✔ Rujukan Best Practice Untuk Kenaikan Pangkat Guru



Menurut buku 4 Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Guru, Best Practice yaitu karya tulis guru yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran. Artinya guru sanggup menuliskan laporan tindakan yang terbaik dalam meningkatkan proses dan atau hasil berguru di kelasnya.

Agar makalah sanggup diterima dan memperoleh angka kredit, maka harus dibuktikan dengan syarat berikut.
1. Makalah orisinil atau fotokopi dengan surat pernyataan perihal keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah bersangkutan.
2. Surat keterangan dari pengelola perpustakaan sekolah yang menyatakan bahwa arsip dari makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolahnya.

Jika diterima, maka makalah Best Practice memperoleh nilai angka kredit 2. Jika ditolak, maka ada alasan-alasan penolakannya. Misalnya:
1. Makalah belum mengikuti sistematika penulisan sesuai dengan pedoman. Maka akan disarankan untuk memperbaiki makalah dengan memperhatikan sistematika berikut.
a. Bagian Awal yang terdiri dari: halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar dan lampiran, serta abnormal atau ringkasan.
b. Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa cuilan yakni:
1)Bab Pendahuluan yang menjelaskan perihal Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah.
2) Bab Kajian Teori/Tinjauan Pustaka.
3) Bab Pembahasan Masalah yang didukung data-data yang ada di satuan pendidikannya.
Yang sangat perlu disajikan pada cuilan ini yaitu kejelasan ilham atau gagasan orisinil si penulis yang terkait dengan upaya pemecahan persoalan di satuan pendidikannya (di sekolahnya).
4) Bab simpulan.
c. Bagian Penunjang sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran perihal data yang digunakan untuk menunjang makalah.
2. tidak adanya data pendukung yang memperkuat makalah.

Baca Juga: Pemanfaatan TTS dalam Pembelajaran

Pada kesempatan ini aku ingin membuatkan makalah Best Practice yang pernah aku buat, dan lolos pada acara Forum Kreativitas dan karya Inovatif Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA Tahun 2016. Karya ini juga telah memperoleh angka kredit pada tahun 2017. Untuk mendowload filenya, sanggup diklik pada link berikut.

Contoh Best Practice SD (unduh)

Demikian yang sanggup aku bagikan, tentu karya aku masih jauh dari sempurna, untuk itu dimohonkan masukkan dari semua pihak. Terima kasih.
Salam Edukasi.

Baca Juga:
Sumber:
Buku 4 Pengembangan Keprofesian berkelanjutan untuk Guru Pembelajar Tahun 2016.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rujukan Best Practice Untuk Kenaikan Pangkat Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel