✔ Tutorial Desain Grafis Untuk Anak Sd

 Menggambar yaitu acara yang paling dinanti oleh anak  ✔ Tutorial Desain Grafis Untuk Anak SD

Gurune.net - Menggambar yaitu acara yang paling dinanti oleh anak - anak di SD di kelas. Kita Sebagi seorang guru harus dapat mengarahkan sifat dasar konkret tersebut untuk dapat dikembangkan lebih tidak sekedar menggambar manual semata tapi lebih ke periode kini yaitu berguru Desain Grafis melalui media komputer dan lainya. Kali ini gurune akan sedikit membuatkan bagaimana caranya mengenalkan pembelajar grafis sederhana untuk anak Sekolah Dasar.

Sebelumnya gurune kenalkan dulu sob apa saja yang harus disiapkan. Pertama yang terang laptop atau komputer,software grafis ( Photoshop, CorelDRAW, Inscape, Gimp dll ) dapat didownload dulu sob. Kali ini gurune akan menunjukan pembelajaran Desain grafis untuk anak SD lewat CorelDRAW dulu.CorelDRAW dapat dipakai untuk menciptakan logo, abjad animasi vektor, menciptakan brosur, desain kalender, poster, denah foto, dan hal-hal yang berkaitan dengan desain vektor lainnya. CorelDraw juga menyediakan template khusus yang memudahkan pengguna untuk menciptakan desain tertentu sesuai kebutuhan.

tampilan software corel draw


Sebelum dimulai gurune juga akan memberikan ni istilah - istilah yang harus kita sampaikan kepada anak. Fokus ke Corel Draw ya. Corel yaitu software grafis yang berbasis vector sob apa yang dimaksud dengan vector? menurut yang gurune kutip dari laman tekhnoslogi Gambar vektor yaitu format file grafis menurut ekspresi matematika yang terdiri dari titik (anchor point), garis (line), dan bentuk (shape).Gambar vektor juga punya istilah yang biasa disebut dengan anchor point. Maksudnya anchor point yaitu setiap titik (node) saling dihubungkan untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu. Anchor point tersebut dapat ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalur garisnya untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.Gambar vektor tidak akan blur atau pecah saat diperbesar. Ukuran aslinya akan tetap terjaga tanpa ada penurunan kualitas sedikitpun.

Dalam desain grafis, vektor biasa dipakai untuk membuat:
  • Logo
  • Icon
  • Illustrasi
  • Infografik
  • Font
  • Pattern
  • Element pada halaman website
  • Kartu nama, brosur, poster, dsb
Setelah perkenalanya final yuk kita mulai sob bagaimana si Pembelajaran Desain Grafis Untuk Anak SD yang pas?

Sebab kita mau mengajarkan ke anak yang terang jelas masih pemula kita akan berguru yang gampang dulu saja sob.

Langkah - langkahnya :

Pertama
Jelas buka dulu sofware CorelDRAW nya sob, klik saja dua kali icont yang ada di dekstop laptop atau komputer sahabat yang ada logo corelnya ya.
Kedua
Yang akan kita buat berupa desain kartun beruang ni. maka gunakan Tool Ellipse ada di penggalan kiri sob tu ada misalnya di foto bawah


Ketiga
Buatlah dua elips dari Tool tadi sob. Ellipse Toll lihat misalnya dibawah ini..!

Keempat

Seleksi kedua objek elips tadi dengan cara pencet Shift+kedua objek tadi kemudian lepas dan arahkan kursor ke penggalan atas gunakan Tool Weld untk menggabungkan kedua objek tersebut. ada diatas biasanya sob ada pola gambarnya.




Kelima

Selanjutnya buatlah bundar lagi ada 2 bundar sob satu kecil satu sedang


Keenam 

Warnai bundar yang nomer satu yasob dan lakukan juga seleksi bundar nomer 2  dengan tool fron minus back lokasi toolnya ada di samping weld yang tadi yasob.Selanjynya buat penggalan muka sob sistemnya sama tuk setengah bundar dimuka juga dengan teknik potong memakai intersect





Ketujuh

Buatlah penggalan mata satu persatu yasob gubakan ellipse Toll




Kedelapan

masih sama ni meneruskan penggalan mata ellipse Toll




Kesembilan

Setelah jadi semua sisi kiri kita coba potong ya sob dengan crop Tool tujuanya yaitu nanti kita akan mirordan dengan menduplikat hasil crop tadi.lihat gambar dibawah ya. Setelah di crop dan di duplikat lanjutkan ke miror tol kaya dibawah sob dan jadinya gabungin ya

ini crop Tool sob





ini mirror



Kesepuluh

Finishing heheh tinggal warnai pakai fill colour yang banyak warnaya tusob samping apa bawa, kasih bingkai dan goresan pena jadilah " PANGUGUG " hehehe adonan PAnda dan GUGUG alias si anjing.






Selamat mencoba yasob. Jika dapat dipraktekan dikelas hingga jadi kabari yasob dari sekolahan mana. 

Belum ada Komentar untuk "✔ Tutorial Desain Grafis Untuk Anak Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel