✔ Mengasah Kreativitas Dari Sebuah Gambar Coretan Anak Dirumah

Kretaif yakni ketika kita bisa untuk mengurai sesuatu yang ada menjadi bentuk gres ✔ Mengasah Kreativitas Dari Sebuah Gambar Coretan Anak Dirumah

Gurune.net - Kretaif adalah ketika kita bisa untuk mengurai sesuatu yang ada menjadi bentuk baru.

Kreativitas menyerupai menuntaskan corat - coret yang sering dilakukan anak kita dikertas - kertas yang ada dirumah menjadi salah satu cara kita mengasah kreativitas, latihan menyerupai ini berlaku untuk siapa saja. Bisa untuk guru, orang tua, dan lainya. Hal menyerupai ini bisa dilakukan juga untuk mengisi waktu luang dikala menjaga anak dirumah. Kreativitas yang impulsif dalam menuntaskan coretan tadi menjadi bentuk latihan impulsif dalam mengurai sebuah bentuk yang ajaib menjadi bernilai seni dan sanggup dinikmati mata lebih sedap dan lebih bisa diceritakan.

Ini ada sebuah karya - karya yang sangat menarik yang sengaja tampilkan disini semoga bisa dijadikan sebagi inspirasi. Hasilnya sangat menarik sekali

sumber dari mbah google sob, tuk ide saja

Gambar diatas yakni sebuah karya impulsif yang dilakukan seseorang yang kami tidak tau siapa tapi gurune katakan itu sangat luar biasa. Sebetulnya cara menyerupai itu juga bisa untuk aktivitas para guru seni budaya dikelas lho, dengan sistem bergantian menyerupai satu anak menciptakan coretan satunya lagi menuntaskan coretan tersebut. Tantangan menyerupai itu bisa jadikan sarana untuk mengasah Kreativitas akseptor didik tentunya. Gurune pernah mencobanya di Sekolah Dasar untuk anak - anak kelas lima dan kesannya lucu,unik dan mantap. Sayang gurune lupa mendokumentasikan, kalau besok - besok ada kesempatan lagi gurune kesepakatan akan dokumentasikan dan akan gurune lampirkan disini.

Langkah - langkahnya kalau ingin kita terapkan dalam pembelajaran seni budaya menyerupai ini sob

Langkah Pertama
Yang terang pertama sediakan kertas dan alat gambar lainya ya! terutama pensil dan spidol. kelompokan kedalam satu pasang atau kalau di Sekolah Dasar yaitu per meja atau pasangan satu dingklik deh. Oya kalau untuk di coba dirumah bolehko bareng suami biar tambah mesra heheh atau sama anak biar terjalin kedekatan yang mantap antara ayah dan anak serta ibu dan anak, tapi kalau sama sahabat akrab gimana sob boleh ga? yaboleh lah, lagian ini berguru kan, berguru mengasah kreativitas tentunya.Lanjut sob, sesudah dikelompokan permeja beri kiprah semua untuk menciptakan sebuah coretan sederhana saja alasannya yakni ini untuk belajar, Gurupun harus ikut mempraktekan tentunya, eksklusif saja dipapan tulis. Setelah coretan tadi dikertas sudah jadi saling ditukarkan sob ke sahabat satu meja tadi. "Eh sob saya kan sama suami giman ?" gitu aja tanya... "ya eksklusif saja dong sob tukarkan ma suamimu masa mau sama saya hehehe" 
contoh coretan salah satu sahabat yang harus diselesaikan oleh teman
lainya dalam satu dingklik sob/


Langkah Kedua
berikutnya yaitu memerintahkan anak yang sudah sanggup coretan dari temanya misalnya kaya gambar diatas semisal untuk diamati dulu, di imajinasikan hehehe kira - kira akan bisa dijadikan menjadi apa gambar tersebut.Untuk bisa menguraikan gambar berupa coretan biasanya juga butuh suasana yang hening maka akan sangat asik kalau pembelajaran kita arahkan anak keluar ruangan untuk mencari daerah sesuai dengan impian mereka. Dalam langkah kedua ini setiap garis harus di perhatikan akan dihubungkan kemana akan dibentuk menyerupai apa sesudah kita berimajinasi.

Langkah Ketiga

Berikutnya sob sesudah meraba - raba coretan tadi dengan imajinasi anak. Bebaskan anak secara sepontan untuk menggoreskan lanjutan garis - garis tadi dengan sarat guru merangsang biar anak bisa menggoreskan coretan tadi yang nantinya bisa diubah menjadi sebuah gambar yang bisa diceritakan dan menghasilkan karya yang unik. Dalam tahap ini terang pengadegan visual akan muncul spontan. Disinilah momen untuk mengajak otak anak bermain dengan imajinasi. Melalui latihan menyerupai ini, otak ditantang untuk mencocokan dan melanjutkan menjadi bentuk - bentuk yang sempurna sesuai dengan garis yang telah disediakan.

Langkah Ke Empat
Langkah ini yakni langkah dimana anak kita motivasi untuk bisa menyempurnakan gambar tadi dengan menambahkan detai ataupun warna. Detail kecil yang pas akan menjadi karya tadi menjadi bisa lebih dinikmati. Jelas anak juga kita rangsang untuk bisa menceritakan kembali gambar tadi sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing.

Sebetulnya kebiasaan ini sering dilakukan oleh anak didik kita secara tidak terprogram, Ketika mereka jenuh memperhatikan guru dikala pelajaran dikelas, kadang mereka suka membuka lembar kertas didalam bukunya atau cover buku tulisnya dengan mencorat coret atau sekedar melanjutkan gesekan yang sudah ada. Tidak hanya anak kecil saja ketika oreng dewasa, referensi gurune juga melaksanakan hal yang sama ketika jenuh melihat pemapar dalam seminar membosankan blok note akan penuh dengan karya karya impulsif tentunya hehehe.

Sering kita melihat kalau bawah umur didik kita bahagia mengamati dan menebak bentuk awan dalam wujud lain sesuai imajinasi mereka. Ini bentuk permainan kedua bisa dilakukan dikelas yang lebih rendah semisal untuk anak Sekolah Dasar kelas 1-3. Kegiatan ini bisa melatih kreativitas dan imajinasi.


Kita bisa praktekan diluar ruangan sambil menunjuk keatas tanyakan awan diatas bentuknya menyerupai apa ya ? hehe setiap anak memiliki imajinasi sendiri sendiri. kadang ada yang eksklusif bisa menjawab kalau awan tersebut menyerupai beruang ada juga yang menjawab menyerupai kelinci. Biarkanlah imajinasi dan kreativitas mereka muncul dan bebaskan mereka untuk berpendapat. Inilah pembelajaran yang bergotong-royong sangat elok untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Bisa juga sobat lain dirumah sambil rileks dengan anak dihalaman melaksanakan permainan ini bersama anak dan orang bau tanah dirumah lho. coba deh..!

Selain permainan tadi ada lagi ni sob permainan lain yaitu berimajinasi dengan abjad alfabet menjadi bentuk binatang. caranya sama. Sobat guru buatkan goresan pena alfabet dipapan tulis tugaskan anak bergantian menuntaskan menebak dalam sebuah karya gambar menjadi sebuah binatang. Hasilnya sangat unik sob. praktekan saja deh.

gambar gurune dapatkan di google sob untuk referensi uraian diatas hehe

heheh..itu referensi gambarnya sob menyerupai itulah jadinya. Jika ada waktu dalam bahan SBK atau SBdP di Sekolah Dasar bolehlah di coba.

belajar berimajinasi dari sebuah gambar

Foto diatas menyerupai anak kecil yang sedang bermain dan saling bercerita. Visual itu tidak akan muncul tanpa imajinasi. Dia hanya terleihat menyerupai flas disk dengan batang kayu biasa yang diukir. Titik!! Tapi lain kalau kita memandang Flasdisk tersebut dengan penuh imajinasi. Ini yakni cara simpel untuk berguru " Melihat " dari sudut pandang yang berbeda. Salah satu syarat demi mendatangkan sebuah kreativitas.








Belum ada Komentar untuk "✔ Mengasah Kreativitas Dari Sebuah Gambar Coretan Anak Dirumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel