✔ Buku Panduan Evaluasi Kinerja Siswa


Penilaian dalam dunia pendidikan merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi isu hasil mencar ilmu penerima didik yang dipakai sebagai dasar untuk menciptakan keputusan pendidikan. Penilaian kelas merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi isu untuk menciptakan banyak sekali keputusan terkait pembelajaran di tingkat kelas oleh guru. Penilaian kelas mempunyai tugas sangat penting untuk
(a) memperlihatkan isu awal sebelum pembelajaran dimulai sehingga guru sanggup mendesain skenario pembelajaran dengan tepat;
(b) memperlihatkan umpan balik bagi guru dan penerima didik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan
(c) memperlihatkan isu ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu, contohnya menyimpulkan ketercapaian sebuah kompetensi dasar pada mata pelajaran tertentu.

Agar evaluasi yang dilakukan guru efektif dan bermakna, guru perlu
(1) merumuskan sasaran pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur;
(2) memastikan teknik evaluasi yang dipilih sesuai dengan setiap sasaran pembelajaran;
(3) memastikan teknik evaluasi yang dipakai sesuai dengan kebutuhan penerima didik ketika ini dan nanti. Teknik evaluasi ketika ini harus mempunyai bantuan konkret terhadap pencapaian mutu lulusan yang mempunyai keterampilan berpikir kritis dan kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi. Oleh alasannya yaitu itu evaluasi harus fokus mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengukur kinerja penerima didik.

Penilaian kinerja sering disebut juga evaluasi otentik merupakan teknik evaluasi multi-dimensional yang sanggup dilakukan dengan evaluasi tertulis,penilaian perbuatan, dan penugasan. Penilaian kinerja menuntut penerima didik menciptakan sebuah produk dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses. Dengan demikian, evaluasi kinerja menuntut penerima didik untuk melaksanakan acara menurut pengetahuan yang dimilikinya, contohnya menciptakan laporan atau mempraktikkan bagaimana mengukur suhu zat di laboratorium.

Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan isu perihal ketercapaian kurikulum yang menjadi sasaran pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi ini sanggup dilakukan dengan memakai banyak sekali bentuk evaluasi sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk evaluasi di kelas yang telah dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan evaluasi kinerja. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk evaluasi yang perlu ditingkatkan penggunaannya di kelas.
Selengkapnya download Panduan Penilaian Kinerja disini

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Panduan Evaluasi Kinerja Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel