✔ Animo Durian, Ketahui Dampak Samping Dan Manfaat Konsumsi Buah Ini


Sejumlah wilayah di Indonesia diketahui sedang ekspresi dominan buah durian pada Januari ini. Buah durian mempunyai nama ilmiah Durio zibethinus.Buah ini merupakan buah orisinil dari Asia Tenggara.

Meski buah yang kulitnya penuh duri ini dikenal mempunyai rasa yang enak, namun sebaiknya Anda tak terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

Melansir dari Badan Litbang Pertanian, kita perlu berhati-hati ketika makan durian alasannya yaitu dalam buah ini terkandung senyawa alkohol (etanol, methanol, ethyl metacrylate) serta banyak sekali senyawa sulfur.

Efek samping
Dampak dari senyawa alkohol di antaranya yaitu meningkatkan tekanan darah. Sehingga pengidap hipertensi dan penyakit menyerupai jantung koroner, stroke atau gangguan ginjal apabila mengonsumsinya sanggup berdampak buruk.

Selain itu buah durian juga mengandung lemak dan glukosa yang cukup tinggi. Lemak bahwasanya merupakan lemak tak jenuh. Akan tetapi ketika buah matang glukosa sanggup menjelma alkohol. Alkohol dan glukosa ini perlu menjadi perhatian terutama yang mempunyai riwayat diabetes.

Kandungan kalori yang tinggi inilah yang menghasilkan pembakaran berlebihan di badan yang kemudian mengakibatkan manifestasi terasa panas dalam tubuh. Tiap 100 gram durian mempunyai kalori sekitar 120-180 kalori. Satu daging durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600-900 kalori.

Maka kalau memakan empat buah durian maka akan menerima ledakan energi instan sebesar 2.400-3.600 kalori melebihi kebutuhan harian rata-rata.

Selain itu, buah durian juga tak dianjurkan bagi perempuan hamil.

Manfaat
Kendati demikian, durian tetap kondusif untuk dimakan selama dinikmati dalam batas wajar.
Pasalnya buah ini mempunyai beberapa manfaat, di antaranya:
  • Mencegah dan mengatasi sembelit
  • Membantu mencegah anemia
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Mengatur kadar gula darah
  • Membantu menjaga fungsi tiroid
  • Mendorong nafsu makan
  • Membantu meredakan migrain
  • Membantu mencegah Depresi
  • Berperan dalam pembentukan tulang dan gigi

Untuk tetap sanggup menikmati buah durian, masyarakat tidak disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian bersama alkohol, tape dan kopi alasannya yaitu sanggup berdampak pada tekanan darah. Serta sebaiknya disarankan untuk minum air putih sehabis mengonsumsi durian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Belum ada Komentar untuk "✔ Animo Durian, Ketahui Dampak Samping Dan Manfaat Konsumsi Buah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel