✔ Sistematika Jadwal Dan Laporan Pengawas Sekolah
Tugas pokok pengawas sekolah yakni melaksanakan pengawasan dalam bidang akademik dan manajerial ke sekolah binaannya sesuai dengan pembagian kiprah tahunan.Sebelum melaksanakan pengawasan kademik dan manajerial pengawas sekolah wajib menciptakan jadwal pengawasan dan sehabis melaksanakan aktivitas pengawas menciptakan laporan pengawasan.
Pengawasan akademik merupakan kiprah pengawas sekolah yang berkenaan dengan pelaksanaan kiprah pembinaan, pemantauan, penilaian, dan pembimbingan dan training profesional guru pada aspek kompetensi guru dan kiprah pokok guru. : pembinaan, pementauan, evaluasi , pembimbingan dan pelatihan
Pengawasan manajerial merupakan kiprah pengawas sekolah yang mencakup aktivitas pembinaan, pemantauan, penilaian, serta pembimbingan dan training profesional kepala sekolah dan tenaga kependidikan lain pada aspek pengelolaan dan manajemen sekolah yang terkait eksklusif dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah dalam mendukung terlaksananya proses pembelajaran: pembinaan, pementauan, evaluasi , pembimbingan dan training serta pelaksanaan kiprah kepengawasan di tempat khusus
Untuk melaksanakan kiprah tersebut maka seorang pengawas sekolah harus merencanakan pengawasan dan lalu menyusun laporan per aspek aktivitas setiap tahunnya.
Berikut ini sistematika jadwal pengawasan dan laporan per aspek aktivitas :
1. Sistematika Program Pengawasan
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL,
DAFTAR GAMBAR
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan Hukum
C. Visi, Misi, dan Tujuan Pengawasan
D. Sasaran dan Strategi Pengawasan
E. Alur Kegiatan Pengawasan
F. Ruang Lingkup Pengawasan
G. Tujuan dan Manfaat Program Pengawasan
BAB II EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA
A. Identifikasi Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya)
B. Analisis Hasil Pengawasan (tahun sebelumnya)
C. Tindak Lanjut Hasil Pengawasan sebagai Acuan dalam Penyusunan Program Pengawasan
BAB III PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN SEKOLAH
A. Program Pembinaan Guru dan/atau Kepala Sekolah
B. Program Pemantauan Pelaksanaan SNP
C. Program Penilaian Kinerja Guru dan/atau Kepala Sekolah D. Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru dan/atau Kepala Sekolah*)
BAB IV PROGRAM SEMESTER PENGAWASAN SEKOLAH
A. Program Semester (Januari hingga dengan Juni)
B. Program Semester (Juli hingga dengan Desember)
BAB V RENCANA PENGAWASAN AKADEMIK (RPA) DAN RENCANA PENGAWASAN MANAJERIAL (RPM)
A. Rencana Pengawasan Akademik (RPA)
B. Rencana Pengawasan Manajerial (RPM) BAB VI PENUTUP LAMPIRAN
Lampiran berisikan instrumen sebagai alat pengumpul data pembinaan guru dan kepala sekolah, instrumen pemantauan pelaksanaan SNP, instrumen evaluasi kinerja guru dan kepala sekolah, blangko daftar hadir, serta blangko surat keterangan telah melaksanakan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi kinerja
2. Sistematika Laporan Pelaksanaan Pembinaan Guru Dan/Atau Kepala Sekolah.
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Fokus Masalah Pengawasan
C. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
D. Tugas Pokok/Ruang Lingkup Pengawasan
BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH BAB III PENDEKATAN DAN METODE
BAB IV HASIL PENGAWASAN PADA SEKOLAH BINAAN
A. Hasil Pelaksanaan Pembinaan Guru B. Hasil Pelaksanaan Pembinaan Kepala Sekolah
C. Pembahasan Hasil Pengawasan
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN
1. Surat kiprah pengawasan dari kepala dinas pendidikan atau korwas kabupaten/kota 2. Surat keterangan pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah dari kepala sekolah binaan
3. Jadwal pelaksanaan pembinaan guru dan/atau kepala sekolah
4. Daftar hadir guru dan/atau kepala sekolah pada dikala pembinaan
5. Instrumen pembinaan yang telah diisi
3. Sistematika Laporan Pelaksanaan Pemantauan Pelaksanaan Delapan SNP.
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Fokus Masalah Pemantauan
C. Tujuan dan Sasaran Pemantauan
D. Tugas Pokok/Ruang Lingkup Pemantauan
BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH BAB III PENDEKATAN DAN METODE
BAB IV HASIL PENGAWASAN PADA SEKOLAH BINAAN
A. Hasil Pelaksanaan dan Pengolahan Pemantauan Pelaksanaan Delapan SNP
B. Pembahasan Hasil Pengawasan BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN
1. Surat kiprah pengawasan dari kepala dinas pendidikan atau korwas kabupaten/kota 2. Surat keterangan pelaksanaan pemantauan pelaksanaan Delapan SNP dari kepala sekolah binaan
3. Jadwal pelaksanaan pemantauan pelaksanaan Delapan SNP dilaksanakan sesuai dengan planning
4. Daftar hadir yang berisi daftar sekolah binaan yang dipantau dalam pelaksanaan Delapan SNP dan ditandatangani kepala sekolah
5. Instrumen pemantauan yang telah diisi
6. Hasil pengolahan pemantauan yang berisi rekapitulasi nilai tiap SNP
4. Sistematika Laporan Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru Dan/Atau Kepala Sekolah.
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
B. Latar Belakang
C. Fokus Masalah Pengawasan
D. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
E. Tugas Pokok/Ruang Lingkup Pengawasan
BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH
BAB III PENDEKATAN DAN METODE
BAB IV HASIL PENGAWASAN PADA SEKOLAH BINAAN
A. Hasil Pelaksanaan dan Pengolahan Penilaian Kinerja Guru
B. Hasil Pelaksanaan dan Pengolahan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
C. Pembahasan Hasil Pengawasan
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN
1. Surat kiprah pengawasan dari kepala dinas pendidikan atau korwas kabupaten/kota
2. Surat keterangan pelaksanaan evaluasi kinerja guru dan/atau kepala sekolah dari kepala sekolah binaan
3. Jadwal pelaksanaan evaluasi kinerja guru dan/atau kepala sekolah
4. Daftar hadir guru (memenuhi beban jumlah guru minimal) dan/atau kepala sekolah (memenuhi jumlah minimal kepala sekolah binaan) yang dinilai
5. Instrumen evaluasi kinerja guru dan/kepala sekolah yang telah diisi
6. Hasil pengolahan evaluasi kinerja guru dan/atau kepala sekolah
5. Sistematika Laporan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Pengawasan Di Tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi.
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Fokus Masalah Pengawasan
C. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
D. Tugas Pokok/Ruang Lingkup Pengawasan
BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH BAB III PENDEKATAN DAN METODE
BAB IV HASIL PENGAWASAN PADA TINGKAT KABUPATEN/KOTA/ PROVINSI
A. Hasil Pelaksanaan Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah
B. Hasil Pemantauan Pelaksanaan SNP
C. Hasil Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah
D. Pembimbingan Profesionalisme Guru dan Kepala Sekolah
E. Pembimbingan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah
F. Pembimbingan Pengawas Sekolah Muda dan Pengawas Sekolah Madya dalam Pelaksanaan Tugas Pokok
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN
1. Data hasil pembinaan guru dan/atau kepala sekolah
2. Hasil analisis pembinaan guru dan/atau kepala sekolah
3. Data hasil pemantauan SNP
4. Hasil analisis pemantauan SNP
5. Data hasil evaluasi kinerja guru dan/atau kepala sekolah 6. Hasil analisis evaluasi kinerja guru dan/atau kepala sekolah
6. Sistematika Laporan Hasil Pelaksanaan Bimbingan Dan Pelatihan Profesional Guru Dan/Atau Kepala Sekolah.
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Fokus Masalah
C. Tujuan dan Sasaran
BAB II KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH
BAB III PENDEKATAN DAN METODE
BAB IV HASIL PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN PELATIHAN
A. Hasil Pelaksanaan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru
B. Hasil Pelaksanaan Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Kepala Sekolah C. Pembahasan Hasil Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru dan/atau Kepala Sekolah
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
LAMPIRAN
1. Surat kiprah pengawasan dari kepala dinas pendidikan atau korwas kabupaten/kota
2. Surat keterangan pelaksanaan pembimbingan dan training guru dan/atau kepala sekolah dari kepala sekolah binaan
3. Jadwal pelaksanaan pembimbingan dan training profesional guru dan/atau kepala sekolah
4. Daftar hadir guru dan/atau kepala sekolah pada dikala pembimbingan
5. Instrumen pembimbingan yang telah diisi
Dengan melengkapi dokumen tersebut setiap tahunnya , maka seorang pengawas akan sanggup mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya dan akan menerima angka kredit untuk diperhitungkan naik pangkatnya. Semoga semua mitra pengawas semangat melakukannya.
Belum ada Komentar untuk "✔ Sistematika Jadwal Dan Laporan Pengawas Sekolah"
Posting Komentar