✔ Tips Meningkatkan Tugas Serta Orang Renta Dalam Kegiatan Sekolah

Agar jadwal sekolah sanggup terealisasi secara optimal, sekolah perlu mendapat dukungan dari orang tua, dan masyarakat sekitar (lingkungan sekolah). Sebaik apa pun jadwal tanpa dukungan orang renta dan masyarakat  akan sulit terlaksa dan menunjukkan hasil yang diharapkan. Kepala sekolah harus menciptakan gagasan-gagasan  untuk meningkatkan kiprah orang renta maupun masyarakat sehingga dinamika kegiatan di sekolah sanggup terlaksana.

Dibawah ini diberikan beberapa tips yang mungkin sekolah sudah melakukan bahkan lebih, namun bagi sekolah yang selama ini kekerabatan dan keterlibatan orang renta dan masyarakat masih rendah ada baiknya memakai tips ini.


A. Orang renta penerima didik


1. Mengundang orang renta penerima didik di awal tahun  menyatakan  selamat bergabung , perkenalan dan orientasi singkat wacana sekolah semoga orang renta mengetahui visi, misi, tujuan ,dan jadwal sekolah serta acara yang dilakukan


2. Bagikan daftar personal sekolah secara lengkap ke pada orang tua, termasuk alamat, telepon/HP dan tugas-tugas pokok mereka. Sehingga orang renta sewaktu-waktu sanggup menghubungi,


3. Lakukan rapat tertentu dengan oran tua, dan sebaiknya dilakukan pada level kelas, selain lebih efektif orang renta akan tau dengan perkembangan terakhir anak mereka.


4. Mengirimi gosip sekolah secara periodik, baik termasuk peraturan akademik, disiplin sekolah, tata tertib dan kegiatan-kegiatan penerima didik dan guru.


5. Mengundang orang renta jikalau anaknya berprestasi, tidak sempurna kalau orang renta diundang kalau anaknya bermasalah


6. Melakukan kunjungan rumah (home visit) jikalau diperlukan,


7. Melibatkan orang renta sebagai sponsor atau panitia kegiatan di sekolah, seperti  dalam perpisahan, peringatan hari besar nasional maupun keagamaan, pesta seni dan sebagainya.


8. Memberi kiprah orang renta untuk mengambil keputusan, sehingga merasa bertanggungjawab untuk melaksanakannya,


9. Memberi dorongan kepada guru dan tenaga manajemen semoga mereka turut serta melibatkan orang renta dalam menunjang keberhasilan berguru siswa.


10. Jika ingin meminta bantuan, sumbangan  maupun dukungan pembiyaan dari orang renta maka sekolah terlebih dahulu memprakarsai pembentukan komite sekolah dengan rapat bersama dengan orang renta penerima didik. Susun jadwal sebaik-baiknya lakukan sosialisasi kepada komite, tawarkan jadwal (jual program) melalui kiprah serta komite sekolah. Sebaiknya dalam menyusun jadwal perlu melibatkan orag renta penerima didik.


B. Orang renta atau  masyarakat sekitar


1.Turut melakukan jadwal –program kemasyarakatan, contohnya kebersihan lingkungan, membantu kemudian lintas di sekitar sekolah dan lain-lain


2. Mengadakan open house yang memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengetahui kegiatan dan jadwal sekolah.


3. Mengadakan bulletin sekolah atau majalah atau lembar informasi maupun website sekolah, yang memuat kegiatan dan jadwal sekolah  untuk menginformasikan kepada masyarakat,


4. Mengundang tokoh untuk menjadi pembicara atau pembina suatu jadwal sekolah


5. Membuat jadwal kolaborasi sekolah dengan masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintah di sekitar.


C. Cara mengendalkan tokoh atau masyarakat yang mempunyai impian tertentu semoga jadwal sekolah sama dengan keinginannya


1. Sekolah perlu menghargai gagasan, tetapi tidak harus menuruti jikalau tidak sesuai dengan jadwal induk sekolah. Kepala sekolah sanggup menyampaikan bahwa gagasannya sangat elok tetapi belum sanggup dilaksanakan alasannya tidak termasuk dalam jadwal induk sekolah.


2. Jika ada tokoh yang kritis dan bersikeras, perlu dipikirkan seberapa penting kiprah yang bersangkutan dalam pengembangan sekolah. Artinya jikalau keinginannya tidak terealisasi yang bersangkutan tidak aktif lagi, maka sekolah harus siap cara mengatasinya.


3. Jika terjadi konflik antara tokoh atau anggota masyarakat yang sama-sama aktif dalam jadwal sekolah, kepala sekolah harus netral. Kedua belah pihak harus diajak musyawarah dengan anutan keterlaksanaan jadwal pengembangan sekolah.


4. Pahami hukum /regulasi yang berlaku, dan mengarahkannya semoga tokoh/masyarakat sanggup memahami regulasi yang berlaku.


Kemampuan menjalin kerjasama yang baik menjadi bab kiprah kepemimpinan kepala sekolah ialah mempengaruhi, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan  dan berbagi sumberdaya yang ada.  Demikian beberapa tips sebagai alternatif yang sanggup dilaksanakan sekolah, dan sebelumnya diawali menyusun jadwal khusus dalam bidang Humas . Sekolah harus bersifat inklusif dan menghindari sifat pribadi dari masyarakat sekitar.








Belum ada Komentar untuk "✔ Tips Meningkatkan Tugas Serta Orang Renta Dalam Kegiatan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel