✔ Anak Yang Berkepribadian Sehat Harus Mempunyai Tipe Introvert Dan Ekstrovert

Sumber gambar : Live science

Introvert adalah kecenderungan seseorang untuk menarik diri dari lingkungan sosialnya, minat, perilaku atau keputusan - keputusan yang diambil selalu menurut perasaan, pedoman dan pengalamanya sendiri.

Anak-anak dengan tipe ini biasanya bersifat pendiam, kurang bergaul dengan teman-temanya bahkan seperti tidak memerlukan sumbangan sahabat yang lain. alasannya dirinya merasa bisa memenuhi kebutuhanya sendiri.

Ekstrovert adalah kecenderungan seseorang untuk mengarahkan perhatian keluar dirinya, sehingga minat, sikap, dan keputusan-keputusanya yang diambil lebih banyak ditentukan oleh orang lain atau banyak sekali insiden yang terjadi di luar dirinya.

Anak yang mempunyai kecenderungan ekstrovert biasanya gampang bergaul, ramah, aktif, banyak berinisiatif serta mempunyai sahabat yang banyak.

Pakar psikologi menyatakan baik introvert maupun ekstrovert hanya merupakan suatu tipe dari reaksi yang dipertunjukan oleh seseorang. dan dipertunjukan berkali-kali serta terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan, barulah anak tersebut dikatakan mempunyai tipe introvert atau ekstrovert. Pakar yang lain menyatakan bahwa kepribadian yang sehat haruslah mempunyai kedua tipe tersebut atau mempunyai kedua kecenderungan tersebut. Sehingga kebutuhan privasi dan refleksi diri, kedua-duanya sanggup dipuaskan sesuai dengan kondisi dan kemampuanya. 
( Sumber : Buku Perkembangan Peserta Didik - Mulyani sumantri & Nana Syaodih )

Belum ada Komentar untuk "✔ Anak Yang Berkepribadian Sehat Harus Mempunyai Tipe Introvert Dan Ekstrovert"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel