✔ Kehidupan Nelayan Pemburu Paus - Pembahasan Dan Kunci Jawaban

- Kehidupan Nelayan Pemburu Paus - Materi dan Kunci Jawaban. Pada pembelajaran ke 3, Tema 6 , Sub Tema 2 Halaman 92 Buku Siswa Kelas V SD/MI terdapat bahan bacaan Kehidupan Nelayan Pemburu Paus. Pada bahan ini dibagi menjadi 3 sub bahan yang terdiri dari Ayo Membaca, Ayo Menulis dan Ayo berdiskusi. Gurune akan bahas bahan bacaan Kehidupan Nelayan Pemburu Paus beserta teladan kunci tanggapan yang ada pada ayo menulis dan ayo berdiskusi.


Ayo Membaca !

Kamu tentu tahu bahwa manusia, mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup insan berupa kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Setiap kali insan melaksanakan acara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selalu menunjukkan imbas kepada lingkungannya, baik lingkungan alam, maupun lingkungan ekonomi, sosial, dan budaya.  

Bacalah artikel berikut untuk memahami salah satu sisi kehidupan nelayan dalam membangun kesejahteraan hidupnya.

Kehidupan Nelayan Pemburu Paus


Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menyebabkan bahari sebagai ladang kehidupan mereka. Laut ialah ibu yang menunjukkan kehidupan semenjak zaman nenek moyang mereka.  Dari hasil laut, masyarakat di desa ini telah berhasil mengirimkan bawah umur mereka untuk bersekolah dan pada karenanya bekerja. 

Masyarakat nelayan di desa Lamalera, mempunyai tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka.  Tidak sembarang paus yang mereka buru, hanya paus yang sudah renta saja yang mereka buru. Jika mereka menemukan paus muda, masyarakat nelayan di desa ini akan mengembalikannya ke bahari lepas. Mereka pun bersepakat secara akhlak bahwa dalam setahun, dihentikan lebih dari 15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka tetap menjaga semoga paus tidak punah. 

Untuk berburu paus, para nelayan melaksanakan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Ada beberapa orang yang senantiasa berada di bukit itu untuk memantau, sambil melaksanakan acara lainnya ibarat memperbaiki jala, menganyam atap bahtera dari daun lontar, memasak, atau membaca buku.  Jika mereka melihat paus, mereka akan berteriak “baleo” yang berarti paus.  Teriakan itu, menciptakan para nelayan yang berada di bibir pantai segera bersiap melaut.  Mereka akan mengirimkan sebuah bahtera untuk mengamati jenis dan umur paus. Jika mereka melihat paus itu layak ditangkap, mereka akan akan memanggil perahu-perahu lain untuk mendekat.

Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke seluruh warga desa. Pembagian diutamakan bagi janda dan yatim piatu, gres kemudian kepada penangkap paus, pemilik perahu, kemudian kepada masyarakat lainnya. Daging dan ikan paus ini sanggup ditukar dengan jagung, umbi-umbian, buah-buahan,  dan sayuran dari masyarakat pegunungan.  Kegiatan tukar barang ini dilakukan di Pasar Wulandoni, sekitar 3 km dari Lamalera.

Sumber : Diambil dari buku siswa kelas V SD/MI- K13 (penulis : Kornelis Kewa Ama, Kompas, 4 maret 2017, dengan penyesuaian)

Ayo Menulis

Bacaan di atas merupakan salah satu teks klarifikasi yang dimuat pada sebuah surat kabar. Surat kabar merupakan salah satu jenis media cetak yang paling banyak dipakai masyarakat. Surat kabar atau koran merupakan salah satu media cetak yang sanggup menunjukkan aneka macam macam informasi.  Untuk memahami sebuah teks klarifikasi pada bacaan di atas, kau perlu mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok-pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melaksanakan acara berikut ini. 

  1. Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran ibarat teladan di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
  2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya. 
  3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kau siapkan. 
  4. Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu.  Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibentuk temanmu.  
  5. Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf. 
  6. Ambillah sebuah karton, kemudian tuliskan di bab paling atas judul bacaan. 
  7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada. 
  8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibentuk sahabat sekelompokmu sesuai paragrafnya. 
  9. Buatlah sebuah paragraf untuk menciptakan kesimpulan terhadap bacaan tersebut. 
  10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

Pokok Pikiran Dari Bacaan " Kehidupan Nelayan Pemburu Paus " Pada Kartu Paragraf.


MI terdapat bahan bacaan Kehidupan Nelayan Pemburu Paus ✔ Kehidupan Nelayan Pemburu Paus - Pembahasan dan Kunci Jawaban





Belum ada Komentar untuk "✔ Kehidupan Nelayan Pemburu Paus - Pembahasan Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel