✔ Tanya Jawab Seputar Alat Peraga Sebagai Karya Inovatif
Dalam pengumpulan angka kredit guru khususnya terkait dengan publikasi ilmiah dan karya inovatif, masih banyak guru yang hanya bertumpu pada jenis publikasi ilmiah sehingga mereka sulit mendapat angka kredit pada hal, guru sanggup menciptakan karya inovatif yang lebih sederhana yaitu alat peraga dan alat pelajaran.
Dengan banyak pertanyaan guru terkait dengan karya inovatif ini maka penulis menciptakan dalam bentuk tanya jawab yang dimulai dari jenis alat peraga menyerupai di bawah ini:
Dengan banyak pertanyaan guru terkait dengan karya inovatif ini maka penulis menciptakan dalam bentuk tanya jawab yang dimulai dari jenis alat peraga menyerupai di bawah ini:
1. Apa yang disebut Alat Peraga itu?
Alat peraga ialah alat yang dipakai untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan.
2. Bagaimana kriteria alat peraga yang sanggup dinilai?
Berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang diper- gunakan dalam proses pembelajaran/bimbingan. Pelaksanaan proses pembelajaran/bimbingan menjadi lebih terang dan lebih efektif.
Alat peraga tersebut mempunyai ciri yaitu: memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat, ada unsur modifikasi/inovasi kalau sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah tersebut.
Alat peraga dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat penemuan yang tinggi;tingkat kesulitan pembuatannya tinggi;memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi, mempunyai tingkat modifikasi yang tinggi;waktu pembuatannya relatif lama, danbiaya pembuatannya relatif tinggi.
Alat peraga dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat penemuan yang rendah;tingkat kesulitan pembuatannya yang rendah;memiliki konstruksi atau alur kerja yang tidak rumit atau apabila berupa hasil modifi- kasi, mempunyai tingkat modifikasi yang rendah;waktu pembuatannya relatif pendek; danbiaya pembuatannya relatif rendah.
Berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang diper- gunakan dalam proses pembelajaran/bimbingan. Pelaksanaan proses pembelajaran/bimbingan menjadi lebih terang dan lebih efektif.
Alat peraga tersebut mempunyai ciri yaitu: memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat, ada unsur modifikasi/inovasi kalau sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah tersebut.
Alat peraga dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat penemuan yang tinggi;tingkat kesulitan pembuatannya tinggi;memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi, mempunyai tingkat modifikasi yang tinggi;waktu pembuatannya relatif lama, danbiaya pembuatannya relatif tinggi.
Alat peraga dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria:memiliki tingkat penemuan yang rendah;tingkat kesulitan pembuatannya yang rendah;memiliki konstruksi atau alur kerja yang tidak rumit atau apabila berupa hasil modifi- kasi, mempunyai tingkat modifikasi yang rendah;waktu pembuatannya relatif pendek; danbiaya pembuatannya relatif rendah.
3. Apa saja Jenis alat peraga yang sanggup di buat guru?
a. Poster atau gambar untuk pelajaran
b. Alat permainan pendidikan
c. Model benda atau barang atau alat tertentu
d. Benda cuilan (cutaway object)
e. Film/video pelajaran pendek
f. Gambar animasi komputer, dan
g. Alat peraga lain
a. Poster atau gambar untuk pelajaran
b. Alat permainan pendidikan
c. Model benda atau barang atau alat tertentu
d. Benda cuilan (cutaway object)
e. Film/video pelajaran pendek
f. Gambar animasi komputer, dan
g. Alat peraga lain
4. Bagaimana format laporan pembuatan alat peraga itu?
Format Laporan Pembuatan Alat Peraga sebagai berikut:
Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama sekolah/ lokasi.
Halaman akreditasi oleh kepala sekolah.
Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat peraga ini benar-benar orisinil hasil karya guru bersangkutan.
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar/Foto
Nama Alat Peraga
Tujuan
Manfaat
Rancangan/desain alat peraga (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan materi yang digunakan).
Prosedur pembuatan alat peraga (dilengkapi dengan foto pembuatan)
Penggunaan alat peraga di sekolah/madrasah (dilengkapi dengan foto penggunaan).
Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama sekolah/ lokasi.
Halaman akreditasi oleh kepala sekolah.
Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat peraga ini benar-benar orisinil hasil karya guru bersangkutan.
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar/Foto
Nama Alat Peraga
Tujuan
Manfaat
Rancangan/desain alat peraga (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan materi yang digunakan).
Prosedur pembuatan alat peraga (dilengkapi dengan foto pembuatan)
Penggunaan alat peraga di sekolah/madrasah (dilengkapi dengan foto penggunaan).
5. Apa saja bukti fisik yang disertakan pembuatan alat peraga ?
Bukti Fisik yang harus disertakan untuk mendapat Angka Kredit pembuatan alat peraga itu adalah:
Laporan tertulis perihal cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut kalau alat peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.
Laporan tertulis perihal cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan alat peraga yang dibentuk kalau alat peraga tersebut memungkinkan untuk dikirim.
Lembar pengesahan/pernyataan dari Kepala Sekolah/madrasah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di sekolah/madrasah.
6. Berapa besaran angka kredit pembuatan alat peraga ?
Bukti Fisik yang harus disertakan untuk mendapat Angka Kredit pembuatan alat peraga itu adalah:
Laporan tertulis perihal cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut kalau alat peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.
Laporan tertulis perihal cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan alat peraga yang dibentuk kalau alat peraga tersebut memungkinkan untuk dikirim.
Lembar pengesahan/pernyataan dari Kepala Sekolah/madrasah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di sekolah/madrasah.
6. Berapa besaran angka kredit pembuatan alat peraga ?
Besaran angka kredit pembuatan alat peraga itu ialah sebagai berikut.
Kategori kompleks, diberi angka kredit 2.
Kategori sederhana, diberi angka kredit 1
Angka kredit diberikan setiap kali menghasilkan alat peraga dan sanggup dilakukan oleh perorangan atau tim.
Kategori kompleks, diberi angka kredit 2.
Kategori sederhana, diberi angka kredit 1
Angka kredit diberikan setiap kali menghasilkan alat peraga dan sanggup dilakukan oleh perorangan atau tim.
Dari enam tanggapan pertanyaan di atas, para guru dibutuhkan telah dapat memahami apa yang disebut alat peraga, kriteria sehingga sanggup dinilai angka kreditnya, jenis alat peraga yang sanggup dibentuk guru dan format laporan yang harus disiapkan sebagai bukti fisik.
Angka kredit pembuatan alat peraga kategori kompleks 2 dan sederhana 1. Semoga guru sanggup membuatnya semoga cepat naik pangkat.
Angka kredit pembuatan alat peraga kategori kompleks 2 dan sederhana 1. Semoga guru sanggup membuatnya semoga cepat naik pangkat.
Belum ada Komentar untuk "✔ Tanya Jawab Seputar Alat Peraga Sebagai Karya Inovatif"
Posting Komentar