✔ Rpp Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Tema 3 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 1 2 3 4 5 6. RPP yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu untuk Kelas 5 pada jenjang SD dan MI dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang di share dibentuk menurut Buku Guru dan Siswa edisi revisi 2017 dan 2018 dari Kemendikbud. RPP Tema 3 Subtema 1 2 3 4 ini diperlukan memperlihatkan manfaat bagi Bapak dan Ibu dalam kegiatan mencar ilmu mengajar pada tahun pelajaran 2019-2020.
Seorang Guru dalam melaksanaan kegiatan mencar ilmu mengajar tentunya harus mempunyai Perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran K13 meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Maka dari itu setiap Guru pada jenjang SD dan MI terutama di Kelas 5 dalam melaksanaan kegiatan pembelajaran di semester 1 dan 2 harus menciptakan RPP dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan Permendikbud. Maka dari itu membantu Bapak dan Ibu dibawah ini Admin telah menyiapkan link download untuk file pola RPP untuk Kelas 5 untuk pembelajaran 1 2 3 4 5 6. Komponen dalam pembuatan planning pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan permendikbud harus menyisipkan PPK, Literasi, Pembelajaran Abad 21 4C dan HOTS.
Komponen RPP terdiri atas:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. bahan pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. bahan pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. evaluasi hasil pembelajaran.
Prinsip dalam menciptakan atau menyusun RPP
Dalam menyusun RPP seorang Guru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
b. Partisipasi aktif akseptor didik.
c. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan pinjaman umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 5
Tema 3 Makanan Sehat
Sub Tema (ST) 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 1 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 2 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 3 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 4 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 5 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 6 - Download Link
Seorang Guru dalam melaksanaan kegiatan mencar ilmu mengajar tentunya harus mempunyai Perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran K13 meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Maka dari itu setiap Guru pada jenjang SD dan MI terutama di Kelas 5 dalam melaksanaan kegiatan pembelajaran di semester 1 dan 2 harus menciptakan RPP dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan Permendikbud. Maka dari itu membantu Bapak dan Ibu dibawah ini Admin telah menyiapkan link download untuk file pola RPP untuk Kelas 5 untuk pembelajaran 1 2 3 4 5 6. Komponen dalam pembuatan planning pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan permendikbud harus menyisipkan PPK, Literasi, Pembelajaran Abad 21 4C dan HOTS.
Tema 3 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 1 2 3 4 5 6
Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.Komponen RPP terdiri atas:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. bahan pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. bahan pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. evaluasi hasil pembelajaran.
Prinsip dalam menciptakan atau menyusun RPP
Dalam menyusun RPP seorang Guru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
b. Partisipasi aktif akseptor didik.
c. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan pinjaman umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Itulah sekilas klarifikasi yang sanggup Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini mengenai RPP untuk Kelas V, lebih lengkap dan terperinci mengenai file planning pelaksanaan pembelajaran tersebut sanggup Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini.RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 5
Tema 3 Makanan Sehat
Sub Tema (ST) 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 1 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 2 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 3 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 4 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 5 - Download Link
Tema 3 ST 3 Pembelajaran 6 - Download Link
Demikian yang sanggup Admin bagikan pada kesempatan artikel ini, semoga file RPP yang dibagikan sanggup memperlihatkan manfaat bagi Anda yang sedang mencari pola file planning pelaksanaan pembelajaran terbaru di tahun 2019.
Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018"
Posting Komentar