✔ Tahun 2021 Pelaksanaan Dak Fisik Diserahkan Penuh Pada Kementerian Pupr


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (Biro PKLN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan (URK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020.

Pada rakor yang dihadiri perwakilan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud), Didik Suhardi, mengungkapkan pada bahwa tahun 2020 merupakan tahun terakhir DAK Fisik ditangani oleh Kemendikbud, sebab mulai tahun 2021 akan diserahkan secara penuh kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Ke depan, Kemendikbud akan fokus pada perencanaan DAK Fisik dan fokus mengerjakan pengembangan proses berguru mengajar di kelas dan memperbaiki kompetensi guru sehingga tercapai percepatan pemerataan kualitas pendidikan, pada saatnya nanti betul-betul sanggup kita laksanakan sebaik-baiknya dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045. Oleh sebab itu, mari kita siapkan sebaik-baiknya DAK Fisik kita tahun ini,” ujar Didik ketika memperlihatkan isyarat pada pembukaan Rakor Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020, di Jakarta, Rabu (04/12).

“Khusus untuk DAK Fisik kita tangani secara serius, sebab ini untuk terakhir kalinya meskipun perencanaan tetap ada di Kemendikbud. Sekarang pun sudah mulai dilaksanakan walau belum semuanya. Bahkan untuk yang di sentra juga nanti akan diserahkan ke Kementerian PUPR,” tambahnya.

Perencanaan kali ini, kata Didik, akan sangat ketat dan terintegrasi sehingga dinas pendidikan harus memastikan bahwa suatu sekolah yang sudah diusulkan di DAK, tidak diusulkan di tempat yang lain, apabila ada investigasi silang dan kalau tertangkap berair maka akan ditolak. Di samping itu, apabila anggaran DAK Fisik sudah final maka tidak akan sanggup direvisi lagi.

“Sekali lagi saya ingatkan semoga bapak dan ibu untuk memastikan sebelum mengusulkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan kepala dinas. Pastikan bahwa yang bapak dan ibu usulkan itu sudah benar sebab kalau sudah sekali diusulkan maka sudah tidak sanggup diubah. Berbeda dengan tahun 2019 yang masih sanggup direvisi hingga bulan Maret. Dengan ketentuan gres yang harus diikuti ini impian saya nanti pelaksanaan sanggup lebih baik,” kata Didik

Dijelaskan Didik, Pemerintah menerapkan ketentuan gres dengan impian APBN dan APBD sanggup lebih awal dilaksanakan. “APBN dan APBD masih menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Kaprikornus kalau APBN dan APBD dilaksanakan lebih awal maka terjadi perputaran ekonomi. Sebaliknya, bila pekerjaan dilaksanakan di simpulan tahun maka kita tidak membantu Pemerintah dalam hal pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya perencanaan yang lebih awal maka nanti implementasi fisiknya sanggup dilaksanakan lebih awal pula,” kata Didik.

Kegiatan Rakor Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan DAK Fisik Gelombang IV dihadiri 390 peserta, terdiri dari 9 dari dinas pendidikan provinsi, 137 dari dinas pendidikan kabupaten/kota dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Jawa Timur dan Bali.

DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020 mencakup tujuh sub bidang, dengan jumlah URK yang disusun sebanyak 1.783 dokumen. Alokasi DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun 2020 yang dialokasikan melalui Kemendikbud sebanyak Rp18.334,6 miliar yang dialokasikan pada 536 daerah, ialah 33 provinsi dan 503 kabupaten/kota.

Koordinasi acara penyusunan URK yang dilaksanakan dalam bentuk tatap muka menjadi sangat penting, sebab mempertimbangkan jumlah URK yang harus disusun, jumlah tempat yang mendapat alokasi dengan jumlah yang penerima tempat yang cukup besar. Efektifitas dan efisiensi juga menjadi pertimbangan pemilihan cara tatap muka mengingat terdiri dari tujuh subbidang dengan lebih 130 output, sebagian mempunyai karakteristik tersendiri yang terkadang memerlukan klarifikasi dan diskusi dua arah.

Melalui acara ini diperlukan akan menghasilkan URK DAK Fisik Tahun 2020 untuk setiap subbidang/setiap tempat yang telah mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian, setiap tempat yang mendapat alokasi DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun 2020 mempunyai kesiapan semenjak dini untuk melakukan tahapan selanjutnya dan diperlukan sanggup diwujudkan untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Laman: www.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Tahun 2021 Pelaksanaan Dak Fisik Diserahkan Penuh Pada Kementerian Pupr"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel