✔ Acara Observasi Dan Refleksi Dalam Ptk
A. Kegiatan Observasi
Kegiatan dan pencatatan semua kegiatan PTK dilakukan bersamaan dengan dikala pelaksanaan (tindakan) . Pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang berjalan, jadi keduanya berlangsung dalam waktu yang sama.
Pada tahapan ini, apabila si peneliti (guru) bertindak sekaligus observer maka pada dikala melaksanakan tindakan juga harus melaksanakan pengamatan dan mencatat semua hal-hal yang dibutuhkan dan semua yang terjadi selama pekasanaan tindakan berlangsung.
Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan format observasi/penilaian yang telah disusun. Termasuk juga pengamatan secara cermat pelaksanaan skenario tindakan, dari waktu ke waktu dan dampaknya terhadap proses dan hasil pengamatan yang dilaksanakan.
Jika si peneliti didampingi oleh seorang observer maka kiprah melaksanakan pengamatan ini dilakukan observer secermat mungkin dengan menggunakan format instrument yang telah disediakan sebelumnya.
Beberapa format yang harus ada dan dilampirkan sebagai pecahan dari proses pengumpulan data, antara lain:
1) Lembar pengamatan
2) Lembar hasil kerja siswa.
3) Lembar penilaian kinerja kelompok
4) Lembar informasi balikan peserta
5) Jurnal
Data yang dikumpulkan sanggup berupa data kuantitatif (hasil tes, hasil kuis, presensi, nilai tugas, dan lain-lain) tetapi juga data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa, antusias mereka, mutu diskusi yang dilakukan, dan lain-lain.
Instrumen yang umum digunakan dalam PTK adalah: (a) soal tes, (b) kuis, (c) rubrik, (d) lembar observasi, dan (e) catatan lapangan yang digunakan untuk memperoleh data secara obyektif yang tidak sanggup terekam melalui lembar observasi, contohnya kegiatan selama proteksi tindakan berlangsung, reaksi mereka, atau petunjuk-petunjuk lain yang sanggup digunakan sebagai materi dalam analisis dan untuk keperluan refleksi.
Data yang dikumpulkan hendaknya dicek untuk mengetahui keabsahannya. Berbagai teknik sanggup dilakukan untuk tujuan ini, contohnya teknik triangulasi atau cross check, membandingkan data yang diperoleh dengan data lain, atau kriteria tertentu yang telah baku, dan lain sebagainya.
Data yang telah terkumpul memerlukan analisis untuk sanggup mempermudah penggunaan maupun dalam penarikan kesimpulan. Untuk itu aneka macam teknik analisis statistika sanggup digunakan. Namun umumnya dalam PTK cukup menggunakan analisis statistik deskriptif bukan analisis statistik inferensial.
Bagaimana hubungan indikator keberhasilan dengan kegiatan pengamatan? Kegiatan pengamatan pada hakikatnya dilakukan untuk mengumpulkan data yang sesudah dianalisis sanggup mengetahui apakah tujuan PTK tercapai atau belum. Sebagai penanda atau petunjuk bahwa tujuan telah tercapai ialah indikator penelitian.
Untuk itu sangat penting untuk menjabarkan terlebih dahulu indikator sebuah penelitian Indikator inilah yang memberi petunjuk atau ukuran bahwa penelitian tersebut sudah mencapai tujuan dari kegiatan PTK.
Oleh sebab itu indikator PTK yang dirumuskan harus terukur. Dengan tercapainya indikator maka sipeneliti sanggup memutuskan bahwa tindakan yang dilakukan sudah sanggup tidak boleh (stop).
BACA JUGA: CARA MEMBUAT LAPORAN BEST PRACTICE GURU
B. Kegiatan Refleksi
Tahapan ini dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh tindakan yang telah dilakukan, berdasar data yang telah terkumpul, dan kemudian melaksanakan penilaian guna menyempurnakan tindakan yang berikutnya.
Refleksi merupakan kegiatan merenungkan, mencermati hasil analisis data apakah tindakan yang sudah terealisasi sesuai perencanaan, dan dimana letak kelemahan yang harus diperbaiki pada siklus berikutnya.
Refleksi dalam PTK meliputi analisis, sintesis, dan penilaian terhadap hasil pengamatan atas tindakan yang dilakukan. Jika terdapat persoalan dari proses refleksi, maka dilakukan proses pengkajian ulang melalui siklus berikutnya yang meliputi kegiatan: perencanaan ulang, tindakan ulang, dan pengamatan ulang sehingga permasalahan sanggup teratasi (Hopkins, 1993).
Demikianlah kegiatan observasi dan refleksi dalam pelaksanaan sebuah Penelitian Tindakan Sekolah (PTK).
Kegiatan dan pencatatan semua kegiatan PTK dilakukan bersamaan dengan dikala pelaksanaan (tindakan) . Pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang berjalan, jadi keduanya berlangsung dalam waktu yang sama.
Pada tahapan ini, apabila si peneliti (guru) bertindak sekaligus observer maka pada dikala melaksanakan tindakan juga harus melaksanakan pengamatan dan mencatat semua hal-hal yang dibutuhkan dan semua yang terjadi selama pekasanaan tindakan berlangsung.
Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan format observasi/penilaian yang telah disusun. Termasuk juga pengamatan secara cermat pelaksanaan skenario tindakan, dari waktu ke waktu dan dampaknya terhadap proses dan hasil pengamatan yang dilaksanakan.
Jika si peneliti didampingi oleh seorang observer maka kiprah melaksanakan pengamatan ini dilakukan observer secermat mungkin dengan menggunakan format instrument yang telah disediakan sebelumnya.
Beberapa format yang harus ada dan dilampirkan sebagai pecahan dari proses pengumpulan data, antara lain:
1) Lembar pengamatan
2) Lembar hasil kerja siswa.
3) Lembar penilaian kinerja kelompok
4) Lembar informasi balikan peserta
5) Jurnal
Data yang dikumpulkan sanggup berupa data kuantitatif (hasil tes, hasil kuis, presensi, nilai tugas, dan lain-lain) tetapi juga data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa, antusias mereka, mutu diskusi yang dilakukan, dan lain-lain.
Instrumen yang umum digunakan dalam PTK adalah: (a) soal tes, (b) kuis, (c) rubrik, (d) lembar observasi, dan (e) catatan lapangan yang digunakan untuk memperoleh data secara obyektif yang tidak sanggup terekam melalui lembar observasi, contohnya kegiatan selama proteksi tindakan berlangsung, reaksi mereka, atau petunjuk-petunjuk lain yang sanggup digunakan sebagai materi dalam analisis dan untuk keperluan refleksi.
Data yang dikumpulkan hendaknya dicek untuk mengetahui keabsahannya. Berbagai teknik sanggup dilakukan untuk tujuan ini, contohnya teknik triangulasi atau cross check, membandingkan data yang diperoleh dengan data lain, atau kriteria tertentu yang telah baku, dan lain sebagainya.
Data yang telah terkumpul memerlukan analisis untuk sanggup mempermudah penggunaan maupun dalam penarikan kesimpulan. Untuk itu aneka macam teknik analisis statistika sanggup digunakan. Namun umumnya dalam PTK cukup menggunakan analisis statistik deskriptif bukan analisis statistik inferensial.
Bagaimana hubungan indikator keberhasilan dengan kegiatan pengamatan? Kegiatan pengamatan pada hakikatnya dilakukan untuk mengumpulkan data yang sesudah dianalisis sanggup mengetahui apakah tujuan PTK tercapai atau belum. Sebagai penanda atau petunjuk bahwa tujuan telah tercapai ialah indikator penelitian.
Untuk itu sangat penting untuk menjabarkan terlebih dahulu indikator sebuah penelitian Indikator inilah yang memberi petunjuk atau ukuran bahwa penelitian tersebut sudah mencapai tujuan dari kegiatan PTK.
Oleh sebab itu indikator PTK yang dirumuskan harus terukur. Dengan tercapainya indikator maka sipeneliti sanggup memutuskan bahwa tindakan yang dilakukan sudah sanggup tidak boleh (stop).
BACA JUGA: CARA MEMBUAT LAPORAN BEST PRACTICE GURU
B. Kegiatan Refleksi
Tahapan ini dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh tindakan yang telah dilakukan, berdasar data yang telah terkumpul, dan kemudian melaksanakan penilaian guna menyempurnakan tindakan yang berikutnya.
Refleksi merupakan kegiatan merenungkan, mencermati hasil analisis data apakah tindakan yang sudah terealisasi sesuai perencanaan, dan dimana letak kelemahan yang harus diperbaiki pada siklus berikutnya.
Refleksi dalam PTK meliputi analisis, sintesis, dan penilaian terhadap hasil pengamatan atas tindakan yang dilakukan. Jika terdapat persoalan dari proses refleksi, maka dilakukan proses pengkajian ulang melalui siklus berikutnya yang meliputi kegiatan: perencanaan ulang, tindakan ulang, dan pengamatan ulang sehingga permasalahan sanggup teratasi (Hopkins, 1993).
Demikianlah kegiatan observasi dan refleksi dalam pelaksanaan sebuah Penelitian Tindakan Sekolah (PTK).
Belum ada Komentar untuk "✔ Acara Observasi Dan Refleksi Dalam Ptk"
Posting Komentar