✔ Buku Panduan Penulisan Soal Hots Terbaru

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau  ✔ Buku Panduan Penulisan Soal HOTS Terbaru

Dunia Edukasi-Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) adalah topik yang sedang hangat di dunia pendidikan dikala ini. Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia ditunjukkan menurut hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA). Padahal keterampilan ini ialah salah satu modal siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan dengan perubahan yang semakin cepat. 

Salah satu cara yang sanggup dilakukan pemerintah dalam menyiapkan akseptor didik sebagai generasi penerus bangsa semoga sanggup bersaing di tingkat global ialah dengan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi akseptor didik. Untuk itu, Pusat Penilaian Pendidikan telah menyusun buku Panduan Penulisan Soal HOTS. Diharapkan dengan buku ini, guru sanggup menyusun instrumen penilaian yang berkualitas.

Dalam pembelajaran kurun 21, akseptor idik harus mempelajari dan menguasai beberapa keterampilan antara lain berpikir kritis dan memecahan masalah; berpikir kreatif dan inovatif; dan berkolaborasi dan berkomunikasi efektif. Berpikir kritis dan pemecahan masalah; dan berpikir kreatif dan inovatif ialah keterampilan berpikir tingkat tinggi. 

Pembelajaran dan penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan pembelajaran dan penilaian yang bermakna dan bukan hanya sekadar menghapal, alasannya ialah pembelajaran dan penilaian ini memungkinkan akseptor didik untuk dapat: 1) mentransfer, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya ke konteks yang lebih kompleks; 2) berpikir kritis, menerapkan pertimbangan yang bijaksana atau menghasilkan kritik yang berdasar; 3) merampungkan masalah, mengidentifikasi dan merampungkan duduk duduk kasus dalam kehidupannya.

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (unduh) memberi pemahaman perihal Pengertian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Bagaimana Menilainya dalam pembelajaran, termasuk Prinsip Penyusunan Instrumen, Langkah Penulisan Soal, dan Contoh Soal untuk semua mata pelajaran.

Demikian yang sanggup kami bagikan perihal Buku Panduan Penulisan Soal HOTS. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Panduan Penulisan Soal Hots Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel