✔ Kongres Wanita Indonesia


Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti banyak sekali wakil organisasi perempuan di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyatin. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan harapan dan perjuangan memajukan perempuan Indonesia serta mengadakan adonan atau perikatan di antara perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31 Desember 1929, PPI mengadakan kongres di Jakarta dan mengubah nama PPI menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia).

Baca Juga : Masa Pergerakan Kebangsaan di Indonesia

Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas dilema perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan. 


Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali ✔ Kongres Perempuan Indonesia

Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi perempuan di tubuh perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU wacana perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Ayo Menulis

Temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Kongres Perempuan Indonesia”. 

Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.


Kata Baku dan Tidak Baku
Kosakata Baku
Kosakata Tidak Baku
Kongres
Konggres
Mengubah
Merubah
Istri
Isteri
Perserikatan
Perikatan
Modern
Moderen

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan memakai prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kongres Perempuan Indonesia

Apakah hasil Kongres Perempuan Indonesia I? 

Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan harapan dan perjuangan memajukan perempuan Indonesia serta mengadakan adonan atau perikatan di antara perkumpulan wanita. 

Apa hasil Kongres Perempuan Indonesia II? 

Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas dilema perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan. 

Apa hasil Kongres Perempuan Indonesia III? 

Disetujui RUU wacana perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Kapan Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan?

Kongres Perempuan Indonesia I - 22 Agustus 1928
Kongres Perempuan Indonesia II - 20–24 Juli 1935
Kongres Perempuan Indonesia III 23–28 Juli 1938

Di manakah Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan?

Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta
Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta
Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung

Siapakah penerima Kongres Perempuan Indonesia? 

Kongres ini diikuti banyak sekali wakil organisasi wanita 

Kegiatan yang dilakukan oleh para perempuan Indonesia pada masa pergerakan dan kebangkitan nasional merupakan salah satu bentuk perwujudan cinta tanah air.


Belum ada Komentar untuk "✔ Kongres Wanita Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel