✔ Cara Gampang Memotong Dan Mengubah Ukuran Foto Memakai Microsoft Paint


Ada banyak aplikasi yang sanggup digunakan untuk memotong (crop) dan mengubah ukuran (resize) foto, salah satu contohnya Photoshop. Tetapi, tidak semua orang sanggup memakai aplikasi ini. Untungnya, masih ada aplikasi lain yang sanggup digunakan untuk melaksanakan pekerjaan yang sama.

Aplikasi lain yang aku maksudkan yaitu Microsoft Paint, aplikasi edit foto dan skema sederhana bawaan Windows, hampir semua versi Windows membawa piranti lunak yang satu ini. Langsung saja, mari kita coba satu per satu.

Cara Memotong Foto (Crop)
1.Pertama, jalankan Microsoft Paint yang terletak di Accessories atau mengetikkan kata kunci Paint di kolom pencarian untuk Windows 7 , sedangkan untuk Windows 10, Anda tinggal mengetikkan kata kunci Paint di kolom Cortana.

2.Klik menu File – Open, kemudian pilih foto yang ingin dipotong (crop).

3.Klik menu Select, kemudian tandai area foto yang ingin dihapus. Jika dirasa sudah pas, klik menu Crop.

Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize)
Selanjutnya, kita coba mengubah ukuran gambar atau resize, juga memakai Microsoft Paint.
1.Seperti di langkah pertama di atas, klik menu File – Open, kemudian pilih foto yang hendak diubah ukurannya.
2.Setelah gambar dibuka, kini klik menu Resize.

3.Untuk merubah ukuran ini ada 3 cara
-Memilih “Percantage” dengan hanya mengganti isian Horizontal dari 100 ke 90,80 dst…( akibatnya tidak merubah ukuran panjang dan lebar,tapi merubah size Mega Byte(MB) atau Kilo Byte(KB) Foto )

-Memilih “Pixels” dengan hanya merubah isian Horizontal maka isian Vertical mengikuti otomatis …( akibatnya tidak merubah ukuran panjang dan lebar,tapi merubah size Mega Byte(MB) atau Kilo Byte(KB) Foto )

-Memilih “Pixels” dengan melepas contrengan “Maintain aspect ratio” maka anda sanggup merubah isian Horizontal dan isian Vertical sesuai impian …( akibatnya akan merubah ukuran panjang dan lebar,dan merubah size Mega Byte(MB) atau Kilo Byte(KB) Foto )

Segera sesudah tombol OK diklik dan klik Save, ukuran gambar akan berubah sesuai dengan yang sudah ditentukan. Jika ternyata ukurannya tidak sesuai, tinggal Undo atau CTRL + Z dan ulangi langkah sebelumnya.
Video cara crop dan ubah ukuran foto

Catatan :
Sebaiknya punya cadangan file Foto ASLI yang mau di ubah,simpan pada folder lain untuk menghindari kesalahan 
Tips Menggunakan Paint Secara Efektif

  • Untuk mengubah ukuran foto (resize), Anda sanggup menggunakan shortcut CTRL + W
  • Tetapi di komputer Windows 10, jangan menekan CTRL + W sebelum jendela paint terbuka dengan sempurna, sebab akan menutup jendela file explorer dan menciptakan pekerjaan jadi tersendat. Terutama kalau Anda membuka foto memakai Paint pribadi dari file explorer.
  • Jangan mengubah ukuran foto menggunakan kursor mouse, sebab akan merusak piksel dan mengakibatkan gambar rusak.
  • Mengubah ukuran gambar juga akan mengubah ukuran file.
  • Anda juga sanggup mengubah format gambar, contohnya dari PNG ke JPEG atau sebaliknya. Caranya, dengan memakai menu File – Save as.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Gampang Memotong Dan Mengubah Ukuran Foto Memakai Microsoft Paint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel