✔ Teknik Atau Metode Dan Tujuan Dari Pidato

Metode dan Tujuan Pidato, Purwomp.com - Pidato yakni suatu ucapan yang disampaikan secara tersusun dengan baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik akan menyebabkan kesan aktual bagi orang yang mendengarkannya untuk dilakukan dalam kehidupannya.

Berpidato sanggup di lakukan dengan memakai teks maupun tidak memakai teks. Hal tersebut sanggup dilakukan oleh kemampuan orang orang yang sedang pidato.


Sebelum melaksanakan pidato harus ada persiapan persiapan yang harus dilakukan yakni memilih topik yang akan disampaikan dalam berpidato, menetapkan tujuan, menganalisis pendengar, mengumpulkan materi pidato, memahami materi, menciptakan kerangka pidato yang isinya pembukaan, isi, dan penutup.

Jika persiapan itu sudah selesai, alangkah baiknya berlatih dahulu supaya nantinya percaya diri di hadapan banyak orang. Selain itu supaya yang diucapkan tidak sering salah menyerupai latihan mengucap kata yang jelas, intonasi yang tepat, perilaku yang baik atau sesuai, dan memilih metode yang sempurna dalam berpidato nantinya.

Teknik atau Metode dalam Berpidato


1. Metode Naskah

Metode Naskah artinya sebelum kita berpidato terlebih dahulu kita menyiapkan sebuah naskah yang lalu kita baca di hadapan banyak orang dengan penambahan kata kata yang kita rangkai supaya lebih menarik.

2. Metode Catatan Kecil

Metode Catatan Kecil yakni dalam berpidato kita menyiapkan catatan kecil yang bertuliskan topik pokok pokoknya yang akan di jabarkan dalam kerangka.

3. Metode Serta Merta atau Dadakan

Metode ini sering kali disebut dengan impromptu yaitu dalam membawakan pidato tanpa adanya persiapan terlebih dahulu atau secara dadakan.

Selain teknik atau metode yang diuraikan diatas, kita harus mengetahui juga hal hal yang harus di perhatikan dalam berpidato antara lain sebagai berikut :

Hal hal yang harus di perhatikan dalam pidato


  1. Wawasan pendengar secara umum
  2. Durasi waktu pidato yang akan dibawakan
  3. Menyusun kata atau kalimat yang terang supaya gampang di mengerti
  4. Jenis pidato dan tema pidato
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato
  6. Menguasai materi pidato yang akan di sampaikan

Pidato yang sering di bawakan sering kali mempunyai tujuan dan maksud tertentu. Dari maksud dan tujuan pidato tersebut sanggup tersampaikan tergantung dari kepentingan masing masing. Akan tetapi, maksud dan tujuan secara umum dalam berpidato diuraikan sebagai berikut :

Tujuan Pidato

  1. Mendorong atau memberi semangat pendengar
  2. Meyakinkan pendengar
  3. Menginginkan reaksi pendengar
  4. Menginformasikan pendengar
  5. Menyenangkan serta menghibur pendengar
Demikian ulasan wacana Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato yang sanggup saya sampaikan. Semoga dengan postingan ini sanggup bermanfaat bagi anda yang ingin berpidato di hadapan banyak orang.

Belum ada Komentar untuk "✔ Teknik Atau Metode Dan Tujuan Dari Pidato"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel