✔ Rumusan Tujuan Pembelajaran Yang Baik Dan Berkarakter

Perumusan tujuan pembelajaran dilakukan  setelah  guru akibat merumuskan indikator pencapaian dari setiap KD. Perumusan tujuan  pembelajaran yang baik  yang  didalamnya telah tertuang aksara akan memudahkan guru dalam mengelola proses pembelajaran  dan  menanamkan nilai-nilai aksara sehingga sanggup memperlihatkan hasil berguru dan karakter  yang diperlukan dari penerima didik.

Sebaliknya tujuan pembelajaran yang tidak terang atau mengambang sudah dipastikan proses pembelajaran yang dilakukan guru akan liar kesana- kemari tak tentu arah dan penerima didiknya pun tidak mendapat apa-apa. Selain hal tersebut diatas, salah satu tanggungjawab guru dalam proses pembelajaran ialah penguatan pendidikan aksara berbasis kelas, biar hal ini sanggup terealisasi maka  tujuan pembelajaran yang dirumuskan perlu memuat nilai-nilai karakter   yang secara sedikit demi sedikit ditanamkan, ditumbuhkan  dalam setiap pertemuan pembelajaran dengan harapan  kelak  mereka akan menghasilkan buah  manis dalam kehidupan ini .

Secara sederhana Tujuan pembelajaran ialah sasaran atau suasana/kondsi yang akan dilakukan dan diperoleh penerima didik pada ketika proses dan sehabis akibat proses pembelajaran.  Maka dalam tujuan pembelajaran tergambar proses dan hasil. Proses yang dimaksud ialah proses ketika pembelajaran berlansung , dengan apa dan bagaimana mereka belajar. Sedangkan hasil yang dimaksud ialah hasil proses tersebut mendapat apa dan aksara apa ? tentu saja yang didapatkan ialah aspek kompetensi (sikap, pengetahuan dan keterampilan) yang telah dirumuskan guru dalam bentuk indikator.

Maka idealnya dalam merumuskan tujuan pembelajaran  ada dua pertanyaan yang harus dijawab guru; pertama bagaimana penerima didik  melaksanakan proses pembelajaran, dan yang kedua apa yang harus didapatkan penerima didik sehabis akibat proses pembelajaran.

Tujuan pembelajaran yang baik harus sanggup menggambarkan proses yang harus diikuti/dilakukan  dan hasil (target) yang dicapai  dari sisi sikap/karakter, pengetahuan  dan keterampilan penerima didik dalam tiap pertemuan  tatap muka.

Manfaat  tujuan pembelajaran  adalah  sebagai berikut:

1. Memberikan citra proses apa yang harus dilakukan  penerima didik secara individu atau kelompok penerima didik.

2. Menggambarkan sasaran yang harus diperoleh penerima didik sehabis mereka mengikuti proses pembelajaran

3. Sebagai acuan,  arah proses pembelajaran , mengarahkan guru dalam menentukan model/pendekatan/strategi/metode/teknik  dan pemilihan media pembelajaran yang sesuai sehingga proses pembelajaran dan sasaran yang diperlukan sanggup tercapai pada satu kali pertemuan.

4. Lingkup kemampuan yang harus diperoleh penerima didik

Agar tujuan pembelajaran yang  dirumuskan  tersebut sanggup memberi manfaat maka dalam rumusan tujuan pembelajaran harus  memenuhi syarat sebagai berikut:

a. Dirumuskan menurut kompetensi dasar (KD dari KI-3 dan KD dari KI-4) dengan mengaitkan KI-2. Rumusan KI-2 merupakan cermin perwujudan KI-1

b. Menggunakan kata kerja operasional yang sanggup diamati ,  diukur yang  meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan

c. Tergambar proses yang dilakukan dan hasil belajaryang dicapai  penerima didik  secara kolektif

d. Merupakan jabaran dari satu indikator atau beberapa   indikator kompetensi dasar, artinya satu tujuan pembelajaran boleh mewakili satu indikator atau beberapa indikator dan  sebaliknya satu indikator sanggup dijabarkan menjadi beberapa tujuan pembelajaran atau satu indikator diwakili satu tujuan pembelajaran,   hal tersebut sangat tergantung dari karakteristik mata pelajaran dan keluasan materi yang dimuat oleh indikator 

e. Tergambar  karakter/sikap yang harus tanamkan terhadap penerima didik

f. Rumuskan dengan kalimat lengkap , dan dengan ABCD (Audience, Behaviour, Condition, dan Degree) ditambah dengan K = aksara yang diperlukan dari  penerima didik dalam melaksanakan kegiatan. 

A = Audience,  ialah penerima didik  secara  kolektif mengikuti proses pembelajaran.

B = Behavior,  ialah perubahan sikap spesifik yang diperlukan terjadi/dilakukan/dimunculkan  penerima didik  sehabis mengikuti proses pembelajaran. Misalnya , menjelaskan, mendeskripsikan, menentukan dan sebagainya.

C = Condition, yaitu kondisi /prasyarat / keadaan yang harus dipenuhi atau disediakan biar tujuan  pembelajaran tercapai . Misalnya melalui diskusi, dengan tanyajawab, dengan  mengamati , dengan menyimak klarifikasi guru dan sebagainya.

D = Degree , yaitu  ukuran   tingkat / derajat/level / batas minimal yang harus dikuasai /dicapai  penerima didik contohnya , memperlihatkan dua contoh, menuliskan 3 jenis , dan sebagainya.

K = karakter/sikap  yang harus  ditunjukkan penerima didik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Contoh 1 :

Indikator : Melakukan  komunikasi daring asinkron dan sinkron menurut contoh produk

Tujuan pembelajaran :

Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat melakukan  komunikasi daring asinkron dan sinkron menurut contoh produk dengan percaya diri

A = penerima didik

B = sanggup melakukan

C = disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet

D = contoh produk (degree keterampilan)

K = percaya diri (karakter)

Contoh 2:

Indikator : menuliskan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dalam banyak sekali posisi gambar

Tujuan Pembelajaran:

Dengan menyimak klarifikasi guru penerima didik sanggup menuliskan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dalam banyak sekali posisi gambar dengan cermat dan teliti

A= penerima didik

B = teorema pytagoras

C = dengan menyimak

D = banyak sekali posisi gambar

K =  cermat dan teliti

Nah, tujuan pembelajaran ini menjadi contoh bagi guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan cita-cita penerima didik sanggup mencapai menyerupai yang dirumuskan sehingga guru harus berusaha menentukan metode /pendekatan , media yang sesuai dan harus tergambar di langkah-langkah pembelajaran dalam RPP.

Baca juga: Cara Merumuskan Indikator Kompetensi Pembelajaran 

Demikianlah cara merumuskan tujuan pembelajaran , semoga bermanfaat.






Belum ada Komentar untuk "✔ Rumusan Tujuan Pembelajaran Yang Baik Dan Berkarakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel