila ketiga acara tersebut disusun dalam sebuah jadwal maka disebut Program Supervisi dan Evaluasi dengan susunan sebagai berikut:
Contoh: Format Program Pengawasan, Supervisi dan Evaluasi
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Landasan Hukum
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II.PEMANTAUAN MONITORING
A. Proses Monitoring
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
B. Teknik Monitoring
C. Instrumen Monitoring
BAB. III .PELAKSANAAN SUPERVISI
A. Teknik Supervisi
1. Kunjungan kelas
2. Observasi kelas
3. Pertemuan individual
4. Kunjungan antar kelas
5. Menilai diri sendiri
B. Supervisor, Sasaran dan Jadwal Pelaksanaan
1. Tim Supervisor
2. Sasaran Kegiatan
3. Instrumen Supervisi
4. Jadwal Pelaksanaan
BAB. IV. EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT
A. Evaluasi
1. Evaluasi Kegiatan Pembelajaran
2. Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler
3. Dan lain-lain
B. Pelaporan
C. Tindak Lanjut
BAB V. PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Saran
Lampiran :
1. Instrumen pemantauan
2. Jadwal supervisi
3 . Instrumen penilain RPP
4. Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
5. Pelaporan
Format di atas yaitu sebuah alternatif yang sanggup dikembangkan sesuai keperluan dan kondisi sekolah masing-masing. Apabila dibentuk secara terpisah, contohnya jadwal Monev saja maka sanggup memakai format berikut:
Contoh Format Program Pengawasan/Monitoring
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Landasan Hukum
C.Tujuan
D.Manfaat
BAB II. PELAKSANAAN MONEV
A. Sasaran Monev
B. Dasar Penugasan
C. Petugas Monev
D. Alur Kegiatan Dan Jadwal
E. Responden
F. Instrumen Yang di Gunakan
BAB III. PENUTUP
A.Hasil Monev
B. Pembahasan
Lampiran :
1. Instrumen pemantauan
2. Dokumentasi
Demikian juga untuk jadwal pelaksanaan supervisi sanggup dibentuk tersendiri, formatnya tidak jauh dengan format jadwal monitoring dan bersifat fleksibel sanggup dikembangkan yang penting terlihat substansi yang harus dikerjakan. Semoga semua sekolah mempunyai jadwal pengawasan/monitoring, supervisi sehingga manajemen sekolah semakin tertib.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kegiatan Pengawasan, Supervisi Dan Penilaian"
Posting Komentar