✔ 6 Manfaat Garam Dan Cara Pertolongan Yang Benar Pada Burung Lovebird

Burung Lovebird merupakan burung cinta dan burung yang berasal dari benua Afrika. Burung Lovebird yang habitat aslinya beriklim panas namun burung ini sanggup mengikuti keadaan di banyak sekali iklim. Contohnya saja burung ini sanggup hidup di Indonesia yang beriklim tropis.

Pemeliharaan yang baik pada burung Lovebird ditentukan dari pemilik burung Lovebird tersebut. Jika dipelihara dengan baik kesehatan dan kebugaran burung akan terjaga dengan baik. Dalam pemeliharaan yang baik itu ditentukan dari faktor faktor yang mempengaruhinya misalnya kandang, pakan yang diberikan setiap harinya dan faktor bagaimana si pemilik dalam merawatnya.



Faktor-faktor yang sanggup mensugesti perkembangan burung Lovebird antara lain :

1. Kandang atau sangkar Lovebird

Dalam pemeliharaan burung Lovebird sangkar merupakan aspek yang sangat penting. Karena burung yang mempunyai sifat tidak sanggup membisu alias selalu gerak kesana kemari maka memerlukan sangkar yang agak besar. Kandang burung Lovebird itu ada 2 jenis yang biasa digunakan orang dalam memelihara burung ini yakni sangkar bundar atau silinder dan sangkar persegi. Kandang bundar atau silinder harus mempunyai diameter sekurang-kurangnya 30 cm. Sedangkan sangkar persegi harus mempunyai ukuran lebar 30-40 cm, panjang 50-60 cm dan tinggi 30-40 cm. Kandang sanggup juga diadaptasi dengan tempatnya tergantung kita yang buat.

Sebaiknya sangkar untuk Lovebird terbuat dari besi atau kawat. Karena burung Lovebird mempunyai kebiasaan menggigit benda-benda yang ada disekitarnya. Maka dari itu sangkar harus terbuat dari besi kalau terbuat dari kayu makan akan habis digigitnya.

Sangkar yang digunakan untuk burung Lovebird juga harus ada tangkringannya sebab kebiasaan burung Lovebird yang suka bertengger. Tangkringan yang elok sanggup dari ranting pohon yang terpenting dari tangkringan tidak melukai kaki burung Lovebird. Ranting yang sangat elok diberikan yaitu ranting pohon asem sebab pohon ini mempunyai pola kulit yang garang ini disukai oleh burung.

2. Pakan Untuk Lovebird

Burung Lovebird termasuk burung pemakan biji-bijian. Kita sanggup mendapat biji-bijian dengan membeli dikios-kios yang menjual pakan burung. Banyak jenis biji yang sanggup diberikan pada burung Lovebird antara lain biji milet, kanary seed, biji matahari, biji Gandum, padi, kacang-kacangan dll.

Burung Lovebird juga suka makan sayur dan buah. Sayur yang sering diberikan yaitu sayur kangkung, sawi, jagung muda, bayam dan sayur sayur lainnya. Sedangkan buah yang sanggup diberikan antara lain apel, pir, pepaya, pisang dll. Ingat jangan pernah burung Lovebird diberikan buah alpukat.

Burung Lovebird juga memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Kalsium sanggup didapatkan dari tulang sotong atau sanggup juga kerikil bata ( Baca Juga : Tulang sotong sanggup digantikan benda ini ). Tulang sotong atau kerikil bata harus disediakan dalam sangkar makan tidak dimakan yang penting dalam sangkar ada benda ini.

Burung Lovebird juga memerlukan vitamin sebagai daya tahan tubuh. Vitamin sanggup kita berikan setiap hari dan sanggup kita dapatkan dengan membeli multivitamin di kios burung. Banyak jenis multivitamin yang dijual dipasaran kita tinggal pilih mana yang cocok bagi burung Lovebird peliharaan kita.

Selain pakan diatas yang sanggup diberikan kepada burung lovebird. Ternyata ada juga manfaat garam untuk burung Lovebird. Garam tak hanya untuk bumbu dapur saja. Garam banyak berkontribusi untuk keberhasilan pemeliharaan burung Lovebird.

Manfaat garam untuk Lovebird yakni sebagai berikut:

1. Menstabilkan birahi burung Lovebird
2. Mengatasi burung Lovebird yang ciamik bulu
3. Memenuhi kalsium pada burung Lovebird
4. Menambah stamina burung Lovebird yang loyo
5. Sebagai daya tahan badan burung Lovebird disaat cuaca ekstrem
6. Membuat burung Lovebird rajin ngekek.

Sedangkan cara pemberiannya sebagai berikut :

Pakan biji-bijian tadi sanggup direndam dengan sedikit garam selama 5-10 menit. Kemudian tiriskan dan di jemur hingga kering. Bisa juga kangkung yang akan diberikan kepada burung Lovebird direndam dahulu dalam air garam. Kangkung yang direndam dalam air garam terlebih dahulu selain pemenuhan garam untuk burung Lovebird sanggup juga biar binatang-binatang atau virus yang melekat pada kangkung mati.

Dalam memperlihatkan garam usahakan seminggu 2X saja. Karena kalau burung Lovebird kebanyakan garam juga tidak baik bagi kesehatan burung Lovebird.

Burung Lovebird juga memerlukan perawatan khusus diantaranya mandi, jemur dan pengembunan. Jika burung Lovebird kita pelihara dengan baik maka burung Lovebird akan memperlihatkan yang terbaik pula kepada kita.

Mandi, burung Lovebird memang suka mandi. Dalam memandikan burung Lovebird ada beberapa cara antara lain biarkan burung Lovebird mandi sendiri atau sanggup juga dengan cara disemprot. Untuk penjemuran yang baik antara pukul 7 hingga pukul 10 pagi sebab diwaktu waktu tersebut sinar matahari mengandung vitamin D. Sedangkan pengembunan sendiri sanggup dilakukan antara jam 4 hingga jam 7 pagi.

Jika kita sudah merawat burung Lovebird dengan baik dan konsisten terkadang lovebird akan memperlihatkan imbal balik kepada kita dengan mengeluarkan suaranya.

Demikianlah yang sanggup saya ulas perihal 6 Manfaat Garam dan Cara Pemberian Yang Benar Pada Burung Lovebird. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini.

Belum ada Komentar untuk "✔ 6 Manfaat Garam Dan Cara Pertolongan Yang Benar Pada Burung Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel