✔ Tips Menciptakan Tawaran Ptk
A. JUDUL PENELITIAN
Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup terang mewakili citra ihwal problem yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menuntaskan atau sebagai solusi terhadap problem yang dihadapi
Judul harus sanggup menjawab minimal 3 pertanyaan :
What : apa yang mau ditingkatkan
Who : Siapa yang mau ditingkatkan
How : Bagaimana cara meningkatkan, boleh dilengkapai dengan balasan pertayaan where dan when.
Penggunakan kartu bilangan sanggup meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X... semester I th 2018
Apa yang mau ditingkatkan : pemahaman konsep operasi bilangan pecahan
Siapa yang mau ditingkatkan : siswa kelas V SD
Bagaimana cara meningkatkan : Dengan memakai kartu bilangan
Judul di atas telah sanggup menjawab tiga pertanyaan, berarti syarat judul terpenuhi tinggal menambahkan keterangannya.
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara terang bahwa problem yang diteliti merupakan sebuah problem yang positif terjadi di sekolah dan diagnosis oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah problem penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta sanggup dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang sanggup memperlancar penelitian tersebut.
Setelah didiagnosis (diidentifikasi) problem penelitiannya, maka selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari problem tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari problem dan akar penyebab munculnya problem tersebut.
Di samping itu, mekanisme dan alat yang dipakai dalam melaksanakan identifikasi (inventarisasi) perlu dikemukakan secara terang dan sistematis.
Mulailah menulis kondisi ideal atau kondisi yang diharapkan, kemudian tuliskan kenyataan yang terjadi disekolah/kelas, perlihatkan kesenjangan yang terjadi antara keinginan dengan kenyataan.
Berikan solusi bagaimana kita menuntaskan problem tersebut dan dampaknya jikalau tidak segera diselesaikan, jelaskan pula semua kemudahan yang dibutuhkan untuk pemecahan problem
C. PERUMUSAN MASALAH
Rumuskan problem penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan problem sanggup dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan problem sebaiknya memakai kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi.
Rumusan problem biasanya memakai kata Tanya “apakah” dan “bagaimana” jikalau tindakan yang didahulukan gunakan kata tanya apa , namun jikalau hasil yang didahulukan gunakan kata tanya “bagaimana”
Apakah penggunakan kartu bilangan sanggup meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X...
semester I th 2018?
D. PEMECAHAN MASALAH
Uraikan pendekatan dan konsep yang dipakai untuk menjawab problem yang diteliti, sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan problem telah mengatakan akar penyebab permasalahan dan bentuk tindakan (action) yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.
Mengapa siswa tidak aktif bertanya dalam pelajaran matematika?
Sumber masalah: Guru terlalu kaku, tidak komunikatif, tidak menyenangkan, tidak ada media, dan sebagainya.
Media tidak menarik
Penggunaan Media yang menarik
Meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas IV SD … X melalui penggunaan media yang menarik dan sesuai
E. TUJUAN PENELITIAN
Kemukakan secara singkat ihwal tujuan penelitian yang ingin dilakukan dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.
F. MANFAAT PENELITIAN
Dalam menjelaskan manfaat penelitian, tidak perlu muluk-muluk cukup sebatas ruang lingkup kiprah dan fungsi kita yaitu manfaat untuk siswa, guru, sekolah dan dinas pendidikan setempat. Kemukakan penemuan yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
G. TINJAUAN PUSTAKA
Uraikan dengan terang kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori, temuan dan materi penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikan landasan untuk mengatakan ketepatan ihwal tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut.
Uraian ini dipakai untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dipakai dalam penelPada cuilan final dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan tingkat keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.
BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB I
H. METODE PENELITIAN
Uraikan secara terang mekanisme penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.
Tunjukkan siklus-siklus acara penelitian dengan menguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindah ke siklus lainnya. Jumlah-jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, dan satu siklus minimal dua kali pertemuan. Bagian-bagaian yang harus terlihat penjelasannya pada metode penelitian adalah: setting penelitian, subjek penelitian, jenis penelitian, mekanisme penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan indikator keberhasilan/capaian.
I. JADWAL PENELITIAN
Buatlah jadwal acara penelitian yang mencakup acara persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk kafe chart. Jadwal acara penelitian disusun selama 1-6 bulan.
(Catatan: Karya Tulis penelitian maksimun hanya 2 yang sanggup dinilai dalam satu tahun)
BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB II
J. PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian jikalau dalam bentuk tim maksimal 5 orang, yang terdiri dari: 1 orang Ketua Peneliti dan 4 orang guru di sekolah. Uraikan peran/tugas dan jumlah waktu yang dipakai dalam setiap bentuk acara penelitian yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas sebaiknya dilakukan secara kolaborasi. Namun apabila peneliti bertindak sekaligus observer harus dijelaskan dengan rinci.
Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten berdasarkan model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah dihasilkan hingga dikala ini )
3. BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB III
Selamat menciptakan tawaran kepada teman-teman semua.
Bahan Bacaan:
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas . (2007). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta:
Direktorat Pembinaan SMA.
Yudistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria APIK, Bandung:CV. Alfabeta.
Judul penelitian hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup terang mewakili citra ihwal problem yang akan diteliti dan tindakan yang dipilih untuk menuntaskan atau sebagai solusi terhadap problem yang dihadapi
Judul harus sanggup menjawab minimal 3 pertanyaan :
What : apa yang mau ditingkatkan
Who : Siapa yang mau ditingkatkan
How : Bagaimana cara meningkatkan, boleh dilengkapai dengan balasan pertayaan where dan when.
Penggunakan kartu bilangan sanggup meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X... semester I th 2018
Apa yang mau ditingkatkan : pemahaman konsep operasi bilangan pecahan
Siapa yang mau ditingkatkan : siswa kelas V SD
Bagaimana cara meningkatkan : Dengan memakai kartu bilangan
Judul di atas telah sanggup menjawab tiga pertanyaan, berarti syarat judul terpenuhi tinggal menambahkan keterangannya.
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara terang bahwa problem yang diteliti merupakan sebuah problem yang positif terjadi di sekolah dan diagnosis oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah problem penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta sanggup dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang sanggup memperlancar penelitian tersebut.
Setelah didiagnosis (diidentifikasi) problem penelitiannya, maka selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari problem tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari problem dan akar penyebab munculnya problem tersebut.
Di samping itu, mekanisme dan alat yang dipakai dalam melaksanakan identifikasi (inventarisasi) perlu dikemukakan secara terang dan sistematis.
Mulailah menulis kondisi ideal atau kondisi yang diharapkan, kemudian tuliskan kenyataan yang terjadi disekolah/kelas, perlihatkan kesenjangan yang terjadi antara keinginan dengan kenyataan.
Berikan solusi bagaimana kita menuntaskan problem tersebut dan dampaknya jikalau tidak segera diselesaikan, jelaskan pula semua kemudahan yang dibutuhkan untuk pemecahan problem
C. PERUMUSAN MASALAH
Rumuskan problem penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan problem sanggup dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan problem sebaiknya memakai kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi.
Rumusan problem biasanya memakai kata Tanya “apakah” dan “bagaimana” jikalau tindakan yang didahulukan gunakan kata tanya apa , namun jikalau hasil yang didahulukan gunakan kata tanya “bagaimana”
Apakah penggunakan kartu bilangan sanggup meningkatkan pemahaman konsep Operasi bilangan pecahan pada siswa kelas V SD X...
semester I th 2018?
D. PEMECAHAN MASALAH
Uraikan pendekatan dan konsep yang dipakai untuk menjawab problem yang diteliti, sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan problem telah mengatakan akar penyebab permasalahan dan bentuk tindakan (action) yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.
Mengapa siswa tidak aktif bertanya dalam pelajaran matematika?
Sumber masalah: Guru terlalu kaku, tidak komunikatif, tidak menyenangkan, tidak ada media, dan sebagainya.
Media tidak menarik
Penggunaan Media yang menarik
Meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas IV SD … X melalui penggunaan media yang menarik dan sesuai
E. TUJUAN PENELITIAN
Kemukakan secara singkat ihwal tujuan penelitian yang ingin dilakukan dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.
F. MANFAAT PENELITIAN
Dalam menjelaskan manfaat penelitian, tidak perlu muluk-muluk cukup sebatas ruang lingkup kiprah dan fungsi kita yaitu manfaat untuk siswa, guru, sekolah dan dinas pendidikan setempat. Kemukakan penemuan yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
G. TINJAUAN PUSTAKA
Uraikan dengan terang kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori, temuan dan materi penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikan landasan untuk mengatakan ketepatan ihwal tindakan yang akan dilakukan dalam mengatasi permasalahan penelitian tersebut.
Uraian ini dipakai untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dipakai dalam penelPada cuilan final dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan tingkat keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.
BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB I
H. METODE PENELITIAN
Uraikan secara terang mekanisme penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.
Tunjukkan siklus-siklus acara penelitian dengan menguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindah ke siklus lainnya. Jumlah-jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, dan satu siklus minimal dua kali pertemuan. Bagian-bagaian yang harus terlihat penjelasannya pada metode penelitian adalah: setting penelitian, subjek penelitian, jenis penelitian, mekanisme penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan indikator keberhasilan/capaian.
I. JADWAL PENELITIAN
Buatlah jadwal acara penelitian yang mencakup acara persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk kafe chart. Jadwal acara penelitian disusun selama 1-6 bulan.
(Catatan: Karya Tulis penelitian maksimun hanya 2 yang sanggup dinilai dalam satu tahun)
BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB II
J. PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian jikalau dalam bentuk tim maksimal 5 orang, yang terdiri dari: 1 orang Ketua Peneliti dan 4 orang guru di sekolah. Uraikan peran/tugas dan jumlah waktu yang dipakai dalam setiap bentuk acara penelitian yang dilakukan. Penelitian tindakan kelas sebaiknya dilakukan secara kolaborasi. Namun apabila peneliti bertindak sekaligus observer harus dijelaskan dengan rinci.
Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten berdasarkan model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah dihasilkan hingga dikala ini )
3. BACA : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK BAB III
Selamat menciptakan tawaran kepada teman-teman semua.
Bahan Bacaan:
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas . (2007). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta:
Direktorat Pembinaan SMA.
Yudistira, D. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas Yang Memenuhi Kriteria APIK, Bandung:CV. Alfabeta.
Belum ada Komentar untuk "✔ Tips Menciptakan Tawaran Ptk"
Posting Komentar