✔ Metode Pembelajaran Dalam Pendekatan Saintifik

Metode Pembelajaran Dalam Pendekatan Saintifik ✔ Metode Pembelajaran Dalam Pendekatan Saintifik
Metode Pembelajaran Dalam Pendekatan Saintifik


PENDEKATAN SAINTIFIK

Ada lima kegiatan utama di dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, yaitu:

1. Mengamati
Mengamati sanggup dilakukan antara lain melalui kegiatan mencari informasi, melihat, mendengar, membaca, dan atau menyimak. 

2. Menanya
Menanya untuk membangun pengetahuan penerima didik secara faktual, konseptual, dan prosedural, hingga berpikir metakognitif, sanggup dilakukan melalui kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan diskusi kelas. 

3. Mencoba
Mengeksplor/mengumpulkan informasi, atau mencoba untuk meningkatkan keingintahuan penerima didik dalam menyebarkan kreatifitas, sanggup dilakukan melalui membaca, mengamati aktivitas, insiden atau objek tertentu, memperoleh informasi, mengolah data, dan menyajikan akhirnya dalam bentuk tulisan, lisan, atau gambar. 

4. Mengasosiasi  
Mengasosiasi sanggup dilakukan melalui kegiatan menganalisis data, mengelompokan, menciptakan kategori, menyimpulkan, dan memprediksi/mengestimasi.

5. Mengkomunikasikan
Mengomunikasikan yakni sarana untuk memberikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, gambar/sketsa, diagram, atau grafik, sanggup dilakukan melalui presentasi,  membuat laporan, dan/ atau unjuk kerja.

 

MODEL PEMBELAJARAN

Pengertian model pembelajaran yakni bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga selesai yang disajikan secara khas oleh guru. 

Model pembelajaran merupakan bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. 

Ada banyak model pembelajaran dan beberapa yang disarankan di dalam kurikulum 2013 diantaranya adalah:

  •  Inquiry Based Learning
  • Discovery Based Learning
  • Project Based Learning
  • Problem Based Learning                                                                                                                        

1. Inquiry Based Learning

Langkah-langkah atau sintaks nya yakni sebagai berikut:
  • Observasi/Mengamati 
  • Mengajukan pertanyaan 
  • Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban/ mengasosiasi atau melaksanakan penalaran
  • Mengumpulkan data yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan/memprediksi dugaan
  • Merumuskan kesimpulan-kesimpulan menurut data yang telah diolah atau dianalisis, mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya.

2. Discovery Based Learning

Langkah-langkah atau sintaks nya yakni sebagai berikut:
  • Stimulation (memberi stimulus); bacaan, atau gambar, atau situasi, sesuai dengan bahan pembelajaran/topik/tema. 
  • Problem Statement (mengidentifikasi masalah); menemukan permasalahan menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.
  • Data Collecting (mengumpulkan data); mencari dan mengumpulkan data/informasi, melatih ketelitian, akurasi, dan kejujuran, mencari atau merumuskan aneka macam alternatif pemecahan masalah
  • Data Processing (mengolah data); mencoba dan mengeksplorasi pengetahuan konseptualnya,  melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
  • Verification (memferifikasi); mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data, mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, mengasosiasikannya menjadi suatu kesimpulan.
  • Generalization (menyimpulkan); melatih pengetahuan metakognisi penerima didik.

3. Problem Based Learning

Langkah-langkah atau sintaks nya yakni sebagai berikut:

  • Orientasi pada masalah; mengamati problem yang menjadi objek pembelajaran.
  • Pengorganisasian kegiatan pembelajaran; memberikan aneka macam pertanyaan (atau menanya)  terhadap malasalah kajian.
  • Penyelidikan berdikari dan kelompok; melaksanakan percobaan (mencoba) untuk memperoleh data dalam rangka menuntaskan problem yang dikaji.
  • Pengembangan dan Penyajian hasil; mengasosiasi data yang ditemukan dengan aneka macam data lain dari aneka macam sumber. 
  • Analisis dan penilaian proses pemecahan masalah; 

4. Project  Based Learning

Langkah-langkah atau sintaks nya yakni sebagai berikut:

  • Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek; langkah awal supaya penerima didik mengamati lebih dalam  terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
  • Mendesain perencanaan proyek; menyusun perencanaan proyek sanggup melalui percobaan.
  • Menyusun acara sebgai langkah nyata dari sebuah proyek.
  • Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek; mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
  • Menguji hasil;  Fakta dan data dihubungkan dengan aneka macam data lain.
  • Mengevaluasi kegiatan/pengalaman; mengevaluasi kegiatan sebagai pola perbaikan untuk kiprah proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain. 

METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran adalah cara yang dipakai untuk mengimplementasikan planning yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Di dalam kurikulum 2013 disarankan metode pembelajaran dalam kelas diantaranya adalah: 

- Diskusi
- Eksperimen
- Demonstrasi
- Simulasi

Jika semua itu sanggup diimplementasikan dengan benar sesuai yang dibutuhkan maka keseluruhan kompetensi yang meliputi 4 ranah, yaitu kompetensi perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan akan sanggup dicapai oleh penerima didik sesuai dengan tuntutan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).


Belum ada Komentar untuk "✔ Metode Pembelajaran Dalam Pendekatan Saintifik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel