✔ Instansi Diminta Segera Mengumumkan Gugusan Cpns 2019


Seperti telah dijelaskan pada siaran pers yang lalu, pada tahun 2019 ini Pemerintah membuka 152.286 gugusan dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 gugusan pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 gugusan pada 462 Pemerintah Daerah. 

Ada dua jenis gugusan yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu gugusan umum dan gugusan khusus. Formasi khusus mencakup cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta gugusan khusus putra putri Papua dan Papua Barat, dan gugusan lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat. Formasi jabatan yang dibuka ialah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. 

Tiga besar gugusan pada penerimaan CPNS kali ini ialah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi). Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya sanggup melamar pada 1 gugusan di 1 instansi.

Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi akan diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pascapengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi manajemen yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan.

Sampai dikala ini, gres 67 instansi sentra yang menuntaskan setting gugusan di portal SSCASN, sedangkan untuk instansi tempat masih menunggu giliran sesudah gugusan CPNS detil diinjeksi ke dalam portal. Untuk itu, instansi diminta untuk mempercepat proses ini semoga masyarakat sanggup segera melihat gugusan yang tersedia di portal SSCASN. Di samping itu, instansi diminta semoga segera mengumumkan gugusan CPNS melalui media yang gampang diakses masyarakat, contohnya di situs web dan/atau media umum instansi.

BKN telah menyiapkan sejumlah tempat untuk lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan estimasi total 641 titik lokasi, terdiri atas 33 titik lokasi milik BKN, 30 titik lokasi cost sharing, dan 578 titik lokasi berdikari instansi.

Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa dikala registrasi daring telah dibuka, masyarakat diperlukan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan registrasi yang akan tertuang pada portal SSCASN. Jika ditemukan kesulitan, pelamar sanggup mempelajari warta yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan balasan atas problem yang umumnya menjadi hambatan pelamar. 

Jika FAQ tidak sanggup memperlihatkan jawaban atas problem pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring (online) dalam portal yang sanggup dijadikan sebagai media pengaduan. Sebagai alternative terakhir, mulai tanggal 11 November 2019 BKN membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayir Jendral Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memperlihatkan solusi bila hambatan pelamar tidak terselesaikan melalui klarifikasi FAQ dan helpdesk daring.

Jakarta, 30 Oktober 2019
Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN,
Ttd
Mohammad Ridwan

Belum ada Komentar untuk "✔ Instansi Diminta Segera Mengumumkan Gugusan Cpns 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel