✔ Buku Evaluasi Hots 2018 (Higher Order Thingking Skills)

 Pada artikel ini admin akan membagikan sebuah buku yang bersumber dari Kementerian Pendid ✔ Buku Penilaian HOTS 2018 (Higher Order Thingking Skills)
Pada artikel ini admin akan membagikan sebuah buku yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam pelaksanaan penilaian HOTS yang Bapak dan Ibu laksanakan. Buku Tahun 2018 mengenai Higher Order Thingking Skills ini bertujuan sebagai berikut:
1. Memberikan contoh kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3. Memberikan contoh pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Berikut link download dan uraian sekilas isi dari Buku Penilian tersebut.
Sasaran penggunaan buku ini ialah sebagai berikut:
1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
3. Kepala Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.

Deskripsi Singkat
Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. Penilaian mencar ilmu akseptor didik dilakukan oleh pendidik yang mencakup aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh info deskriptif mengenai sikap akseptor didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan akseptor didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan akseptor didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu akseptor didik secara berkesinambungan.

Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan akseptor didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil mencar ilmu diperlukan sanggup membantu akseptor didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), alasannya ialah berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam ihwal bahan pelajaran. Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan akseptor didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.

Itulah sekilas yang sanggup Admin sampaikan, agar file yang Admin bagikan sanggup menunjukkan manfaat dalam banyak sekali acara terutama dalam penilaian yang Anda laskanakan. Selengkapnya mengenai isi dari Buku tersebut pada link dibawah ini.

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Evaluasi Hots 2018 (Higher Order Thingking Skills)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel