✔ Sikap Di Lingkungan Sekolah


Sekolah merupakan masyarakat dalam ukuran yang kecil. Di sekolah, banyak terdapat keragaman. Banyak warga sekolah yang berasal dari aneka macam kawasan yang berarti juga mempunyai latar belakang yang berbeda. Lalu, bagaimana caramu bersikap?

Menghormati dan Menghargai Sesama Teman 

Wujud positif sikap saling menghormati dan menghargai sesama sahabat ialah toleransi. Toleransi merupakan sikap dan sikap mau mendapatkan perbedaan. Misalnya, mau mendapatkan perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi. Selain menghargai pendapat, perwujudan sikap dan sikap ialah toleransi terhadap kebiasaan teman, kelakuan teman, dan lain-lain.



Menolong Teman Tanpa Membedakannya 

Wujud positif sikap saling menolong sahabat sanggup ditunjukkan dengan membantu sahabat yang kesulitan belajar, menengok sahabat sekolah yang sakit, meminjamkan buku ke teman, dan lain-lain.

Menumbuhkan Semangat Persaudaraan 

Bertikai hanya akan memperbanyak musuh. Bertikai hanya akan menambah kesulitan. Bertikai tidak ada untungnya. Perlakukan sahabat layaknya saudara dengan saling membantu, saling memaafkan, dan saling mengingatkan. Salah satu acara sekolah yang mengajarkan kebersamaan, tanggung jawab, dan persaudaraan ialah pramuka.


Semboyan bangsa kita ialah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda, tetapi  tetap satu jua. Berikan rujukan yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di kawasan tempat tinggalmu!

  • Bersama - sama membangun tempat ibadah yang di ikuti oleh warga sekitar yang merupakan pemeluk agama yang berbeda - beda.
  • Saat pelksanaan HUT RI di kelurahanku panitia terdiri dari aneka macam lintas agama dan orang dari kawasan lain yang berbeda kawasan serta suku.


Keanekaragaman terbukti tidak menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan. Bagaimanakah caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

  • Mau bergaul dengan sahabat - sahabat aneka macam kawasan dan suku
  • Pemberian aneka macam dukungan korban benncana alam tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
  • Mau berguru aneka macam kesenian dari kawasan lain.
  • IKut merasak kesedihan dan penderitaan orang lain.
  • Menerima sahabat tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan 
  • Mempelajari kesenian dan kebudayaan kawasan lain.
Kamu telah mempelajari keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu menyadari bahwa keragaman merupakan kenyataan yang tidak sanggup dihindari. Contohnya setiap temanmu mempunyai latar belakang yang berbeda denganmu. Meskipun mempunyai sejumlah perbedaan, persahabatan dengan sahabat tetap sanggup terjalin, bukan? Dalam pergaulan, sudah selayaknya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi. Lalu, bagaimanakah caramu menyikapi perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Kamu tentu pernah mengamalkan sikap dan sikap yang mencerminkan keragaman di bawah ini. Namun, jikalau belum pernah mengamalkan, kau sanggup segera mengamalkannya.

Download Kunci Jawaban Tabel perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu - DOWNLOAD



Belum ada Komentar untuk "✔ Sikap Di Lingkungan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel