✔ Referensi Rpp Tiga Komponen Inti

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 wacana peyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang semula terdiri 13 komponen (permendikbud Nomor 22 Tahun 2016) sekarang dibolehkan menjadi 3 komponen yang terdiri dari Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan dan Penilaian Pembelajaran (assessment).

Dalam penyusunan RPP guru melaksanakan dengan prinsip  efektif, efisien dan berorientasi kepada penerima didik.  Hal ini salah satu kebijakan pemerintah dalam hal merdeka belajar. Berikut ini copntoh-contoh RPP dengan tiga komponen.

Conto RPP  Matematika SMA/SMK

Sekolah  : SMA/SMK
Kelas      : X
KD3. 1   : Menganalisis barisan dan deret aritmetik
KD4. 1   : Menyelesaikan duduk masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika

A. Tujuan Pembelajaran:

Setelah berdiskusi dan menggali informasi melalui model pembelajaran discovery learning penerima didik dapat:
  1. Mengidentifikasi sifat/ciri dari barisan aritmetika
  2. Menentukan rumus umum suku ke-n suatu barisan aritmetika
  3. Memecahkan duduk masalah kontekstual dengan memakai konsep barisan bilangan aritmetika
  4. Mengemukakan wangsit terkait duduk masalah barisan aritmetika
  5. Menyusun langkah-langkah dalam menuntaskan duduk masalah konstekstual yang berkaitan dengan barisan aritmetika
B. Pendahuluan:
  1. Pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
  2. Memeriksa kehadiran penerima didik
  3. Menyampaikan warta wacana kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan
  4. Melakukan apersepsi wacana jenis-jenis pola bilangan (pola bilangan genap, ganjil, bilangan segitiga, segi empat, dsb) yang disajikan melalui infokus
C. Kegiatan Inti
Fase I Stimulation stimulasi/pemberian rangsangan)
  1. Peserta didik mengamati salah satu duduk masalah kontekstual yang disajikan guru,seperti teladan berikut: Bayangkan anda seorang penumpang taksi. Anda harusmembayar biaya buka pintu Rp 15.000 dan argo Rp 5.000 /km. Berapa biayataksi yang harus anda bayar apabila telah menempuh jarak 5 km, 10 km dan 50 km?
Fase II Problem statement (identifikasi masalah)
  1. Peserta didik mengidentifikasi duduk masalah dan taktik untuk menuntaskan duduk masalah tersebut dengan banyak sekali cara, menyerupai dengan mencacah
  2. Peserta didik mengemukakan wangsit secara lisan/tulisan dan disampaikan kepada yang lainnya
Fase III Data collection (pengumpulan data)
  1. Melalui Lomba Kompetensi Siswa yang telah disiapkan, penerima didik dipandu untuk memformulasikan sebuah rumus umum dari barisan aritmetika biar lebih gampang dalam menemukan balasan daripada melalui proses mencacah
  2. Peserta didik sanggup berdiskusi dengan teman sebangku/kelompoknya menggali warta dari banyak sekali literatur sesuai dengan seluruh permasalahan yang sedang dikaji dalam LKS.
Fase IV Data processing (pengolahan data)
  1. Peserta didik mendiskusikan, mengolah data yang ditemukan, menyusun langkah-langkah penyelesaian dan menuangkannya pada lembar balasan dalam LKS.
Fase V Verification (pembuktian)
  1. Peserta didik melaksanakan verifikasi dan mengevaluasi penyelesaian masalahdengan memakai banyak sekali wangsit (dengan mensubstitusikan nilai variabel yang telah diketahui ke dalam rumus)
  2. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan yang lain menanggapi
Fase VI Generalization (menarik kesimpulan)
  1. Dengan bimbingan guru, penerima didik menciptakan kesimpulan berkaitan dengan bahan barisan aritmetika dan mencatatnya dalam LKS/buku catatan.
D. Penutup:
  1. Guru menyidik hasil pekerjaan seluruh kelompok, menawarkan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai penerima didik
  2. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
  3. Memberikan kiprah untuk memperdalam pemahaman bahan dan menginformasikan bahan yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya
  4. Mengakhiri pembelajaran dengan salam
1. Penilaian sikap

No
Hari/Tgl
Nama
Perikalu
Butir Sikap
Positi
/negatif
Tindak Lanjut















 2. Penilaian pengetahuan : tes tulis, mulut maupun penugasan (boleh dilampirkan)

3.Penilaian keterampilan (boleh dilampirkan)
- Tes kinerja
- Tes proyek
- Tes produk
- Tes fortofolio

Contoh RPP Tiga Komponen Untuk SMP 

Sekolah : SMP
Kelas      : VII
KD. 3.1: Memahami gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*).
KD. 4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional bola besar sederhana dan atau tradisional

A. Tujuan Pembelajaran:

Melalui acara pembelajaran memakai model discovery learning dengan pendekatan saintifik, penerima didik sanggup memahami gerak spesifik dalam permainan bolavoli sederhana dan/atau tradisional, serta penerima didik sanggup mempraktikkan gerak spesifik dalam permainan bolavoli sederhana dan atau tradisional dengan mengedepankan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama selama proses pembelajaran.

B. Pendahuluan:
  1. Mempersilahkan penerima didik untuk memberi salam dan berdo’a;
  2. Mengecek kehadiran;
  3. Mengkondisikan suasana mencar ilmu yang menyenangkan;
  4. Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan memberikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional
  5. Menyampaikan garis besar cakupan bahan permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional;
  6. Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dipakai saat  embahas bahan permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional;
  7. Mengelompokkan penerima didik melalui permainan.
C. Kegiatan Inti:
  1. Pemberian  rangsangan  (Stimulation);  peserta  didik  mengamati secara rinci gerak gerak spesifik permainan bolavoli pada video teknik dasar permainan bolavoli.
  2. Pernyataan/Identifikasi duduk masalah (Problem Statement); setiap penerima didik menyimpulkan hasil pengamatan secara rinci gerak gerak spesifik permainan bolavoli  dengan  mengerjakan  lembar  kerja  (LK)  untuk  menunjukkan, menjelaskan dan mensimulasikan gerak spesifik permainan bolavoli 
  3. Pengumpulan  data  (Data  Collection);  peserta  didik  berdiskusi  secara kelompok untuk saling melengkapi data dalam menunjukkan, menjelaskan dan mensimulasikan gerak spesifik permainan bolavoli.
  4. Pengolahan data (Data Processing); penerima didik mencoba mengikuti dan melatih  gerak  spesifik  permainan  bolavoli  sesuai  video  yang  sudah ditayangkan dan data yang telah diperoleh sebelumnya di dalam kelompok masing-masing.
  5. Pembuktian (Verification), Peserta didik  mengecek  kebenaran dengan melaksanakan gerak spesifik permainan bolavoli dihadapan kelompok lain dan saling menawarkan masukan secara bergantian.
  6. Menarik simpulan / generalisasi (Generalization); penerima didik menyerahkan hasil diskusi kelompok berupa laporan (LK) serta melaksanakan gerak spesifik permainan bolavoli secara sederhana berkelompok dan didokumentasikan permainan bolavoli secara sederhana berkelompok dan didokumentasikan
BACA : DIMENSI PROSES KOGNITIF

D. Penutup:
  1. Peserta didik menyimpulkan kebermanfaatan pembelajaran wacana gerak spesifik permainan bolavoli yang telah dilakukan.
  2. Guru menawarkan refleksi dari pembelajaran dan menginformasikan kepada penerima didik untuk mempelajari bahan yang akan dibahas dipertemuan berikutnya;
  3. Mempersilahkan penerima didik untuk berdo’a dan memberi salam.
1. Penilaian sikap

No
Hari/Tgl
Nama
Perikalu
Butir Sikap
Positi
/negatif
Tindak Lanjut















2. Penilaian pengetahuan: tes tulis, mulut maupun penugasan

3.Penilaian keterampilan :  tes kinerja

Belum ada Komentar untuk "✔ Referensi Rpp Tiga Komponen Inti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel