✔ Buku 33 Taktik Mengajar Sederhana Untuk Kelas Menyenangkan


Pendidikan di Finlandia dikenal sebagai sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Sejak hasil ujian internasional Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) keluar pada tahun 2000, Finlandia mendapat perhatian khusus dari seluruh dunia. Remaja Finlandia berhasil menempati peringkat pertama bersama dengan Korea Selatan dan Jepang. Pada hasil tersebut, Finlandia menempati peringkat pertama di Literasi Membaca, keempat di Matematika, dan ketiga di Ilmu Alam.

Pendidikan berkualitas tersebut bergantung banyak pada kualitas jajaran pendidiknya yang diberikan kebebasan penuh dalam meramu kurikulum dan memilih metode dan bahan belajar-mengajar. Keberhasilan tersebut telah menarik sekitar 100 delegasi dari 40-45 negara di seluruh dunia untuk mengunjungi Kementerian Pendidikan Finlandia pada masa 2005-2011 dan mempelajari kunci sukses sistem pendidikan disana.Finlandia juga telah melakukan ekspor sistem pendidikannya ke negara-negara lain.

Sistem pendidikan di Finlandia tidak memberlakukan pemeringkatan institusi pendidikan dan merupakan sistem inklusif dimana semua siswa dianggap setara dalam haknya untuk mendapat pendidikan. Karenanya, tidak ada pembagian kelas berdasarkan kompetensi akademis maupun bagi belum dewasa berkebutuhan khusus. 

Tahun pelajaran sekolah dimulai pada bulan Agustus dan berakhir di bulan Juni dengan total 190 hari sekolah. Murid bersekolah lima hari dalam seminggu dengan jumlah pelajaran berkisar antara 19-30 per minggunya, tergantung dari tingkat pembelajaran serta jumlah kelas pilihan yang diambil.

Pendanaan pendidikan di Finlandia sangat didukung pemerintah dimana dana swasta dan perorangan sangat rendah; hanya 4,1% dari total pengeluaran operasional pendidikan secara nasional pada tahun 2011. Angka ini jauh lebih rendah daripada rata-rata negara-negara OECD yang berada pada tingkat 32%. Budget pemerintah Finlandia untuk pos pendidikan per siswa adalah EUR 16.714 pada tahun 2011, lebih tinggi 23% daripada budget rata-rata negara-negara OECD.

Mayoritas pemerintah kawasan juga memiliki otoritas untuk memilih sekolah bagi setiap siswa yang berada dalam wilayahnya, biasanya sekolah terdekat rumah masing-masing siswa.( https://id.wikipedia.org)

Buku 33 Strategi Mengajar Ala Finlandia, Teach like Finland, salah satu buku best seller, sang penulis Timothy Walker menjelaskan bagaimana cara sederhana menciptakan kelas menyenangkan, menjelaskan langkah-langkah simpel perihal bagaimana memasukkan kebahagiaan dan hal yang menyengkan di sekolah, jikalau anda bisa memberikan dengan ide-ide yang disampaikan, anda akan mengajar sedikit menyerupai finlandia.
Selengkapnya Download Buku 33 Strategi Mengajar Ala Finlandia ‘Teach Like Finland’ disini

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku 33 Taktik Mengajar Sederhana Untuk Kelas Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel