✔ Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging

Purwomp - Kelinci bagi kehidupan insan ada beberapa manfaat yang sanggup diambil. Banyak orang memelihara kelinci untuk diambil dagingnya, sebab daging kelinci mempunyai rasa yang lezat. Bukan hanya dagingnya saja yang sanggup dimanfaatkan dari beternak kelinci. Selain daging sanggup diambil kulitnya, anaknya, dan kotorannya.


Daging kelinci sanggup diolah menjadi beberapa kuliner yang sanggup di konsumsi oleh manusia. Bentuk olahan daging kelinci ialah sate, rawon, gule, atau dimasak dengan cara lain juga sanggup berdasarkan selera masing-masing.

Berikut ialah beberapa manfaat yang sanggup diambil dari ternak kelinci pedaging atau ternak kelinci daging :

1. Daging kelinci

Daging kelinci mempunyai nilai gizi yang tidak kalah dengan daging binatang yang lain biasa diternak oleh masyarakat menyerupai ayam potong, ayam kampung, ayam petelor, ayam buras dan lain sebagainya. Selain menambah gizi daging kelinci sanggup mengatasi kemandulan, ini kepercayaan bagi yang sudah membuktikannya.

Perbandingan nilai gizi dari daging kelinci dengan daging binatang lain, ambil pola saja daging kelinci dengan daging ayam. Diambil pola perbandingan dengan daging ayam sebab daging ayam lebih memasyarakat dibanding dengan daging kelinci yang belum begitu populer.

Perbandingan nilai gizi daging kelinci dengan daging ayam sanggup dilihat pada tabel dibawah ini :


Daging Hewan   Kalori
   Protein/Lemak
(gr)
   Zat Besi
(mgr)
    Zat Kapur
Kelinci
111
16,6 : 2,5
2,0
10
Ayam
125
20,0 : 5,0
2,0
10
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Perbandingan dari kedua daging diatas mengatakan bahwa nilai kalori yang terkandung daging kelinci dengan daging ayam ialah 14 kalori, hal ini berarti daging kelinci mempunyai kalori yang tinggi. Sedangkan nilai protein dan lemaknya juga seimbang. Berarti daging kelinci mempunyai nilai gizi yang hampir sama dengan daging binatang lain.

Jika daging kelinci dibandingkan dengan daging sapi sanggup dilihat pada tabel dibawah ini :

Daging Hewan    Kalori
   Protein/Lemak
(gr)
   Zat Besi
(mgr)
   Zat Kapur
Kelinci
111
16,6 : 2,5
2,0
10
Sapi
125
20,0 : 5,0
2,1
7
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Dari data diatas sanggup disimpulkan bahwa nilai gizi dari daging kelinci dengan daging-daging binatang lain tidak jauh berbeda. Untuk itu kandungan nilai gizi pada daging kelinci sekiranya sanggup menggantikan daging binatang lain.

2. Kulit Kelinci

Kulit kelinci sebetulnya barang limbah yang berdasarkan orang tidak berkhasiat sama sekali, namun jikalau dipegang oleh ahlinya kulit kelinci sanggup dimanfaatkan sebagai barang kerajinan. Sebelum kulit kelinci dijadikan kerajinan kulit terlebih dahulu harus dikeringkan. Sesudah kering kulit disamak untuk dijadikan banyak sekali barang kerajinan, misalnya tas, topi, dompet, sarung tangan dan lain sebagainya.

Kulit kelinci termasuk kulit yang berpengaruh bila dibandingkan dengan bahan-bahan yang lain, jikalau dibentuk barang lain menyerupai tas, sarung tangan, dompet, topi. Kulit kelinci lebih tahan usang dibanding dengan materi tiruan yang selama ini dipakai.

3. Anakan Kelinci

Memelihara kelinci bagi para peternak yang dibutuhkan ialah kelinci itu berkembang biak. Berkembang biak artinya bertambahnya individu gres sebagai penerus kelinci-kelinci yang pernah ada. Sehingga berkembang biak sangat dibutuhkan bagi para peternak untuk meraup keuntungan.

Dari perkembang biakkan kelinci yang dibutuhkan oleh para peternak ialah belum dewasa kelinci. Anakan kelinci tentunya sangat bermanfaat bagi kita diantaranya anaknya sanggup kita pelihara lagi sebagai indukan gres atau dijual ke pasar-pasar.

4. Kotoran Kelinci

Selama ini kotoran kelinci bagi sebagian peternak sudah tidak berkhasiat lagi. Akan tetapi jikalau kotoran itu dalam jumlah yang banyak tentu saja sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk kandang. Manfaat dari kotoran kelinci sebagai pupuk flora di pot, sawah dan ladang. Selain kotorannya urine kelinci juga bermanfaat untuk dijadikan pupuk POC yang sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk flora hidroponik atau flora lainnya.

Kandungan dari kotoran kelinci sanggup dilihat pada tabel berikut ini :

Jenis Kotoran   Kandungan Air %   Bahan Organik   N   Pospor   Kal   Kapur
Kelinci
71
28
0,8
0,2
0,7
0,3
Sapi
84
15
0,6
0,3
0,1
0,2
Kambing
60
31
0,4
0,5
1,1
0,7
Ayam
65
24
1,6
1,5
0,9
2,4
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Sesuai dengan tabel diatas bahwa kandungan zat pada kotoran kelinci sanggup digunakan sebagai pengganti pupuk buatan. Kotoran klinci sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk flora hias, bunga, sayuran dan flora yang lain.Pupuk dari kotoran kelinci tidak mengandung materi kimia namun sebaliknya jikalau menggunkan pupukbuatan pabrik tentunya banyak mengandung zat kimia. Sehingga pupuk dari kotoran kelinci sangat dianjurkan untuk pupuk sayuran dan buah biar alhasil nanti bebas dari zat kimia sehingga kondusif untuk dikonsumsi oleh manusia.

Demikian isu tentang Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging yang sanggup aku sampaikan. Semoga dengan artikel atau isu ini bermanfaat dan bagi anda tahu manfaat dari beternak kelinci.


Artikel Terkait :

ternak kelinci
ternak kelinci pedaging
ternak kelinci tanpa ngarit
ternak kelinci australia
ternak kelinci lokal
ternak kelinci hias
ternak kelinci pedaging modern
ternak kelinci rex
ternak kelinci sukses
ternak kelinci umbaran
ternak kelinci modern
ternak kelinci anggora
cara ternak kelinci australia
ternak kelinci sistem umbaran
cara ternak kelinci umbaran
ternak kelinci di bogor
ternak kelinci daging

Belum ada Komentar untuk "✔ Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel