✔ Kelompok Kerja Guru (Kkg) Gugus 2 Sarantang Saruntung Tanbu Sanggup Bimbingan Bidang (It) Di Kampus Btikp


Sebanyak 74 anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Sarantang Saruntung asal Tanah Bumbu, mendapat bimbingan teknis bidang isu teknologi (IT) di Kampus BTIKP, Kayutangi, Banjarmasin. Pembekalan bagi satria pendidikan ini, berlangsung intensif selama 3 hari.

Dalam acara ini penerima dibekali pengetahuan dan pengalaman yang bekerjasama dengan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Peserta dilatih menciptakan dan menerapkan banyak sekali media pembelajaran berbasis IT dari para andal dan pakar di bawah binaan BadanTIK Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel.
Menurut Ketua KKG Sarantang Saruntung, Muhammad Yusuf,  kegiatan merupakan terobosan gres yang dilakukan pihaknya sebagai lembaga kerukunan guru.  Jika biasanya lembaga KKG hanya melakukan study tour dengan menggelar silaturrahmi dan banyak sekali pertandingan eksebisi di bidang olahraga, kali ini pihaknya juga melaksanakan bimbingan teknis yang diperlukan bisa meningkatkan kompetensi guru.

“Memanfaatkan momen study tour kali ini, kami bukan hanya mengunjungi gugus KKG kawan di Kabupaten Barito Kuala, tapi juga menyempatkan diri untuk meng-up grade pengetahuan kami dengan mengikuti bimbingan teknis IT,” jelasnya.

Melalui mengikuti bimbingan teknis IT, sambung Yusuf, para guru yang berasal dari sedikitnya tujuh sekolah dasar negeri di kabupaten Tanah Bumbu ini, akan menerapkan ilmu yang diperoleh ke sekolah masing-masing. Sehingga ke depan kualitas pemblajaran di kabupatenTanah Bumbu diperlukan akan meningkat. 

Penguasaan IT bagi guru, diakui Yusuf sangat penting untuk meringankan beban dalam melakoni tanggungjawab profesi. Sebab perangkat IT akan membantu guru secara efektif dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan pengevaluasian pembelajaran.

“Sehingga guru tidakdapat dipisahkan dari IT,” pungkasnya.

Sementara Arie Mursandi selaku narasumber dalam kegiatan,  mengapresiasi lembaga KKG Sarantang Saruntung yang mempunyai semangat dan antusiasme tinggi untuk mencar ilmu IT.
Menurutnya, sejah ini belum ada KKG yang berinisiatif untuk tiba dan mengajukan bimbingan teknis.

“Patut diacungi jempol. Karena mempunyai kesadaran untuk menimba ilmu IT. Positifnya, selain mendapat ilmu, penerima juga akan memperoleh sertifikat, sebagai surat keterangan yang sanggup dipakai sebagai berkas pengembangan karir guru yang bersangkutan,” ujarnya.

Sedang Kepala ULWK Tanah Bumbu,  Jarkasi, juga menunjukkan apresiasi terhadap acara yang dilakukan KKG Serantang Seruntung.

Menurutnya, apa yang dilakukan KKG gugus ini patut ditiru dan dijadikan motivasi bagi gugus lain. “Jika semua gugus melaksanakan hal yang sama, artinya semua guru sekolah dasar akan mempunyai bekal pengetahuan IT yang cukup. Hal ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan, terutama dalam rangka menyambut kala industri 4.0,” katanya.

Sebelumnya, KKG Sarantang Saruntung melaksanakan kunjungan ke KKG Gugus 1 Lentera Bangsa Kec.Barambai, Kab.Barito Kuala. Dalam kunjungan tersebut, dihelat banyak sekali acara olahraga dan seni untuk meningkatkan rasa persahabatan antar anggota KKG. Romongan diterima pribadi Ketua KKG Gugus 1 Lentera, Subekti. (zak/foto: ist)

Belum ada Komentar untuk "✔ Kelompok Kerja Guru (Kkg) Gugus 2 Sarantang Saruntung Tanbu Sanggup Bimbingan Bidang (It) Di Kampus Btikp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel