✔ Menulis Laporan Ojl Calon Kepala Sekolah
Salam untuk semua Bapak/Ibu Calon Kepala Sekolah agar tetap sehat dan bersemangat dalam melakukan OJL dengan penuh tanggungjawab.
Pada kesempatan ini kita berdiskusi ihwal cara menulis laporan OJL . Langkah pertama yang dilakukan yakni mengetahui struktur laporan OJL secara utuh. Dengan mengetahui struktur laporan maka calon kepala sekolah sanggup menyusunnya secara sedikit demi sedikit sekaligus menghindari tumpang-tindih penulisan. Diharapkan pada pendampingan pertama laporan kepingan 1 dan kepingan 2 sudah selesai. Karena ke dua kepingan tersebut sanggup dikerjakan dengan pemahaman ihwal kiprah ojl dan profil sekolah magang. Berikut ini yakni struktur susunan laporan OJL yang harus diikuti calon kepala sekolah sesuai standar yang dikeluarkan LPPKS.
Lembaran Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Hasil yang diharapkan
Bab II. KondisiNyata Sekolah Magang
A. KondisiSekolahSendiri
B. KondisiSekolahLain
Bab III. PelaksanaanRencanaTindakLanjut (RTL)
A. Pelaksanaan RencanaTindak Kepemimpinan (RTK)
1. SiklusPertama
a. Persiapan
b. Pelaksanaan
c. Monev
d. Refleksi
2. Siklus Kedua
a. Persiapan
b. Pelaksanaan
c. Monev
d. Refleksi
B. SupervisiGuruJunior ( minimal 1 guru dengan 2 siklus)
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
2.1 Pra-Observasi
2.2 Observasi
2.3 Pasca Observasi
3. Tindak lanjut
4. Hasil
C. Penyusunan Perangkatpembelajaran
1. Silabus
2. RPP
3. Bahan Ajar
4. InstrumenPenilaian
D. PengkajianAspek Managerial
1. Sekolah Sendiri (Magang -1)
a. Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah
b. Pengelolaan Keuangan Sekolah
c. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
d. Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah
e. Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah
f. Pengelolaan Kurikulum
g. Pengelolaan Peserta Didik
h. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
i. Monitoring dan Evaluasi
2. Sekolah Lain (Magang -2)
a. Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah
b. Pengelolaan Keuangan Sekolah
c. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
d. Pengelolaan Ketatausahaan Sekolah
e. Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah
f. Pengelolaan Kurikulum
g. Pengelolaan Peserta Didik
h. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
i. Monitoring dan Evaluasi
E. Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK yang Kurang di Sekolah Kedua (lain).
1. Persiapan
2. Pelaksanaan
3. Hasil
Bab IV Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
Lampiran :
Lampiran yang dimaksudkan yakni lampiran-lampiran khususnya kepingan 3 sebagai hasil belajar/praktik di sekolah magang 1 dan 2 . Untuk memudahkan pengarsipan lampiran khususnya kepingan 3(A, B, C, D dan E) disarankan dihimpun dalam masing-masing map yang berbeda. Brikut ini lampiran kepingan 3 yang harus disiapkan.
Bab 3 | Komponen/sub-bab | Lampiran |
A | Pelaksanaan RencanaTindak Kepemimpinan (RTK) | 1. Jurnal acara OJL 2. RTL dan Matriks RTK 3. Lembar AKPK yang telah dibagikan 4. Panduan pelaksanaan RTK 5. Lembar monev yang telah terisi dan di olah ( mewakili 5 orang) terdiri dari: a. Monev activities b. Monev peserta c. Monev penyelenggaraan d. Monev nara sumber 6. Undangan untuk nara sumber/peserta 7. Contoh hasil acara peserta 8. Materi sajian 9. SK panitia acara yang diberntuk 10. Foto-foto kegiatan |
B | Supervisi GuruJunior | 1. Program supervisi Akademik (2 orang guru yunior) 2. Instrumentelaah RPP yang telah diisi secara manual dan ditandatangi 3. Instrument Observasi yang telahdiisi secara manual dan ditandatangani 4. Instrument hasil post- observasi yang telahdiisiscr manual danditandatangani 5. Instrument tindaklanjut yang telahdisisidanditandatangani 6. RPP guru yunior pada siklus I dari guru ke-1 7. RPP guru yunior pada siklus I dari guru ke-2 8. RPP guru yunior pada siklus II( hasil perbaikan siklus I) dari guru ke-1 9. RPP guru yunior pada siklus II( hasil perbaikan siklus I) dari guru ke-110. Dokumentasi (foto-foto kegiatan) |
C | Penyusunan Perangkatpembelajaran | 1. Silabus 2. RPP yang disusun 3. Bahan Ajar yang disusun 4. Instrumen penilain sikap 5. Tes/butir soal pengetahuan 6. Lembar ujuk kerja untuk keterampilan |
D | Pengkajian Aspek Managerial | 1. Matrik kajian 9 aspek manajerial yang telah diisi (dari dua sekolah), lengkap dengan tanda tangan calon kepala sekolah dan kepala sekolah magang 2. RKS cukup melampirkan copy hal judul, lembar ratifikasi dan daftar isi dari dua sekolah 3. Kurikulum cukup melampirkan copy hal judul, lembar ratifikasi dan daftar isi dari dua sekolah 4. Contoh lap. Keungan satu keg. (dimuali dari order kepada toko s/d isu program serah terima barang) 5. Pendidik danTenaga Kependidikan (PTK), Ketatausahaan dan Sarana-prasarana cukup copy Profilsekolah. 6. Pesertadidik copy SK PPBDB 7. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran, copy teladan pembelajaran yang memakai TIK 8. Monev, copy laporan kegiatanmonev ( satu acara .) 9. Dokumentasi |
E | Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK | 1. Lembaran AKPK 2. Lembar wawancara/observasi/instrument yang dipakai dan terisi 3. Daftar hadir 4. Foto-foto kegiatan |
Penjelasan Penulisan Bab I & Bab II
Seperti diuraikan di atas kepingan I dan II dibutuhkan sudah selesai pada pendampingan pertama . Berikut ini klarifikasi ringkasnya.
Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang (OJL)
Latar belakang minimal memuat:
1. Uraikan ihwal Peraturan yang terkait dengan penyiapan atau kompetensi kepala sekolah, contohnya Permendiknasnomor 13 tahun 2007, ihwal standar kepala sekolah, Permendiknas nomor 28 tahun 2010, ihwal penugasan guru sebagai kepala sekolah;
2. Uraikan alasan-alasan pentingknya dilaksanakan OJL.
B.Tujuan (OJL)
Tujuan memuat peningkatan kelima kompetensi kepala sekolah, yaitu peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, kewirausahaan, manajerial dan supervisi.
C. Hasil yang dibutuhkan (OJL)
Hasil yang dibutuhkan yakni suatu kondisi yang dibutuhkan terwujud sesudah acara OJL dilakukan. Jelaskan kemampuan apa saja yang meningkat atau dimiliki calon kepala sekolah sesudah selesai melakukan on the job learning (OJL) yang menyangkut lima kompetensi kepala sekolah (kepribadian, sosial, manajerial, supervisi akademik dan kompetensi kewirausahaan).
Bab II. KondisiNyata Sekolah Magang
A. Kondisi sekolah magang ke-1 (sekolah sendiri)
- Profil singkat dari sekolah magang tersebut msalnya (identitas sekolah, identitas kepala sekolah, jumlah guru/pegawai, jumlah siswa , luas areal sekolah, stus akreditasi, visi, misi tujuan sekolah , prestasi yang diraih dan lain-lain. )
- Penjelasan tentang pemetaan atau pencapaian 8 SNP di sekolah. Uraikan masing-masing pencapaian ihwal standar SKL, Isi, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik , dan pembiayaan. Bagaimana pencapaianya, perjuangan peningkatan dan hambatan yang dialami sekolah dalam mencapainya.
B. Kondisi sekolah magang ke-2 (sekolah lain)
Profil singkat dari sekolah magang tersebut msalnya (identitas sekolah, identitas kepala sekolah, jumlah guru/pegawai, jumlah siswa , luas areal sekolah, stus akreditasi, visi, misi tujuan sekolah , prestasi yang diraih dan lain-lain. )
- Penjelasan tentang pemetaan atau pencapaian 8 SNP di sekolah. Uraikan masing-masing pencapaian ihwal standar SKL, Isi, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik , dan pembiayaan. Bagaimana pencapaianya, perjuangan peningkatan dan hambatan yang dialami sekolah dalam mencapainya.
Aturan Penulisan
1 | Jilid (Hard Cover) | Warna Biru (Biru Kemdikbud) birumuda |
2 | Ukuran Kertas | A4 80 gram |
3 | Jarak Margin | 4 cm atas 4 cm kiri 3 cm kanan 3 cm bawah |
4 | Spasi Bagian awal | 1 atau 1,5 spasi |
5 | Spasi Bagian Isi (Bab I s/d Bab V) | 2 spasi |
Jenis Huruf (Untuk Isi) | Times New Roman 12 Arial 11 | |
Jenis Huruf (Untuk Judul) | Times New Roman 14 Bold Arial 13 Bold | |
6 | Jenis Huruf (Untuk Cover) | Disesuaikan dengan kaidah dan Seni |
7 | Pendigitan Judul dan Sub Judul (Numeric) | Bab : Romawi teladan BAB VI Sub Bab: Huruf Capital contohA. atau B dst Anak Sub Bab: Angka Arab contoh 2, 3, dst |
8 | Penulisan Halaman | Halaman secara umum kanan atas Halaman Judul Tengah bawah |
9 | Jumlah halaman Minimal | Usahakan semaksimal mungkin |
Belum ada Komentar untuk "✔ Menulis Laporan Ojl Calon Kepala Sekolah"
Posting Komentar