✔ Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Biar Sehat Dan Gemuk

Purwomp - Makanan kelinci yakni materi kebutuhan yang menghasilkan kalori yang diharapkan badan kelinci biar tumbuh dengan sehat dan gemuk. Untuk itu berikan kuliner yang disukai oleh kelinci dan jangan berikan kuliner yang tidak sesuai alasannya kalau kita salah dalam menawarkan kuliner akan menciptakan kelinci peliharaan kita kurus, sulit berkembang biak dan sanggup menyebabkan kematian.


Makanan kelinci yang baik merupakan pakan alami menyerupai rumput atau daun-daunan. Akan tetapi dalam pemberiannya dianjurkan jangan yang masih segar tetapi dilayukan dahulu gres diberikan ke kelinci peliharaan kita. Jika rumput atau dedaunan yang masih segar sanggup menjadikan perut kelinci kembung dan kesudahannya mati.

Anda juga sanggup menawarkan kuliner kelinci yang sehat selain rumput atau dedaunan yakni voer khusus pakan kelinci. Voer kelinci sudah dirancang dan diadaptasi dengan kebutuhan yang sangat diharapkan oleh badan kelinci itu sendiri. Selain itu voer kelinci juga mengandung aneka macam vitamin, mineral, hingga karbohidrat yang sanggup menciptakan kelinci sehat dan gemuk.

Untuk kuliner kesukaan kelinci sudah dijelaskan di atas yakni rumput dan dedaunan. Namun anda juga sanggup menawarkan kuliner kelinci berupa sayuran dan juga buah-buahan, materi ini juga sangat disukai oleh kelinci. Dalam pinjaman sayuran dan juga buah-buahan sama halnya dengan rumput dan juga dedaunan yakni dilayukan terlebih dahulu.

Cara memberi makan kelinci yang masih kecil dengan yang sudah cukup umur tentunya sangat berbeda kalau dilihat dari porsi dan juga materi makanannya. Berikut kita bahas satu per satu kuliner masing-masing kelinci.

A. Makanan pada induk kelinci

Makanan induk kelinci harus kita perhatikan, alasannya kelinci induk merupakan kelinci yang akan dikembang biakkan dan memproduksi susu untuk anak-anaknya. Makanan induk itu berupa kuliner pokok dan juga kuliner tambahan.

Untuk kuliner induk kelinci yang pokok berupa rerumputan, dedaunan, buah-buahan, dan juga sayur. Sedangan kuliner aksesori sanggup berupa bekatul / dedak, ampas tahu, ampas ketela pohon, dan lain sebagainya.

Cara memberi makan kelinci dengan dedak itu yakni dedak di beri air sedikit saja yang penting berair dan sanggup pula dicampur lagi dengan ampas tahu atau juga ampas ketela. Untuk pemberiannya diadaptasi dengan kebutuhan kelinci saja sehingga kuliner itu habis dan tidak ada sisa.

Dalam pinjaman kuliner induk kelinci harus sesuai dengan dosis sama halnya dengan kelinci yang masih kecil jangan menawarkan kuliner sama saja porsinya induk dengan anakanan kelinci. Untuk kelinci cukup umur atau induk dosis kuliner aksesori yang berupa dedak yakni 1/2 ons hingga dengan 1 ons dalam sehari. Contohnya dipagi hari cuma diberikan 1/3 ons dan malam hari sisanya alasannya kelinci bila malam hari makannya banyak, sehingga berikan kuliner lebih banyak pada malam hari.

Jangan memberi makan kelinci yang asal-asalan hal itu akan mensugesti perkembangan dari kelinci itu sendiri. Disaat induk kelinci sedang hamil pinjaman pakan yang pokok harus cukup dihentikan kurang. Jika cukup dalam pinjaman pakan pokok sanggup mempercepat pertumbuhan anak-anaknya nanti. Berikan kuliner sehari dua kali saja yakni di pagi hari dan sore hari, pagi hari sekitar pukul 06.00 - 07.00 pagi dan sore hari sekitar pukul 17.00 - 18.00 sore atau anda sanggup sesuaikan dengan waktu yang pas.

Sedangkan pinjaman kuliner aksesori yang berupa dedak sanggup anda berikan pada jam sesudah pinjaman pakan pokok tadi. Dalam pinjaman pakan aksesori itu tergantung dari umur kelinci kalau sudah cukup umur maka berikan 100 gram dalam sehari. 100 gram itu berikan 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore hari.

Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk


B. Makanan Anak Kelinci

Anak kelinci yang gres dilahirkan tidak memerlukan kuliner hal ini lantaran anak kelinci masih bergantung kepada susu induknya. Maka dari itu berikan kuliner yang cukup kepada induknya biar masa pertumbuhan kelinci kecil itu cepat besar.

Setelah anak kelinci berumur 20 hari sudah sanggup diberikan kuliner berupa rumput, sayur, dedaunan. Setelah umur 35-40 hari anak kelinci sudah sanggup diberikan kuliner pokok yang berupa rumput, sayur, dedaunan dan juga buah. Dan artinya anak kelinci sudah tidak tergantung lagi dengan air susu induknya maka sudah sanggup dipisahkan dari induknya.

Makanan kelinci kecil dibagi menjadi dua yakni kuliner pokok yang berupa rerumputan, sayur-sayuran, dedaunan dan juga buah-buahan anak kelinci juga sanggup diberikan kuliner aksesori yang terbuat dari dedak yang dicampur dengan air dan materi lainnya. Atau anda sanggup menawarkan racikan pakan menyerupai berikut biar anak kelinci cepat besar dan sehat :

1. Tepung jagung : 2 bagian
2. tepung kdelai   : 1 1/2 bagian
3. Bungkil kelapa : 2 bagian
4. Bekatul             : 4 1/2 bagian

Bahan diatas dicapur dengan air secukupnya dan diaduk hingga merata, kalau sudah siap sanggup diberikan ke kelinci anakan. Untuk takarannya berikan 50 gram dalam sehari dan berikan dua kali yakni pagi dan sore hari dengan porsi sore hari lebih banyak dibanding dengan pagi hari.

Makanan kelinci umur 2 bulan tidak ada bedanya dengan yang di ulas diatas namun kalau dalam sehari 50 gram cepat habis boleh anda tambah porsinya. Sebab pakan aksesori tersebut sanggup menambah kalori atau nilai gizi bagi kelinci anakan. Dengan tujuan biar kelinci kecil yang kita pelihara akan mempunyai pertumbuhan yang cepat.

Dalam pinjaman pakan aksesori untuk anakan kelinci harus secara teratur biar anakan kelinci tidak kekurangan pakan. Akibat dari kekurangan pakan, anakan kelinci akan mengalami lambat dalam pertumbuhannya.

Demikian informasi tentang Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk yang sanggup aku sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sudah beternak kelinci maupun yang gres akan memulai bisnis ternak kelinci.



Artikel Terkait :

cara memberi makan kelinci
cara memberi makan kelinci dengan dedak
cara memberi makan kelinci yang benar
kuliner kelinci australia
pakan kelinci lokal
pakan kelinci rex
kuliner kelinci sehat
kuliner kelinci hay
kuliner kelinci anggora
kuliner favorit kelinci
kuliner kelinci yg sehat
kuliner kelinci selain wortel
kuliner kelinci fuzzy lop
kuliner kelinci lokal
kuliner kelinci menyusui
kuliner kelinci pedaging
kuliner kelinci cepat gemuk
kuliner untuk ibu kelinci menyusui

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Biar Sehat Dan Gemuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel