✔ Download Gratis Peta Indonesia Dapat Di Edit Sendiri


Peta adalah citra permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. atau peta adalah citra suatu permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan memakai skala.

Peta mempunyai beberapa fungsi di banyak sekali bidang, antara lain untuk:
menunjukkan posisi atau lokasi relatif (letak suatu tempat dalam hubungannya dengan tempat lain) di permukaan bumi. Dengan membaca peta kita sanggup mengetahui lokasi relatif suatu wilayah yang kita lihat.Memperlihatkan atau menggambarkan bentuk-bentuk permukaan bumi (misalnya bentuk benua, atau gunung) sehingga dimensi sanggup terlihat dalam peta, Bentuk-bentuk benua yang ada di dunia sanggup kita amati pada peta Bentuk-bentuk permukaan bumi sanggup di amati dari simbol warna yang terlihat berbeda-beda  menyajikan data wacana potensi suatu daerah, misalnya : Peta potensi rawan banjir, Peta potensi kekeringan, Peta Potensi Air, Peta Potensi Ikan memperlihatkan ukuran, alasannya yaitu melalui peta sanggup diukur luas tempat dan jarak-jarak di atas permukaan bumi. Jarak gotong royong 2 lokasi sanggup dihitung dengan membandingkan skala petanya.( Sumber Wikipedia )

Berikut ini akan gurune share vector ( Cdr ) , Vector Cdr yaitu hasil penyimpanan yang ada di CoreDRAW.  Silahkan download tautan berupa gambar di bawah ini.



 citra permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proy ✔ Download Gratis Peta Indonesia Bisa di Edit Sendiri

Peta merupakan alat bantu dalam memberikan suatu info keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut maka sebuah peta hendaknya dilengkapi dengan banyak sekali macam komponen/unsur kelengkapan yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam membaca/menggunakan peta. Beberapa komponen kelengkapan peta yang secara umum banyak ditemukan pada peta contohnya adalah:
  • Judul
Mencerminkan isi sekaligus tipe peta. Penulisan judul biasanya di bab atas tengah, atas kanan, atau bawah. Walaupun demikian, sedapat mungkin diletakkan di kanan atas.
  • Legenda
Legenda yaitu keterangan dari simbol-simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.

  • Orientasi/tanda arah

Pada umumnya, arah utara ditunjukkan oleh tanda panah ke arah atas peta. Letaknya di tempat yang sesuai jikalau ada garis lintang dan bujur, koordinat sanggup sebagai petunjuk arah.


Skala yaitu perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Skala ditulis di bawah judul peta, di luar garis tepi, atau di bawah legenda. Skala dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. Skala angka. Misalnya 1 : 2.500.000. artinya setiap 1 cm jarak dalam peta sama dengan 25 km satuan jarak sebenarnya.
  2. Skala garis. Skala ini dibuat dalam bentuk garis horizontal yang mempunyai panjang tertentu dan tiap ruas berukuran 1 cm atau lebih untuk mewakili jarak tertentu yang diinginkan oleh pembuat peta.
  3. Skala verbal, yakni skala yang ditulis dengan kata-kata.
  • Simbol
Simbol peta yaitu tanda atau gambar yang mewakili ketampakan yang ada di permukaan bumi yang terdapat pada peta ketampakannya, jenis-jenis simbol peta antara lain:
  1. Simbol titik, dipakai untuk menyajikan tempat atau data posisional
  2. Simbol garis, dipakai untuk menyajikan data yang berafiliasi dengan jarak
  3. Simbol area, dipakai untuk mewakili suatu area tertentu dengan simbol yang meliputi area tertentu
  4. Simbol aliran, dipakai untuk menyatakan alur atau gerak.
  5. Simbol batang, dipakai untuk menyatakan suatu harga/dibandingkan dengan harga/nilai lainnya.
  6. Simbol lingkaran, dipakai untuk menyatakan kuantitas (jumlah) dalam bentuk persentase.
  7. Simbol bola, dipakai untuk menyatakan volume, makin besar simbol bola menawarkan volume semakin besar dan sebaliknya makin kecil simbol bola berarti volume semakin kecil.
  • Warna Peta
Warna peta dipakai untuk membedakan ketampakan atau objek di permukaan bumi, memberi kualitas atau kuantitas simbol di peta, dan untuk keperluan estetika peta. Warna simbol dalam peta terdiri dari 8 warna, yaitu:
    • Warna hijau
Warna hijau menawarkan suatu tempat yang mempunyai ketinggian kurang dari 200 m. Biasanya bentuk muka bumi yang terdapat pada ketinggian < 200 m didominasi olah dataran rendah. 
Warna merah menawarkan jalan kereta api/gunung aktif. Warna merah sering dijumpai di peta suatu provinsi.

Warna hijau muda
Warna hijau muda menawarkan suatu tempat yang mempunyai ketinggian antara 200–400 m di atas permukaan laut. Bentuk muka bumi yang ada di tempat ini berupa tempat yang landai dengan disertai bentuk-bentuk muka bumi bergelombang dan bukit. Penyebaran bentuk muka ini hampir menyeluruh di atas dataran rendah.

Warna kuning
Warna kuning menawarkan suatu tempat yang mempunyai ketinggian antara 500–1000 m di atas permukaan laut. Bentuk muka bumi yang ada di tempat ini didominasi oleh dataran tinggi dan perbukitan dan pegunungan rendah. Penyebaran dari bentuk muka bumi ini berada di bab tepi-tengah dari Provinsi Jawa Tengah dan paling luas di sebelah tenggara Kabupaten Sukoharjo.
    • Warna cokelat muda
Warna cokelat muda menawarkan tempat yang mempunyai ketinggian antara 1000–1500 m di atas permukaan air laut. Bentuk muka bumi yang mayoritas di tempat ini berupa pegunungan sedang disertai gunung-gunung yang rendah. Penyebaran dari bentuk muka ini berada di bab tengah dari Jawa Tengah, menyerupai di sekitar BumiayuBanjarnegaraTemanggungWonosoboSalatiga dan Tawangmangu.
    • Warna cokelat
Warna cokelat menawarkan tempat yang mempunyai ketinggian lebih dari 1500 m di atas permukaan air laut. Bentuk muka bumi di tempat ini didominasi oleh gunung-gunung yang relatif tinggi. Penyebaran dari gunung-gunung tersebut sebagian besar di bab tengah dari Jawa Tengah.
    • Warna biru keputihan
Warna biru menawarkan warna ketampakan perairan. Warna biru keputihan menawarkan wilayah perairan yang kedalamannya kurang dari 200 m. Bentuk muka bumi dasar bahari di wilayah ini didominasi oleh bentuk lereng yang relatif landai. Zona di wilayah ini disebut dengan zona neritik. Penyebaran dari zona ini ada di sekitar pantai. Di wilayah perairan darat warna ini menunjukkan danau atau rawa. Di Wonogiri terdapat Waduk Gajah Mungkur, di Bawen terdapat Rawa Pening, di sekitar Kebumen terdapat waduk Wadaslinang dan Sempor dan masih ada beberapa waduk kecil lainnya.
    • Warna biru muda
Warna biru muda menawarkan wilayah perairan bahari yang mempunyai kedalaman antara 200–2000 m. Bentuk muka bumi dasar bahari di wilayah ini didominasi oleh bentukan lereng yang relatif terjal. Wilayah ini merupakan kelanjutan dari zona neritik. Namun wilayah ini tidak tergambar dalam peta umum.
    • Warna biru tua
Warna biru bau tanah menawarkan wilayah perairan bahari dengan kedalaman lebih dari 2000 m. Bentuk muka bumi dasar bahari di sekitar Pulau Bali pada kedalaman > 2000 m sulit untuk diketahui dan tidak sanggup diinterprestasikan dari peta. Namun biasanya bentuk muka bumi pada bahari dalam sanggup berupa dataran, lubuk laut, drempel dan palung laut. Bentuk muka bumi menyerupai ini juga tidak tergambar dalam peta umum.
  • Tipe Huruf (Lettering)
Lettering berfungsi untuk mempertebal arti dari simbol-simbol yang ada. Macam penggunaan lettering:
  1. Obyek Hipsografi ditulis dengan abjad tegak, contoh: Surakarta
  2. Obyek Hidrografi ditulis dengan abjad miring, contoh: Laut Jawa
  • Garis Astronomis
Garis astronomis terdiri atas garis lintang dan garis bujur yang dipakai untuk menawarkan letak suatu tempat atau wilayah yang dibuat secara berlawanan arah satu sama lain sehingga membentuk vektor yang mengambarkan letak astronomis.
  • Inset
Inset yaitu peta kecil yang disisipkan di peta utama. Macam-macam inset antara lain:
  1. Inset penunjuk lokasi, berfungsi menawarkan letak tempat yang belum dikenali
  2. Inset penjelas, berfungsi untuk memperbesar tempat yang dianggap penting
  3. Inset penyambung, berfungsi untuk menyambung tempat yang terpotong di peta utama
  • Garis Tepi Peta
Garis tepi peta merupakan garis untuk membatasi ruang peta dan untuk meletakkan garis astronomis, secara beraturan dan benar pada peta.
  • Sumber dan Tahun Pembuatan
Sumber peta yaitu rujukan dari mana data peta diperoleh.
  • Garis Lintang dan Garis Bujur
Garis lintang yaitu garis yang melintang dari arah barat - timur atau dari arah timur - barat. Garis bujur yaitu garis yang membujur dari arah utara - selatan atau selatan - utara.







Belum ada Komentar untuk "✔ Download Gratis Peta Indonesia Dapat Di Edit Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel