✔ Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka Sd 2018

Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka SD  ✔ Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka SD 2018
Berkat perjuangan yang sungguh-sungguh, buku panduan Penerapan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan yang selama ini masih penuh problematika dalam pelaksanaannya telah direviu dan siap disebarluaskan. Semua itu tiada lain untuk sanggup memacu kompetensi belum dewasa kita dalam proses berguru di sekolah dasar. Kompetensi penerima didik yang utuh, terintegrasi, dan menyeluruh sanggup dipakai penerima didik dalam menjalani kehidupan secara nyata. Kelak dewasa, penerima didik akan lebih siap dalam menghadapi perkembangan dunia dengan senjata kompetensi utuh yang dimilikinya. Hal tersebut merupakan cita-cita Indonesia sebagai bangsa yang mengedepankan pendidikan bagi generasi muda biar kelak bisa mengisi kehidupan yang berkarakter kuat, berkebangsaan Indonesia yang kokoh, dan berkecakapan yang mantap.

Untuk itulah, dibutuhkan penanganan pendidikan yang berkualitas melalui aspek kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler dalam Kurikulum 2013. Salah satu aspek tersebut yaitu ekstrakurikuler, yang perlu diimplementasikan secara nyata. Ekstrakurikuler dilaksanakan melalui dua pola yang berkaitan, yakni pola wajib dan pilihan. Semua penerima didik wajib mengikuti ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan dan penerima didik bebas menentukan ekstrakurikuler pilihan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan dalam pelaksanaannya perlu diatur dan dipandu biar sanggup dengan gampang dijalankan di sekolah.

Panduan Tahun 2018 ini sebagai petunjuk teknis bagi kepala sekolah, guru dan pembina pramuka dalam melakukan Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib di satuan pendidikan jenjang SD Sekolah Dasar sesuai dengan tugas, fungsi, dan kiprahnya masing-masing. Selengkapnya mengenai isi dari Panduan tersebut, sanggup Anda download pada link dibawah ini.

Buku Panduan ini diharapkan sanggup (1) menawarkan citra Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan secara kasatmata biar sanggup diimplementasikan dengan baik oleh pemangku pendidikan, baik unsur Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan; (2) menawarkan pemikiran yang terperinci dan gampang dijalankan; (3) merupakan pola bagi pelaksana Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan.

Pada buku ini, hanya pola Blok dan Aktualisasi yang dikembangkan secara rinci termasuk contoh-contohnya. Untuk pelaksanaan pola Reguler, terdapat Buku Panduan Penerapan tersendiri yang khusus membahas kepramukaan di Gugus Depan sekolah dasar dan pelaksanaan pendidikan kepramukaan yang sesuai dengan hukum Gerakan Pramuka.

Berikut link unduh mengenai Buku Panduan acara Pramuka pada jenjang Sekolah Dasar.
Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka SD 2018 DOWNLOAD

Demikian yang sanggup disampaikan, semoga buku Panduan tersebut sanggup bermanfaat dalam acara Ekskul Pramuka pada jenjang Sekolah Dasar.

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka Sd 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel