✔ Cara Menciptakan Buku Anutan Guru
Buku Pedoman Guru ialah buku goresan pena guru yang berisi planning kerja tahunan guru atau satu tahun. Buku pedoman guru tersebut berisikan:
Rencana kerja tersebut paling tidak mencakup upaya dalam meningkatkan/ memperbaiki aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran.
Pada rancangan itu disajikan planning aktivitas PKB yang akan dilakukan.dalam satu tahun
Melalui planning kerja tersebut, guru mempunyai pedoman untuk menyebarkan profesinya.
Sebagai orang yang profesional guru mempunyai empat kompetensi kepribadian, profesional, paedagogik dan sosial. Empat kompetensi ini lah yang direncanakan setiap tahun untuk terus dikembangkan.
Buku pedoman guru tersebut sanggup dimanfaatkan kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru bersangkutan.
BACA JUGA : DIKTAT PELAJARAN DAN CARA MEMBUATNYA
Rencana kerja tersebut paling tidak mencakup upaya dalam meningkatkan/ memperbaiki aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran.
Pada rancangan itu disajikan planning aktivitas PKB yang akan dilakukan.dalam satu tahun
Melalui planning kerja tersebut, guru mempunyai pedoman untuk menyebarkan profesinya.
Sebagai orang yang profesional guru mempunyai empat kompetensi kepribadian, profesional, paedagogik dan sosial. Empat kompetensi ini lah yang direncanakan setiap tahun untuk terus dikembangkan.
Buku pedoman guru tersebut sanggup dimanfaatkan kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru bersangkutan.
BACA JUGA : DIKTAT PELAJARAN DAN CARA MEMBUATNYA
Kerangka Isi Buku Pedoman Guru
Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik rapi dan dibendel,lengkap dengan lampirannya. Adapun kerangka isi buku pedoman guru minimal sebagai berikut.
Bagian Awal: yang terdiri dari:
1.Halaman judul yang pertanda identitas guru dan tahun kerja dari planning kerja guru tersebut,
2.Lembaran persetujuan dari kepala sekolah/ madrasah;
3.Kata pengantar;
4.Daftar isi.
Bagian Isi: terdiri dari beberapa belahan yakni:
Bab I. Pendahuluan
Pendahuluan berisi penjelaskan ihwal tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru tersebut, klarifikasi ringkas tentang target-target capaian yang diperlukan dicapai pada tahun tersebut.
Bab II.Rincian planning kerja
Rincian planning kerja disajikan dalam satuan waktu bulanan untuk selama setahun. Rencana kerja tersebut berupa planning guru yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional.
Dalam hal ini sanggup dipilih sesuai skala prioritas misalnya, tahun ini berkaitan dengan peningkatan kompetensi profesional, maka tulislah semua rencana/target untuk peningkatan kompetensi profesional dalam satu tahun.
Bab III.Penutup
Penutup ditulis dengan penjelaskan ringkasan planning aktivitas dan planning sasaran yang ingin dicapai selama satu tahun.
Buku pedoman guru disajikan dalam bentuk makalah, diketik rapi dan dibendel,lengkap dengan lampirannya. Adapun kerangka isi buku pedoman guru minimal sebagai berikut.
Bagian Awal: yang terdiri dari:
1.Halaman judul yang pertanda identitas guru dan tahun kerja dari planning kerja guru tersebut,
2.Lembaran persetujuan dari kepala sekolah/ madrasah;
3.Kata pengantar;
4.Daftar isi.
Bagian Isi: terdiri dari beberapa belahan yakni:
Bab I. Pendahuluan
Pendahuluan berisi penjelaskan ihwal tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru tersebut, klarifikasi ringkas tentang target-target capaian yang diperlukan dicapai pada tahun tersebut.
Bab II.Rincian planning kerja
Rincian planning kerja disajikan dalam satuan waktu bulanan untuk selama setahun. Rencana kerja tersebut berupa planning guru yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional.
Dalam hal ini sanggup dipilih sesuai skala prioritas misalnya, tahun ini berkaitan dengan peningkatan kompetensi profesional, maka tulislah semua rencana/target untuk peningkatan kompetensi profesional dalam satu tahun.
Bab III.Penutup
Penutup ditulis dengan penjelaskan ringkasan planning aktivitas dan planning sasaran yang ingin dicapai selama satu tahun.
Bagian Penunjang:
Bagian penunjang ini ialah berupa lampiran-lampiran yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan planning /target yang dibentuk pada bagian.
Dengan kata lain belahan penunjang memuat lampiran yang menunjang planning kerja tahunan tersebut, contohnya RPP, skenario kegiatan, analisis ulangan harian, materi latih dan lain-lain.
Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan penetapan angka kredit adalah:
1. Berupa makalah planning kerja satu tahun (Pedoman Kerja Guru) yang secara terperinci mengatakan nama penulis dan tahun planning kerja tersebut akan dilakukan dilengkapi dengan lampiran berupa bukti fisik yang telah dikerjaklan guru dalam satu tahun sesuai dengan rtarget yang direncanakan.
2. Makalah tersebut dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
3. Angka kredit dari buku pedoman guru tersebut ialah 1,5 per tahun.
Berikut ini alternatif rincian planning kerja tahunan
Dengan kata lain belahan penunjang memuat lampiran yang menunjang planning kerja tahunan tersebut, contohnya RPP, skenario kegiatan, analisis ulangan harian, materi latih dan lain-lain.
Bukti fisik yang harus disertakan dalam pengajuan penetapan angka kredit adalah:
1. Berupa makalah planning kerja satu tahun (Pedoman Kerja Guru) yang secara terperinci mengatakan nama penulis dan tahun planning kerja tersebut akan dilakukan dilengkapi dengan lampiran berupa bukti fisik yang telah dikerjaklan guru dalam satu tahun sesuai dengan rtarget yang direncanakan.
2. Makalah tersebut dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
3. Angka kredit dari buku pedoman guru tersebut ialah 1,5 per tahun.
Berikut ini alternatif rincian planning kerja tahunan
Rincian Rencana Kerja TP. 2019/2020
NO | Program | Target | Jadwal | |||
I | Peningkatan Kompetensi Profesional dan Paedagogik | |||||
A. | Perencanaan Pembelajaran | |||||
1. | Menyusun Silabus | |||||
2 | Membuat KKM | |||||
3 | Menyusun RPP | |||||
4 | ... dst. | |||||
B. | Pelaksanaan Proses Pembelajaran | |||||
1 | Penerapan model-model pembelajaran PAIKEM | |||||
2 | Penerapan model pembelajaran saintifk | |||||
3 | Penggunaan media ITC (powerpoint) | |||||
4 | ...dst | |||||
C. | Evaluasi/Penilaian pembelajaran | |||||
1 | Melakukan penilaian hasil belajar, UH, MID dan Semester | |||||
2 | Melakukan analisis tes hasil belajar | |||||
3 | Melakukan remidial dan pengayaan | |||||
II | Peningkatan Kompetensi Kepribadian dan Sosial | |||||
1 | Peningkatan kerjasama/team work di sekolah | |||||
2 | Peningkatan etos kerja/Komitmen kerja | |||||
3 | Menjalin kerjasama dengan orangtua siswa | |||||
III | Pengembangan Diri dan PKB | |||||
A | Pengembangan diri | |||||
1 | Mengikuti aktivitas di MGMP | |||||
2 | Mengikuti kegiatan kolektif guru lainnya | |||||
B | PKB bidang Penyusunan Publikasi Ilmiah | |||||
1 | Membuat diktat pelajaran | |||||
2 | Membuat PTK satu buah |
Klik Contoh Buku Pedoman Guru DISINI
Perlu diketahui tidak harus semua kompetensi masuk dalam jadwal , skala prioritas sanggup dilihat menurut refleksi diri apa yang sangat prioritas diperbaiki tahun ini terutama yang berkaitan dengan mutu proses pembelajaran.
Setiap aktivitas yang dilakukan diadministrasikan baik bukti fisiknya sebagai lampiran yang diikutsertakan dalam buku pedoman guru (dijilid bersamaa) untuk diusulkan dinilai angka kreditnya.
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menciptakan Buku Anutan Guru"
Posting Komentar