✔ Menciptakan Goresan Pena Ihwal Hobiku

Gurune.net - Dalam buku siswa kelas V SD/MI pada tema 1, acara berbasis proyek acara 2 ada kiprah perihal menulis hobi. Adapun tugasnya yaitu :

Buatlah goresan pena yang berisi perihal hobimu. Namun sebelumnya, kau harus menentukan terlebih dulu ide pokoknya :

Langkah Kerja 

1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita. 
2. Tentukan ide pokok cerita. 
3. Tulislah dongeng perihal hobimu masing-masing. 
4. Bacakan dongeng yang telah kau tulis di depan teman-temanmu. 

Kriteria Keberhasilan: 

1. Dapat menuliskan dongeng secara sederhana, 
2. bisa mengkomunikasikan hasil tulisannya dengan bercerita, dan 
3. sanggup berbicara dengan sopan dan santun pada ketika bercerita.

Ini ada pola dari gurune perihal goresan pena salah satu gurune yang berjudul " Aku Suka Membaca"

tulisan ini bercerita perihal hobi membaca ananda rini yang masih duduk dikelas V SD, agar bisa menjadi pola anak - anaku yang lain. 

Adapun manis tidaknya goresan pena gurune nilai karya anak selalu bagus, alasannya ialah seorang anak sanggup merangkai beberapa paragraf dengan bahasa yang runtut saja sudah sangat luar biasa. Silahkan baca sebuah goresan pena perihal hobiku dibawah ini, agar bisa menjadi inspirasi.

Buatlah goresan pena yang berisi perihal hobimu ✔ Membuat Tulisan Tentang Hobiku

Aku Suka Membaca


Aku Suka Membaca

Namaku rini saya siswa kelas 5 SD, setiap hari saya selalu sibuk dengan buku- bukuku. Karena Hobiku ialah membaca. Aku sangat suka sekali membaca. Terkadang ketika jam istirahat di Sekolah disaat teman-teman yang lain sibuk bermain dan bercanda dengan sahabat lainya, saya malah menentukan perpustakaan sebagi daerah istirahatku. Namanya saja hobi, pastinya membawa kesenangan tersendiri. Mungkin bagi sebagian temanku ini ialah rutinitas yang membosankan dan menjenuhkan, tapi buatku membaca ialah hal yang sangat mengasyikan. Kata pak guru “ Membaca ialah Jendela Dunia”. Dengan membaca kita bisa tahu apa saja. Allah SWT saja memerintahkan Rasulullah Muhammad SAW ketika pertama kali mendapatkan wahyunya untuk membaca. Buatku membaca menyerupai menciptakan ketagihan, dikala bacaanku belum simpulan rasanya ingin terus dan terus membukanya, kadang saat  bepergianpun saya selalu membawa buku kesukaanku.

Aku sangat suka sekali membaca kisah – kisah, apalagi kisah para nabi dan rasul. Walau sudah kubaca berulangkali tapi masih tetap suka buku – buku itu. Beberapa bulan yang kemudian perpustakaan di Sekolahku mendapatkan kiriman buku gres dari pemerintah, saya sangat bahagia sekali. Banyak sekali judul buku yang menarik. Sayang belum semua bisa dipinjam alasannya ialah masih dalam proses pelebelan. Akan tetapi sudah ada separo kiriman buku gres sudah berjejer di rak buku perpustakaan disekolahku. Disanalah tempatku meluapkan hobiku. 

Setiap 3 hari sekali saya selalu meminjam buku yang saya suka. Penjaga perpustakaan di sekolahku sangat ramah, walau perpustakaan di sekolahku  kecil dan sederhana  jauh dari perpustakaan menyerupai yang ada di sekolahan sahabat – temanku dikota yang ber AC, berkarpet lantai dan rak yang bagus, tapi tidak membuatku lupa mendatangiya dikala istirahat. Setiap hari minimal 2 lembar bacaan yang ku baca di perpustakaan berarti 2 lembar ilmu yang ku dapat, saya percaya bahwa apa yang kupelajari dengan membaca di hari ini akan mempunyai kegunaan di kehidupanku dimasa yang akan datang. 

Pak guru pernah memberikan kepada anak – anak kelas V, bahwa kami disuruh untuk terus membaca. Sebab dengan membaca, apa yang dipelajari hari ini akan terus saling terkait dan apa yang dipelajari hari ini untuk bekal dimasa yang akan datang. Apalagi kini sudah zamanya teknologi yang kian canggih, maka budaya literasi hasus semakin ditingkatkan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Menciptakan Goresan Pena Ihwal Hobiku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel